Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Srikandi Award 2012

Oleh Nutrisi Bangsa 15 Dec 2012

[embed]http://www.youtube.com/watch?v=JQbndrolqBc[/embed]

PT Sarihusada dan Ikatan Bidan Indonesia akan memberikan Srikandi Award 2012 kepada tiga orang bidan yang dianggap berprestasi dalam meningkatkan program kesehatan masyarakat. 

Acara puncak pemberian penghargaan Srikandi Award 2012 kepada tiga bidan terbaik akan digelar Selasa (18/12) malam di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. 

Sebelumnya, tim juri yang terdiri wakil pemerintah, LSM, pers akan memilih tiga bidan terbaik dari sembilan bidan yang telah masuk nominasi, pada Senin (17/12) nanti. 

Kesembilan bidan yang masuk nominasi akan dinilai berdasarkan tiga kategori yaitu, pertama, pemberdayaan ekonomi dan pangan lokal; kedua, peningkatan kesehatan anak; serta, ketiga, kategori peningkatan kesehatan ibu. 

Adapun kriteria penilaiannya, menurut PT Sarihusada, meliputi lima kriteria, yaitu kesesuaian kegiatan dengan masalah yang dihadapi; wawasan dan penguasaan program; serta keunikan program . 

Kriteria lainnya adalah, kesesuaian hasil dengan dampak yang diharapkan; serta potensi keberlanjutan program. 

Sementara tujuan utama yang hendak dicapai dari pemberian Srikandi Award 2012 adalah untuk mengapresiasi kinerja bidan dan masyarakat demi tercapainya Tujuan Pembangunan Milenium 2015. 

Diharapkan pula, pemberian penghargaan ini akan dapat mendorong lebih banyak pihak untuk berkomitmen dan berupaya mencapai target Tujuan Pembangunan Milenium 2015 tersebut.

Sarihusada mendukung 

Sejalan dengan komitmen Ikatan Bidan Indonesia, IBI, untuk mensejahterahkan perempuan dan bayi baru lahir , PT Sarihusada – sesuai dengan visi dan misinya – turut mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Milenium 2015. 

Dari komitmen seperti itulah, Sarihusada mendukung penuh program Pos Bhakti Bidan dan ingin memberikan appresiasi bagi bidan yang menjalankan program tersebut. 

Program ini dilakukan dalam bentuk kerjasama antara PP IBI dan PT Sarihusada sebagai program sosial bersama yang berkesinambungan. 

Seperti diketahui, Pos Bhakti Bidan merupakan program yang dijalankan bersama dengan tokoh dan anggota masyarakat, di mana bidan tersebut tinggal. 

Kebersamaan dengan masyarakat dalam menjalankan program ini akan menjadi cikal bakal kepemilikan masyarakat atas program tersebut sehingga program dapat berkelanjutan. 

Pada 2011 lalu terdapat kurang lebih 500 proposal Pos Bhakti Bidan yang diajukan. 

Kemudian, panitia menyeleksi menjadi 250 bidan yang dianggap pantas memperoleh dana implementasi kegiatan yang tersebar di 18 propinsi di Indonesia. 

Beberapa tahapan kegiatan telah dilalui seperti sosialisasi program, mentoring, monitoring serta evaluasi. 

Saat ini telah terpilih sembilan bidan yang masuk dalam nominasi program terbaik 2011/2012. 

Para nominator ini dianggap telah memberikan inisiatif upaya terbaik ”best practices” bagi pembangunan kesehatan masyarakat. Sehingga, mereka dapat menjadi inspirasi bagi upaya-upaya pembangunan kesehatan yang dijalankan oleh masyarakat. 

Dari sembilan bidan nominator itulah, Sarihusada dan PP IBI memilih tiga orang bidan terbaik untuk diberi penghargaan khusus berupa Srikandi Award 2012