Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Temu Kangen Masakan Kuno Khas Eyang Kartini

Oleh Bianca M. Utomo 22 May 2013

Buat orangyang punya hobby makan seperti saya , petualangan dalam wisata kuliner selalu merupakan hal yang menarik . Berbagai pengalaman pun di dapat . Dari rasa yang amburadul sampai luar biasa enaknya . Tapi tentunya sebagai orang yang tahu makanan mana yang maknyus atau tidak ,saya bias memberikan rekomendasi atau tulisan yang menarik dan ikut pula mempromosikan nama masakan itu , termasuk nilai gizi yang terkandung di dalamnya .

            Salah satu yang menarik adalah wisata kuliner ke kota kelahiran R.A .Kartini di Jepara dan Rembang . Seperti yang kita ketahui di balik perjuangan R.A. Kartini , beliau sebelum dinikahkan pada umur 12/ 13 tahun , harus tinggal di rumah karena menjalani proses pingitan layaknya perempuan-perempuan bangsawan Jawa jaman dahulu . Di saat itu R.A. Kartini juga belajar memasak untuk mempersiapkan dirinya sebagai ibu rumah tangga yang baik. Kuliner Jepara dan Rembang di pengaruhi oleh budaya Belanda, Cina , Jawa ,Portugis dan Bugis memberikan rasa khas tersendiri yang menarik untuk dicoba dan dibahas.

             Karena terletak pada bagian pesisir pantai Jawa, Jepara dan Rembang memiliki sumber daya maritim yang luar biasa. Hidangan laut yang segar banyak dipergunakan untuk bahan utama masakan khas Jepara dan Rembang , seperti ikan, cumi , udang ,brayo yang adalah  buah dari mangrove jenis si api-api) dan rumput laut  dan sebagainya . Dipadu dengan rempah bumbu yang kaya . Jenis masakan yang tercipta luar biasa. Unik dan lezat serta kaya akan gizi .Dari salad , hidangan utama sampai dessert . Lagi pula disbanding makanan modern sekarang ini , saya cenderung lebih suka masakan tempo dulu … lebih sedap sih , and cocok dengan lidah .

Saya akan memberikan kepada anda rekomendasi Super List / Sweet List , hidangan pesisir yang bias anda coba saat anda pergi berlibur ke Kota Kartini, berikut daftarnya :

·         Pindang serani, soto jepara , tongseng cumi ,sop udang, sop pangsit jepara , sayur asem jepara , bakso ikan ekor kuning , siomay tongkol, horok-horok, coro , kerupuk kerapu ,durian petruk , pecel ikan laut panggang , madu wongso , moka , carang madu dan lain sebagainya .

Senang ya, ,melihat betapa kreatifnya bangsa kita mengolah berbagai macam bahan material mentah,juga rempah bumbu yang akhirnya menjadi suatu ciri khas dan kebanggaan bangsa , bahkan dikenal ke seantero dunia juga bisa menjadi icon bangsa bagi dunia pariwisata .Dari banyak sekali list makanan yang diatas ada tiga macam makanan khas yang menarik perhatiannya saya, yang menjadi ciri khas makanan di daerah pesisir .

Setelah dilihat tentunya anda jadi semangat ya untuk mencoba tiap jenis makanan khas yang ada , saya akan memberikan tiga resep yang menarik dari daerah ini yang pertama ;

1 . Acar Ikan Rembang

    Bahan :

    600 ml air

   500 gr ikan kembung , bersihkan,buang sisik, insang dan isi perut

   350 gr timun,buang bijinya m iris menyerupai bentuk korek api

   2 lembar daun salam  

   2 cm jahe ,memarkan

   2 cm lengkuas memarkan

   2 cm kunyit , memarkan

   2 sdm air asam jawa

   1 ikat daun kemangi , ambil bunganya

   Bumbu Halus

   8 buah bawang merah

   4 siung bawang putih

   5 butir kemiri , sangria

   6 buah cabe rawit keriting

  3 buah tomat

  ½ sdt merica utuh

   1 sdt gula pasir

   Garam secukupnya

Cara Membuatnya

·         Masak air dan bumbu halus sambil terus diaduk hingga mendidih

·         Tambahkan daun salam , jahe, lengkuas, kunyit

·         Masukkan ikan kembung dan masak hingga setengah matang

·         Masukkan timun dan daun kemangi . Kecilkan api dan masak hingga ikan matang. Angkat dan sajikan .

2 . Es Dawet Rumput Laut

     Rendam rumput laut dalam air selama 30- 60 menit, Rebus rumput laut dengan 6 gelas air pastikan rumput laut hancur dan mengental, Matikan api dinginkan selama 10 menit, kemudian siapkan es dalam panci lalu tuangkan larutan rumput laut melalui corong tepat diatas es batu, Siap dinikmati. Cara menghidangkan,Siapkan sirup gula jawa dalam gelas secukupnya tambahkan santan dan dawet rumput yang sudah beku dan es batu.

Silakan anda coba sendiri di rumah, karena tidak terlampau sulit membuat dua resep makanan dan minuman ini   Sekarang yang kita bahas adalah kandungan gizi dan rempah yang terdapat dalam hamper semua masakan-masakan yang saya sebutkan diatas .

3. Kerupuk Kerapu

 Bahan kerupuk kerapu adalah bontosan (Bontosan merupakan bahan baku kerupuk kerapu. Daging ikan kerapu yang dihaluskan dicampur dengan tepung beras dan dibentuk gelondongan seperti kapsul lalu dibungkus daun pisang/plastik kemudian dikukus) yang diiris tipis lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah kering digoreng dengan minyak goreng atau dengan pasir putih (istilahnya kerupuk bakar).

Dari tiap-tiap masakan istimewa yang ada diatas, paling tidak terdapat kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh kita antara lain ;

Kandungan Gizi dalam Ikan

·         Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh, Ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

·         Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain :

·         Omega 3, Untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.

·         Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna

·         Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.

·         Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak

·         Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang

·         Vitamin B6 , membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf

·         Vitamin B12, untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf

·         Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh

·         Yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, hambatan pertumbuhan anak

·         Selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas

·         Seng yang membantu kerja enzim dan hormon

·         Fluor yang berperan dalam meguatkan dan menyehatkan gigi anak 

·         Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

Bumbu dan Rempah

Oleh:  Elvira Syamsir (tulisan dalam Kulinologi Indonesia edisi 7/2011)

 

Bumbu dan rempah mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan. Lezat tidaknya suatu makanan, sangat tergantung pada bumbu dan rempah yang ditambahkan ke dalamnya.  Tidak ada yang bisa memungkiri hal ini.  Eksplorasi terhadap rempah sebagai bumbu terus berkembang sejalan dengan berkembangnya hubungan antar negara (etnik) dan munculnya kerinduan terhadap makanan etnik.  Lalu, bagaimana cara mengelola bumbu dan rempah agar dapat memberikan hasil optimal di dalam makanan? 

Kegunaan Bumbu dan Rempah

Fungsi utama dari bumbu dan rempah adalah untuk menambahkan flavor ke dalam makanan dan menstimulasi selera konsumen.  Beberapa rempah juga berperan dalam pembentukan tekstur, warna dan penampakan produk.  Komponen-komponen rempah yang bersifat volatil atau mudah menguap berperan dalam pembentukan aroma sementara komponen-komponen aromatik yang non volatil berfungsi untuk mempengaruhi rasa dari makanan.

Selain sebagai penyumbang flavor dan aspek sensorik lainnya, banyak komponen aktif di dalam rempah-rempah juga bersifat sebagai antimikroba, antioksidan dan atau bermanfaat terhadap kesehatan (Tabel 1).  Sifat antimikroba yang dimiliki rempah dapat memberi perlindungan tambahan pada makanan dari aktivitas mikroba; sementara konsumsi makanan kaya bumbu dan/atau rempah sekaligus dapat memberi efek positif terhadap kesehatan terkait dengan keberadaan antioksidan dan komponen aktif lainnya.

Tabel 1.  Manfaat dari rempah-rempah dan beberapa contohnya

 

Manfaat

Contoh rempah

Langsung

Ikutan

Rasa

Menutup rasa yang tidak diinginkan

Kemangi, lada hitam, kapulaga, serai, pekak (bunga lawang)

Aroma

Meningkatkan selera/nafsu makan

Cengkeh, jahe, daun kari, daun mint, pala, kapulaga, kayu manis.

Tekstur

Membentuk konsistensi makanan

Biji mustard, bawang bombay, bawang merah, biji wijen, kemiri, biji kenari.

Warna

Memperbaiki tekstur

Annatto, paprika, peterseli, kunyit, daun suji, kayu secang

Antimikroba

Pengawet

Kayu manis, cengkeh, jinten, oregano, kunyit

Antioksidan, komponen aktif untuk kesehatan

Menjaga kesehatan dan kebugaran

Kayu manis, cengkeh, jinten, jahe, kunyit, bawang putih

 

 

 

Manfaat Rumput Laut

Mencegah Kanker : Mengkonsumsi rumput laut yang kaya akan kandungan serat, selenium dan seng dapat mereduksi estrogen. Disinyalir level estrogen yang terlalu tinggi dapat mendorong timbulnya kanker. Penelitian yang dilakukan terhadap penderita kanker di Amerika menunjukkan bahwa wanita yang melakukan diet ketat dengan mengkonsumsi serat tinggi dan mengurangi asupan lemak dari daging dan susu mempunyai level estrogen yang rendah. Hal ini didukung oleh hasil penelitian Harvard School of Public Health Amerika telah membuktikan bahwa pola konsumsi wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut dalam menu makannya, menyebabkan wanita premenopause di Jepang mempunyai peluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita Amerika.

Mencegah Penyakit Stroke : Mengkonsumsi rumput laut dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada seseorang.

Mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kesehatan dan kehalusan kulit : Kandungan vitamin, mineral, asam amino dan enzym dalam rumput laut sangat potensial sebagai anti oksidan yang berperan dalam penyembuhan dan peremajaan kulit. Vitamin A (beta carotene) dan vitamin C bekerja sama dalam memelihara kolagen, sedangkan kandungan protein dari rumput laut penting untuk membentuk jaringan baru pada kulit.

Mencegah Terjadinya Penurunan Kecerdasan : Kandungan iodium pada rumput laut yang sangat tinggi dapat mengatasi defisiensi iodium pada tubuh yang berdampak pada penurunan kecerdasan seseorang.

Sebagai Makanan Diet : Serat pada rumput laut bersifat mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya sukar dicerna sehingga akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Disamping itu, serat pada rumput laut juga dapat membantu memperlancar proses metabolisme lemak sehingga akan mengurangi resiko obesitas, menurunkan kolesterol darah dan gula darah.

Sebagai Anti Oksidan dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Kandungan klorofil dan vitamin C pada rumput laut (ganggang hijau) berfungsi sebagai anti oksidan sehingga dapat membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan dapat menguruangi gejala alergi.

Mencegah Gejala Osteoporosis : Rumput laut mengandung kalsium sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.

Mencegah Penyakit Gangguan Pencernaan : Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, radang usus besar, susah buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya.

Lain lain : Disamping sebagai bahan makanan bergizi, rumput laut telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan dan suplemen makanan serta difortifikasi ke produk pangan untuk meningkatkan nilai jual produk tersebut. Jenis rumput laut yang banyak digunakan untuk pembuatan obat adalah alga coklat khususnya sargasum dan turbinaria. Pengolahan rumput laut jenis tersebut menghasilkan ekstrak berupa senyawa natrium alginat. Senyawa alginat inilah yang dimanfaatkan dalam pembuatan obat antibakteri, anti tumor, penurunan darah tinggi dan mengatasi gangguan kelenjar

Menarik bukan ? Kekayaan alam dan budaya yang berpadu dalam aneka menu Khas Jepara dan Rembang ini ,layak untuk kita promosikan seluas-luasnya .Inilah bukti kakayaan kuliner bangsa Indonesia yang belum tentu dimiliki bangsa-bangsa lain di dunia, walaupun mereka termasuk penggemar masakan berbumbu … Hidup Indonesia  …. Aku Cinta Masakan Indonesia ….

 

[gallery]