Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Aman Liburan Bersama Si Kecil

Oleh Nutrisi Bangsa 29 Jun 2014

ptg03238620

Liburan Bersama Si Kecil

Sahabat nutrisi

Setelah belajar dan bekerja setahun penuh, berlibur bersama keluarga merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Selain untuk mengembalikan kesegaran dalam bekerja dan belajar, juga untuk mempererat hubungan antara anak dan orangtua.

Usia berapapun anak anda, perencanaan liburan tetap dibutuhkan agar dapat berlangsung dengan nyaman.

Berikut beberapa tips liburan nyaman bersama si kecil:

1. Rencanakan tempat liburan. Persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti hotel yang penuh atau tiket pesawat yang mahal.

2. Pilih lokasi liburan yang aman, usahakan agar anda dapat tetap mengawasi anak anda, baik di dalam maupun di luar ruang. Kewaspadaan perlu ditingkatkan ketika anda berada di tempat ramai maupun wisata alam, seperti pantai dan gunung.

3. Siapkan perlengkapan pelindung, terutama jika berlibur dengan kegiatan-kegiatan outdoor, seperti bersepeda, berkemah, hiking dan sebagainya.

4. Ajarkan anak untuk tidak berbicara dengan orang asing jika tidak ada anda di sisinya. Hindari juga penggunaan baju bertuliskan nama anak.

5. Beritahu tempat pertemuan jika karena satu dan lain hal anda berpisah dengan si kecil. Anda dapat menunjukkan pos keamanan dan menjelaskan bahwa dia harus menuju ke tempat itu jika terpisah.

6. Bekali catatan berisi identitas anda, seperti nama, alamat dan nomor-nomor telepon penting, agar dapat ditunjukkan pada petugas yang menolong. Sebaiknya anak juga sudah hafal nomor telepon genggam orangtuanya atau rumahnya.

7. Siapkan bekal camilan, air minum dan obat-obatan.

Nah, selamat berlibur!