Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Oleh Nutrisi Bangsa 25 Jun 2014

crbs100709

Sahabat nutrisi,

Ketika sedang berada di luar rumah, toilet umum dapat menjadi salah satu fasilitas yang paling dicari. Kendati relatif mudah ditemukan, masalah kebersihan toilet umum tetap merupakan hal yang harus diperhatikan.

Dewasa ini, terutama di mal maupun hotel, keadaan toilet umumnya tampak bersih, bahkan terkadang tampak mewah. Namun, kita tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Sebersih apapun toilet umum tetap merupakan sumber berbagai kuman seperti e.coli, salmonella dan lain-lain. Kuman-kuman tersebut menyebarkan berbagai penyakit seperti flu, masalah pencernaan, maupun sakit tenggorokan.

Berikut beberapa tips agar dapat meminimalisir dari dampak buruk penggunaan toilet umum:

1. Letakkan tas dan barang bawaan di atas atau digantungkan. Jangan letakkan di lantai toilet, agar tidak terkontaminasi kuman.

2. Siramlah dulu kloset sebelum digunakan untuk menghilangkan sisa kotoran dan urin.

3. Jika menggunakan kloset duduk, bersihkan dudukannya terlebih dulu dengan cairan atau tisu antiseptic. Kemudian lapisi dengan tisu

4. Jangan duduk didudukan kloset jika terlihat kotor atau basah, terutama bagi kaum perempuan. Usahakan duduk melayang atau sikap kuda-kuda di atasnya.

5. Usahakan untuk menggunakan tisu ketika akan membuka pintu atau menekan tombol flush di kloset, jangan menyentuh langsung.

6. Tutuplah kloset sebelum menekan tombol flush agar kuman-kuman tidak keluar dan mengenai kita. Jika tidak ada tutup, usahakan jauhi kloset.

7. Cucilah tangan dengan cermat dan menggunakan sabun. Keringkan tangan dengan tisu.

8. Gunakan cairan antiseptik tanpa bilas setelah mengeringkan tangan.

Nah, selamat melanjutkan aktivitas anda.

Sumber:  doktersehat.com