Tips Makan Sehat Selama Liburan

Oleh Nutrisi Bangsa 07 Jul 2013

Pelangsing | Liburan adalah saatnya bersenang-senang bersama keluarga dan para sahabat. Bagi beberapa orang, liburan juga berupa wisata kuliner, yang biasanya akan mengakibatkan kenaikan berat badan.

Padahal, liburan tidak seharusnya identik dengan kenaikan berat badan. Kita tetap dapat memfokuskan diri pada makanan sehat dan seimbang, kegiatan serta bersenang-senang selama liburan.

Berikut kiat-kiat agar kita dapat tetap sehat dan bugar selama liburan:

1. Bersikap realistik, jangan mencoba untuk menurunkan berat badan selama liburan, sebaliknya cobalah untuk menjaga berat badan saat itu.

2. Tetap usahakan waktu untuk berolahraga. Olahraga juga dapat membantu mengurangi stress selama liburan, selain mempertahankan berat badan. Cobalah berjalan-jalan setiap pagi selama 10 - 15 menit.

3. Jangan hindari makanan. Jika akan menghadiri suatu undangan makan, cobalah mengonsumsi cemilan sehat seperti sayuran atau buah segar sebelum pergi. Hal ini akan mengurangi kemungkinan makan secara berlebihan.

4. Amati tempat-tempat makanan yang anda kunjungi. Pilihlah makanan yang paling anda sukai, tinggalkan yang kurang disukai, dan jangan tinggalkan sayur serta buah dalam menu anda.

5. Makanlah sampai anda puas, bukan kekenyangan.

6. Minumlah air putih atau sari buah segar. Hindari minuman beralkohol karena dapat mengakibatkan anda makan secara berlebihan, juga hindari minuman ringan yang penuh dengan gula dan kalori.

7. Jika anda mengonsumsi satu jenis makanan secara berlebihan, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan lain yang lebih ringan kalorinya pada saat makan berikutnya

8. Cobalah tidak hanya fokus pada makanannya, tetapi pada kegiatan selama liburan, bersenang-senang bersama teman dan keluarga

9. Upayakan untuk membawa makanan sehat sendiri.

10. Cobalah ajak anggota keluarga untuk memasak makanan selama liburan. Praktekkan berbagai resep masakan sehat yang jarang dikonsumsi sehari-hari.

Nah, selamat menikmati liburan, dan tetap menjaga kesehatan ya…

Sumber Gambar: inmagine.com