Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Balita

Oleh Nutrisi Bangsa 29 Nov 2013

Sahabat nutrisi

Mengetahui ananda mengalami kesulitan buang air besar tentu membuat kita sedih. Si kecil akan merasa kesakitan, tidak jarang sampai menangis, dan akhirnya ketakutan untuk buang air besar.

Tapi jangan panik ya, berikut beberapa tips untuk membantu mengurangi penderitaannya akibat sembelit:

- Coba tekuk kedua paha si kecil ke arah perut, hal ini akan meningkatkan tekanan dalam perut dan dapat menyebabkan kotoran terdorong keluar.

- Pijat secara lembut dan tetap di area bawah pusar selama 3 - 5 menit. Hal ini dapat merangsang rasa ingin buang air besar.

- Segera bawa ke dokter jika kedua usaha tersebut tidak berhasil.

Sementara untuk mengatasi atau mengurangi resiko sembelit pada bayi dan balita, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

- Berikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama
- Jika terpaksa memberikan susu formula, pilihlah susu formula yang tidak memicu sembelit. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi anak.
- Jika bayi sudah mendapatkan MPASI atau balita, berikan cairan seperti air putih, kuah sayur maupun jus buah dalam jumlah yang cukup. Minimal 2 - 3 gelas per hari.
- Perbanyak makanan berserat tinggi, seperti sayur dan buah, maupun serealia.
- Latihlah ananda untuk buang air besar secara teratur, jika sudah dapat duduk sendiri. Anda dapat memintanya duduk di  potty training selama minimal 10 menit setiap hari di waktu yang sama.

Sumber: Ayahbunda