Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Nutrisi Ala Evy

Oleh Evy Noviana 22 Oct 2010

Aku mau bagi info nih tentang cara mengolah makanan yang baik agar nutrisinya tidak menguap,,dan makanan gak mubassir,, Gini nih tipsnya teman-teman :

1. Sayuran nih yang paling cepat layu jadi kudu ada cara yang tepat menyimpannya. Sayuran ini klo makin lama disimpan makin sedikit pula kandungan nutrisinya. Jadi, sebaiknya beli sayur secukupnya saja, misal untuk 2-3 hari saja. Dan menyimpannya jangan di dalam air, atau di tempat yang basah dan lembab, yang dapat mempercepat sayur membusuk.

2. Ngomong-ngomong tentang bawang putih, teman-teman sebaiknya mendiamkan sejenak bawang putih yang telah dicincang atau dicacah sebelum dimasak. Sebab, di bawang putih ada suatu senyawa anti kanker yang akan keluar saat bawang putih dihaluskan. Klo didiamkan sejenak, maka akan memberikan waktu senyawa tersebut untuk membentuk komponen-komponennya secara sempurna, sehingga fungsinya bagi tubuh pun dapat berjalan maksimal.

3. Pernah nyoba gak menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dll ke dalam sayur, olahan daging, dan makanan lain? Klo belum, cobain deh,. Selain dapat memberikan perasaan tenang bagi tubuh, juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari lingkungan yang tidak sehat.

4. Stop mengupas kulit buah. Soalnya ternyata senyawa antioksidan banyak terdapat di kulit buah. Jadi, gak usah dikupas kulitnya, cukup dibersihkan saja dengan air bersih sebelum dimakan.

Tips makan :

1. Makanlah secara bervariasi. Misalnya hari ini ikan lauknya, besok mungkin tempe, telur, pokoknya jangan ikan melulu. Selain supaya gak bosen, juga agar tubuh memperoleh semua gizi yang dibutuhkannya.

2. Makanlah sayur dan buah-buahan, yang sebaiknya dalam keadaan segar. Sayurnya dijadiin kayak lalapn gitu,.

3. Membatasi pemasukan garam, untuk menghindari naiknya tekanan darah.

4. Minum air. Minimal 2 liter sehari. Guna memelihara keseimbangan cairan tubuh.

Demikian tips-tips Nutrisi Ala Evy,. Moga bermanfaat yah teman-teman,.

3 Komentar

Evy Noviana

27 Oct 2010 17:13

makasih komentarnya,, senang bisa bermanfaat ^_^

Sabai

25 Oct 2010 12:37

keren!! penting buat diinget nih!

Titiw Akmar

24 Oct 2010 11:20

Waw... Bermanfaat banget nih.. thx udah share tips nutrisi.. :)