Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Nutrisi ala EH

Oleh Elisabeth Herastivitasurya 25 Oct 2010

Tips Nutrisi ala EH

mau tau EH itu apa? EH itu adalah namaku Elisabeth Herastivitasurya (hehe) boleh panggil aja TITA, aku ingin “MAKAN ENAK DAN TETAP SEHAT”

1. Padi-padian? SIAPA TAKUT. Kita membutuhkan 40 jenis nutrisi berbeda untuk mendapatkan tubuh sehat, dan gak mungkin kan didapatkan dalam satu jenis makanan? Makanan sehari-hari yang kita lahap harusnya melahap roti dan produk padi-padian penuh lainnya. (Bukan padi yang baru dipetik sama petani lho ya!) Lahap juga buah-buahan, sayuran, produk susu dan daging, ikan dan makanan berprotein lainnya.OKE?

2. Makanan apa ya yang enak (dan sehat)? Pasti kebanyakan orang gak bakalan cukup makan makanan jenis ini. Apakah dari 6-11 makanan yang kita makan, mulai dari roti, nasi, sereal dan pasta, 3 di antaranya padi-padian penuh? Apa kita juga melahap buah-buahan dan 3-5 porsi sayuran? Pasti pada bilang “ENGGAK LAH”, makanya biasain dari sekarang untuk melahapnya, kan enak lho. Kalo mau lebih enak mendingan, cari resep dari mana aja, dari TV bisa, iklan, buku resep, mana aja deh. OKE?

3. Yang sedang-sedang saja .... Seperti Rhoma Irama yang sedang ada di panggung dan memegang gitar. Maksudnya makan tetep sesuai porsinya, kebihan? HARUS DIKURANGI. kurang? HARUS DITAMBAH. Makanya untuk menyantap makanan apa saja yang Anda suka dan tetap sehat. Tau gak porsi daging masak yang direkomendasikan hanya 3 ons? Seporsi buah dan satu mangkuk pasta dianggap sebagai porsi seimbang untuk menjaga kesehatan. Satu gelas es krim sama dengan makan 4 porsi. Nah makanya, baca baik-baik trus tinggal ikutin deh buat tiap hari. OKE?

4. Makan? Ya emang harus MAKAN (tapi ...). Melewatkan jam makan malah akan membuat susah mengontrol rasa lapar, dan ini mendorong kita untuk melahap makanan berlebihan (nyam nyam nyam). Saat merasa sangat lapar, pasti apa yang dilihat dan itu keliatannya enak, LANGSUNG DILAHAP tapi tidak memperhatikan nutrisi. Ngemil di waktu jam makan juga membantu mengurangi rasa lapar, tapi JANGAN BANYAK-BANYAK bisa-bisa Anda kebanyakan ngemil dan meninggalkan makan yang emang seharusnya makan (makan inti). OKE?

5. Makanan Baik atau Buruk itu TIDAK ADA LHO… Pilih jenis makanan sesuai dengan kebutuhan total kita, gak berdasarkan makanan yang ‘baik’ atau ‘buruk.’ Jangan merasa bersalah kalo suka banget sama makanan seperti kerupuk, kripik kentang, cokelat atau es krim. Tetap makan apa aja deh yang kamu sukai, (tapi ....) ingat, SECUKUPNYA SAJA. Pilih juga makanan lain sebagai penyeimbang gitu lho… OKE?

ayo ..... tetep semangat makan enak ya untuk menjadi Bangsa Indonesia yang SEHAT!!!

3 Komentar

Luna Maria

27 Oct 2010 11:57

kalau semua rakyatnya hidup sehat, Indonesia akan menjadi bangsa yg SEHAT!

Vito Darmaji

27 Oct 2010 11:05

bagus tips2nya

Sabai

27 Oct 2010 10:03

Keren nih! POin2 penting dalam hidup sehat :)