Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Nutrisi ala Putri Viona

Oleh Putri Viona 22 Oct 2010

“You Are What You Eat”. Ajaib, kalimat tersohor itu memang benar. Kamu adalah apa yang kamu makan. Ingin tubuh yang sehat? Gampang, aturlah asupan makananmu sesuai Pedoman Umum Gizi Seimbang. Setelah mengatur asupan makanan, maka efeknya besar. Energi. Orang-orang bilang untuk sehat kita juga harus berolahraga. Jika hendak berolahraga maka kita butuh apa? Energi. Yak benar, energi itu kunci utama, dan energi itu berasal dari…..... makanan!

Sebelum memasuki bagian tips nutrisi sehat ala saya, lebih baik kita sama-sama tahu dulu prinsip dasar sumber energi tubuh. yuk mulai.

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh, dan hal ini penting untuk diketahui. Jika ingin sehat, maka peganglah terus kalimat tersebut. Menurut saran WHO kita butuh 55-75% karbohidrat dari total asupan makanan kita perhari. Jika asupan karbohidrat tubuh kurang, maka sumber energi yang akan digunakan adalah protein, dan apabila asupan karbohidrat berlebih, maka karbohidrat akan diubah menjadi lemak dan disimpan sebagai cadangan energi. Beberapa sumber makanan yang mengandung karbohidrat yang gampang untuk ditemui adalah Nasi, singkong, dan Roti.

Protein penting untuk pertumbuhan, sedangkan orang yang sehat adalah orang yang tumbuh dan berkembang dengan baik. Protein adalah zat utama untuk pertumbuhan tubuh. Bahkan Enzim, Hormon, dan darah di tubuh kita terdiri dari protein. WHO menganjurkan kita mengkonsumsi protein sebesar 15-20% dari total konsumsi makanan kita perhari. Protein terdapat di berbagai sumber makanan, beberapa diantaranya adalah Ikan, Susu, Ayam, Tahu, dan Tempe.

Lemak, Zat gizi satu ini berfungsi di berbagai hal. Salah satunya sebagai cadangan energi terbesar tubuh. Nah, hati-hati ya. Karena lemak berlebih tidak baik untuk tubuh kita, apalagi lemak yang berasal dari sumber-sumber makanan hewani. Ups, ingat ya teman-teman, bukan berarti tidak boleh dikonsumsi, hanya saja tidak baik jika terlalu berlebihan. WHO menganjurkan kita mengkonsumsi lemak sebesar 20-30% dari total asupan makanan kita perhari. Lemak bisa didapat dari banyak sumber makanan, beberapa diantaranya adalah minyak goreng, ayam, dan daging sapi,

Nah, sekarang lanjut ke tips-tips nutrisi sehat ala Putri Viona,

  1. Ikuti saran WHO mengenai persen asupan karbohidrat, protein, dan lemak untuk tubuh kita tiap harinya.
  2. Sarapan itu penting, banyak orang menyepelekan sarapan, padahal asupan karbohidrat di pagi hari penting untuk nutrisi otak kita, terutama pelajar dan mahasiswa yang akan menyerap berbagai ilmu sejak pagi hari.
  3. Makan malam minimal 2 jam sebelum tidur.
  4. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung MSG, karena MSG bisa meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan yang terlalu tinggi tidak baik untuk tubuh. atau mau obesitas?
  5. Konsumsi lah sayur-mayur dan buah-buahan tiap hari. Wah sumber makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral ini banyak sekali fungsinya, seperti memperlancar pencernaan, antioksidan, dan pemeliharaan tubuh contohnya kulit yang mulus dan wajah yang segar serta ceria.
  6. Perbanyak minum air putih. Air penting banget loh untuk tubuh kita. Bahkan komposisi terbesar tubuh adalah air. Air baik untuk sumber hidrasi tubuh.
  7. Kurangi konsumsi makanan-makanan instant. Pengawet makanannya banyak, dan tidak baik untuk tubuh.
  8. Olahraga yuk! sekitar 30-40 menit perhari cukup kok. Bisa dengan bersepeda, jalan kaki di pagi hari yang segar, atau sit up dan push up setiap pagi juga boleh.
  9. Hindari melakukan aktivitas-aktivitas kecil yang merugikan seperti…. merokok dan meminum minuman keras, apalagi mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Hiiii.. serem.
  10. Terakhir, terapkan tips-tips ini! semoga bermanfaat..

2 Komentar

Vito Darmaji

27 Oct 2010 11:06

“You Are What You Eat”. YES!!

Sabai

25 Oct 2010 12:37

keren!! penting buat diinget nih!