Tips Sehat Berbuka Puasa

Oleh Nutrisi Bangsa 11 Jul 2013

Sahabat nutrisi,

Berpuasa, selain menjalankan perintah agama (Islam), ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan lho. Sebut saja misalnya menurunkan kadar gula darah, kolesterol, mengendalikan tekanan darah, serta membersihkan saluran pencernaan.

Bahkan ada pula yang memanfaatkan puasa sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi untuk memperoleh manfaat sehat tersebut, anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi pada saat berbuka.

Hal ini karena selama berpuasa, sistem pencernaan kita mengurangi produksi enzim sehingga berpengaruh pada lapisan lendir pada perut.

Sehingga makan secara berlebihan setelah seharian perut kita kosong, justru akan mengakibatkan masalah kesehatan tersendiri. Seperti sakit perut, diare dan kembung.

Yang sebaiknya kita lakukan pada saat berbuka adalah mengonsumsi makanan dan minuman secara perlahan, agar sistem pencernaan tidak kaget

Berikut ini adalah beberapa tips berbuka puasa supaya anda tetap sehat dan bugar:

1. Berbukalah dengan jumlah yang wajar, tidak berlebihan.

2. Batalkan puasa anda dengan meminum minuman manis dari gula alami,  sari kurma, jus yang terbuat dari buah dan sayuran segar tentunya lebih bermanfaat lagi.

3. Setelah tubuh beradaptasi, anda dapat melanjutkan dengan mengonsumsi yoghurt dan buah. Yoghurt mengandung bakteri yang baik untuk usus anda.

4. Masukkan sayuran segar dalam menu berbuka.

5. Kunyah secara perlahan. Biarkan tubuh mencerna makanan tersebut.

6. Kenali tubuh anda. Berbukalah dengan porsi kecil, dan berhentilah makan ketika merasa kenyang. Anda dapat mulai lagi makan 2 atau 3 jam kemudian.

 Sumber: Merdeka

Sumber foto: Inmagine