Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Sehat Saat Darurat Dari Novita

Oleh Novita 01 Nov 2010

Mengingat usia bumi yang sudah tua, cukup masuk akal apabila banyak terjadi bencana alam, apalagi sudah begitu banyak tangan manusia yang mencemari dan merusak keseimbangan alam. Tentunya, kita tidak ingin sampai ada terjadi bencana alam di sekitar kita, apalagi bila bencana itu mengorbankan banyak nyawa. Namun, manusia boleh berkehendak, alam yang menjawab. Apabila suatu saat kita ‘terpilih’ untuk mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan itu, tentulah kita akan berada dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Bisa dikatakan saat darurat. Berhubung negara kita bisa dikatakan negara ‘tidak tanggap darurat’ tentunya kondisi di kamp pengungsian tidaklah menyenangkan dan bila kita tidak fit akan mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa tips untuk menjaga badan kita agar tetap sehat di saat2 darurat, yang mungkin bisa membantu.

1. Belajar dari negara Jepang yang sering terkena gempa, tentunya tak ada salahnya bila memang tinggal di wilayah yang rawan bencana (atau sesudah mendengar pemberitahuan waspada) kita menyiapkan ransel berisi perlengkaoan yang mungkin kita butuhkan di kala darurat. Misalnya, baju, makanan kaleng, kompor mini, tas tidur, obat2an, selimut, vitamin, air, dan perlengkapan lainnya. Surat2 penting jugabisa kita simpan di ransel darurat ini.

2. Olahraga, selain menjaga kesehatan, olahraga teratur akan membantu kekebalan tubuh kita dan stamina kita terjaga. Bisa dikatakan, kalau di handphone ada tenaga cadangan yang disimpan otomatis oleh baterai, kebiasaan ini secara tidak kita sadari juga mengisi energi cadangan tersebut.

3. Tenangkan pikiran dan jangan panik. Panik tidak akan membantu masalah/kesulitan yang dihadapi menjadi berkurang atau selesai, malah memperberat masalah.

4. Minum vitamin C. tentunya sediakan yang satu ini di ransel darurat anda, menjagai apabila tidak ada obat2an di lingkungan pengungsi.

5. Kenakan pakaian bersih, selimut bersih, dan jaga kebersihan. Meskipun mungkin sulit karena kamp pengungsian adalah tempat umum, tapi sebisa mungkin jagalah kebersihan dan himbaulah sesama pengungsi untuk menjaga kebersihan.

Sekian dari saya, semoga membantu.

2 Komentar

Novita

02 Nov 2010 20:13

thanks :)

Nutrisi Untuk Bangsa

02 Nov 2010 10:56

Hai Novita... Terima kasih, tipsnya sangat bermanfaat untuk kita teruskan pada teman2 relawan yang tengah berkegiatan di lokasi bencana. Btw, pasang foto atau avatar dong...