Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Sehat Saat Darurat dari Desmalia

Oleh Desmalia Anggraini 01 Nov 2010

Ketika sekelompok masyarakat terkena musiba atau bencana seperti di Wasior, Mentawai dan Merapi, banyak orang sedang mengalami duka yang sangat mendalam kehilangan keluarga yang dicintai dan kehilangan harta benda.

Menurutku pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi psikisnya. Di saat duka seperti itu, mereka kurang memperhatikan kesehatan diri sendiri karena menyibukkan pikiran terhadap orang-orang yg hilang dari hidupnya. Ia tak bernafsu untuk makan. Bahkan diberi makanan paling enak sekalipun dirasanya tak sedap. Sementara, ketika hati gelisah maka tubuh menjadi rentan terhadap penyakit.

Maka, tips sehat pertama pada saat darurat adalah, menangkan pikiran diri sendiri terlebih dahulu, menerima segala yang terjadi dengan hati yang luwes. Kemudian, setelah ia mampu mengendaikan dirinya, diharapkan ia memberikan ketenangan hati bagi para korban yang lain secara berkala.

Jika kondisi sudah lebih kondusif, maka para korban hanya akan mendapatkan makanan dan minuman seadanya dengan perlengkapan masak seadanya. Asupan nutrisinya mungkin masih jauh dari cukup. Namun, sebaiknya setiap makanan yang didapat dihargai dengan rasa syukur yang besar. Karena ketika seseorang dengan tulus mensyukuri apa saja yang ia dapat walaupun dalam kondisi darurat, otaknya akan menghasilkan hormon ketenangan yang akan menguatkan tubuhnya sendiri. Pada saat tenang dan bersyukur pula, seorang ibu masih bisa menghasilkan ASI yang berkualitas untuk anaknya.

Namun, syukur-syukur para korban minimal dapat makan cukup karbohidrat beserta sayur mayur dan lauknya :)