Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Sehat Saat Darurat dari Sony

Oleh stevanus sony januar 03 Nov 2010

Bencana tidak dapat kita duga. Kapan saja bisa terjadi. Itulah yang menimpa sodara sodari kita terutama yang berada di daerah Mentawai dan sekitar gunung merapi.


Berikut ini saya memiliki beberapi tips agar badan tetap sehat ketika berada dalam pengungsian.
1. Istirahat yang cukup
Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima walau sedang berada di pengungsian, tidur yang cukup merupakan suatu keperluan jasmaniah yang harus dipenuhi. Walaupun suasana sedang dalam keadaan genting karena bencana, usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang optimal adalah sekitar 7-8jam.
Jangan sampai Anda terjaga terus menerus karena khawatir akan situasi bencana yang dialamai yang menyebabkan anda tidak bisa tidur nyenyak, bahkan sampai begadang. Hal ini akan mengakibatkan kondisi tubuh mernjadi kurang fit.

2. Gunakan selimut/jaket/penghangat badan di malam hari
Biasanya suasana malam hari di pengungsian terasa amat dingin. Untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak masuk angin, usahakan memakai jaket/penghangat badan berupa syal, dan selimut pada saat tidur.

3. Sempatkan untuk berolahraga
Walaupun berada di pengungsian, tidak ada salahnya untuk berolahraga di pagi hari untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan olahraga pagi pada pukul 6-7 pagi sambil menghirup udara pagi yang masih bersih dan segar. Anda dapat melakukan peregangan otot, senam kecil-kecilan, atau jogging di tempat. Olahraga pagi ini bisa dilakukan cukup 5-15 menit saja.

4. Makan makanan yang bergizi
Usahakan pada saat berada di pengungsian, anda mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi, seperti tahu, tempe, telur dan sebagainya. Walau terkesan murah meriah, tetapi makanan tersebut mengandung gizi yang tinggi. Hindari makanan anda dihinggapi lalat karena bisa menyebabkan terjangkit penyakit, seperti sakit perut. selain itu, minumlah air minum yang bersih untuk menjaga kelancaran metabolismu tubuh sepanjang hari.

5.Mandi 2 kali sehari
Jagalah kebersihan tubuh anda dengan mandi 2 kali sehari. Walau berada di pengungsian, kebersihan tubuh anda harus dijaga. Untuk menghindari antrian yang lama dengan pengungsi lain dikarenakan keterbatasan MCK, usahakan bangun pagi-pagi agar mendapat giliran mandi yang cepat dan tidak mengantri terlalu lama.

6. Sediakan obat-obatan pribadi
apabila anda alergi sesuatu, sebaiknya sediakan obat-obatan untuk mengatasi alergi yang anda derita. Selain itu, bawalah obat-obatan yang sekiranya penting dan diperlukan: seperti balsem untuk nyeri otot, minyak kayu putih jika digigit nyamuk, atau mungkin tensoplas/betadine pada saat mengalami luka ringan.

7. Kebersihan tempat mengungsi
Usahakan supaya lokasi tempat anda mengungsi (tempat anda berlindung) bersih dan tidak berantakan. Jika tempat mengungsi anda kotor, hal ini akan membuat anda tidak nyaman dan mungkin akan timbul banyak nyamuk yang dikhawatirkan timbul DBD. Oleh sebab itu, kebersihan tempat pengungsian harus tetap dijaga.

8. Khusus untuk pengungsi di daerah gunung merapi, selalu gunakan masker pada saat di dalam ruangan atau terutama berada di luar pengungsian
Hal ini untuk menjaga kesehatan pernafasan anda dari debu yang dikeluarkan oleh letusan gunung merapi. Bagi penderita asma, usahakan untuk selalu memakai masker (penutu mulut dan hidung) karena debu ini sangat sensitif sekali karena bisa menggangu pernafasan anda dan bisa menyebabkan asmanya kambuh.

Demikianlah beberapa tips dari saya agar badan selalu sehat ketika kita berada di pengungsian. semoga membantu ya:)