Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

WONDER WOMAN FOR THE NEXT SUPERMAN

Oleh arief akbar 23 Sep 2013

Ibu merupakan faktor penting dalam pertumbuhan anak. Karena guru pertama anak adalah ibu. Orang pertama yang menjadi influence anak adalah ibu. Anak belajar banyak dari ibu meniru banyak hal tentang ibu. seperti kisah elang yang dibesarkan di keluarga ayam. Dimana elang tersebut tidak bisa terbang,berkokok seperti ayam, dan memakan biji-bijian.ketika dia melihat ke atas langit dia melihat burung elang lain dia ingin seperti mereka yang terbang bebas dengan garang memakan ular.Padahal dalam diri elang tersebut terdapat potensi seekor raja burung namun karena dia di didik dengan salah dan dia meyakini bahwa dia adalah seekor ayam maka jadilah dia seekor ayam.dan inilah beberapa hal yang harus dilakukan ibu untuk melatih superman.
YAKINKAN ANAK BISA MELAKUKAN
Dalam masa pertumbuhan ibu harus bisa menjadi pendorong atas segala kegiatan positif buah hati. Terutama dalam menghadapi anak yang pemalu.buat buah hati senyaman mungkin dengan kegiatan positif contohnya bermain dengan teman di depan rumah. Memperkenalkan dengan tetangga, belajar sekolah maupun diluar sekolah.
BIARKAN IMAJINASINYA TERUS TUMBUH
Semua anak kecil mempunyai imajinasi yang tinggi. Namun dalam pertumbuhan imajinasi itu dibunuh oleh lingkungannya bahka dibunuh orang tuanya yang mengajarkan berpikir relistis.contohnya anak yang berimajinasi menjadi superman . dalam imajinasinya sangat sederhana namun begitu bermakna. mereka hanya cukup dengan selembar sarung yang diikatkan dileher digunakan sebagai sayap bak superman. Biarkan mereka bermain dengan imajinasinya. asal buah hati tidak sampai naik gedung dan benar-benar ingin loncat dari sana. Biarkanlah imajinasinya tumbuh. Imajinasi dimasa kecil sangatlah kuat. Bila tetap melatih imajinasi ini menciptakan pikiran yang kreatif.dan tidak takut untuk mengungkapkan usul yang “gila”.
BEBASKAN ANAK DALAM KEGIATAN POSITIF
Ketika semakin besar tawarkanlah anak untuk mengikuti les yang sesuai hobbynya. Contoh berikan lah beberapa pilihan seperti les drum,menggambar,gitar,hip-hop atau dance. Bila tidak ada yang sesuai keinginan. Cari pilihan les yang lain.cari bakat dan passion buah hati. Dan ketika sudah menemukannya dorong terus buah hati untuk selalu semangat mempelajari passionnya.
LATIH ANAK BERINISIATIF
Latih anak untuk memilih dan menentukan jangan selalu orang tua yang menentukan. Contoh dalam memilih baju. Biarkan dia menentukan baju apa yang akan di pakai. Tidak perlu disuruh memakai baju ini itu. Toh itu sama-sama baju.terkadang biarkan anak melakukan hal yang tidak biasa dilakukan contoh dia ingin menyapu lantai.biarkan buah hati melakukannya walaupun belum terlalu bersih. Boleh ibu membersihkan kembali namun jangan sampai buah hati tahu. Dan ketika buah hati mengungkapkan usul. Jangan pernah membandingkan usulan buah hati karena dia masih kecil. Bila memang kurang tepat usulannya berikan penjelasan bahwa usulnya belum tepat untuk keadaan sekarang.
CERITAKAN TENTANG ORANG TUANYA YANG MEMBANGGAKAN
Cerita tentang bagaimana ayah atau kakeknya memimpin akan memotivasi buah hati agar bisa lebih baik dari orang tuanya dan dia akan meyakini bahwa dia mempunyai darah seorang pemimpin.
AJARI ANAK MELIHAT DARI BERBAGAI ARAH
Ajari anak melihat dari berbagai arah hal ini akan melatih kreativitas anak dan memudahkan anak dalam memecahkan masalah. Contoh berikan lah dia sebuah kertas gambar tanyakan pada buah hati “apakah ini?” dia mungkin akan menjawab”ini buku gambar mama” jawablah”ini bukan buku gambar.(sambil melipat seperti origami membentuk burung)ini adalah burung” atau jawab “bukan ini adalah sebuah kipas.(sambil mengibas-ngibaskan kertas gambar tersebut).begitu juga denga pelajaran sekolah yang sangat menjemukan ajarkan melihat soal dengan berbagai cara.

#LombaBlogNUB.