Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Wawancara : Calon Ibu

Oleh Fauzi 'uz-ay' 07 Feb 2012

Kosentari!!! langusng serius!!
 
Kalau berbicara sosok seorang ibu, rasanya ngga ada yang bisa bandingin dengan apa-apa deh, dari pengorbanannya, kasih sayang nya, semuanya nomer satu dimata kita, iia ngga??, coba deh kita mundur kebelakang, mengingat bagaimana ibu kita membawa- bawa kita masih dalam kandungan, selama sembilan bulan.. ngga pernah dengar kata mengeluh, prustasi gara-gara keberatan, merhatiin nutrisi yang terbaik untuk anak-naknya, meski masih dalam kandungan, biar anaknya sehat dan lahir dengan baik, makanya sudah sepantasnya kita bersyukur, karena udah di jagain dari sejak dalam kandungan, nyampe sekarang udah segede ini, ooooh… Ibu kau memang tiada tara…
 
Gw pernah jadi saksi mata, seorang cowo yang tiba-tiba menangis sendu, gara-gara dapet SMS dari ibunya, saat dia sedang ulang tahun, awalnya cowo itu rada kesel nyesek karena mengira seolah-olah ibunya sendiri ngga inget kalau hari ini dia ulang tahun, dan disore harinya kira-kira pukul 04.30 an, disaat dirinya sudah mendapatkan ucapan selamat dari berbagai sahabat, dia dapet SMS yang bunyinya seperti ini :
 
“Selamat ulang tahun anak ku, tepat hari ini pukul 04.30, 20 tahun yang lalu kamu dilahirkan, semoga selalu sehat dan apa yang kamu impikan tercapai nak.. ” 0856922545xxx
Spontan cowo itu menangis sendu, pikirannya salah ternyata memang ibunya lah yang paling tau kapan tepatnya dia di lahirkan.. mengharukan kan?? sedangkan kita tau tanggal ulang tahun beliau saja kita ngga tau.. #miris
 
Nah kali ini gw pingin  share bagaimana sih perasaan dan peranan seorang ibu, lebih tepatnya dia yang sebentar lagi bakalan jadi seorang ibu, dia sahabat gw yang sedang mengandung anak pertamanya, sudah hampir sembilan bulan, iseng-iseng gw wawancarain buat muat-muatin postingan blog gw… hehe… ada sepuluh pertanyaan ngawur tapi asyik di simak,, cekidot…
Nama               : Syifa Fauziah
Umur                : 23 Tahun
Tanggal lahir    : Bogor, 3 oktober 88
Hobi                 : Dengerin music, nyanyi
Pekerjaan         : Mencari uang yang banyak
Bintang             : Libra girl
Minat               : Ngabisin duit suami
Facebook        :  Ganesyinda Syifa
 
 
 
 
 
 
 
 
  1.  Tepat nya kapan anda menikah ??
Hari itu, awan mondar mandir ke kanan , ke kiri, ke kanan lagi, ke kiri lagi, terus aja gitu ampe  pusing,  matahari bersinar oh indah nya…
 
dug dug dug #eeh, dag dig dug .... setelah gw lihat bulan, bintang dan matahari, ternyata hari itu tanggal 23 April 2011 * yeaaaaaaaay \m/ ahaaaa syalalaaaaa cubidab .....
 
2.  Ngomong – ngomong, Itu mau acara nikah, apa ajian manggil ujan, So, bagaimana tuh perasaan mau jadi seorang istri saat itu,  deg-degan senang atau malah menangis.??.
 
Hmmm bukan tapi manggil angin biar lw di tiup terbang jauh…, Perasaan nya manis, asem, asin * kaya iklan permen yang di tipi- tipi tuh , deg deg-an iya , nangis iya , campur aduk semu.
 
 
Manis nya : punya suami, biaya hidup ada yang nanggung, mau belanja tinggal minta * wkwkw cirri-ciri istri matre , merasakan surga dunia …* jadi malu * perlu di certain ga sih ..< sensor>
 
Asem nya : kan pas acara nikah deg – deg an tuh , jadi nervous jadi keringetan , dan setelah gw cobain ternyata keringetnya rada-rada asem..
 
Asin nya ; apa ya * beri gw waktu 2 minggu untuk menjawab..
  1.  Denger-denger emang pingin ya punya anak sewaktu masih muda?? Padahal pada umumnya untuk seorang wanita karir, mikirnya ada anak malah jadi ribet, apa tuh alasannya??
Bener-bener, yang ini jawaban nya mau agak serius,  inget serius jadi jangan ada yang becandaan * senggol bacok… * cie cie cuit ciut 
 
kenapa senang hamil muda itu, apa ya ... kalau di pikiran gw yang cerdas ini siii , nanti saat anaknya dewasa .. jadi gw sebagai ibu masih belum terlalu tua ,,,bisa jalan bareng, ke salon , ke mall pake baju samaan . jadi kalau lagi jalan berduaan biasa nya orang-orang bilang , itu adek nya ya ... hooooooooo
  1. Wah ternyata takut di bilang tua, #eh… lalu kapan di vonis dokter kalau sebenarnya anda hamil?? bagaimana perasaa nya saat itu?? Tentunya senang dong impiannya sudah mulai berjalan
Awal : uweeeeeeeeeks .... uweeeeeeeeks ,,, mual ,,, pusing gitu. uwwwwwwwwwwwweeeeks uweeeeeeeeeeeks lagi mual, pusing ... terus aja gitu sampe gw rasa nya jadi mulai mules, lebih dari kepingin boker..
 
Kejadian kaya gitu gw alamin selama 2 hari boooo .. kegiatan gw dirumah cuma mual, muntah sama pusing *boring banged kan ... ??? dan anehnya .. makan ini, ga mau , makan itu ga mau,,, walaupun itu sebener nya makanan yang dibeliin suami gw , yang artinya GRATISAN, gw biasanya paling seneeeeeeeeeeeeng dan gembala eh gembira sama makanan gratisan , tapi gw cuma pengen makan satu  saat itu *6^%^$#@E%
RUJAK!!! iya rujak ,,,,
 
Tengah  : langsung aja ya ,,, malas cerita panjang- panjang ngga dibayar.. . bersama sang suami tercinta,,, karena terlalu heran, bimbang dan terjerembab *alah apa siii ( baca : maaaf ngga ada translate bahasa yang sanggup mengartikan kalimat itu . berangkat lah ke praktek dokter dekat rumah, lalu lalu lalu lalu .....
* bertemu lah gw dengan si dokter ,, mulailah gw menceritakan keluhan - keluhan yang gw rasakan.. curcol dikit.. 
 
Dengan ga sopan tuh dokter malah senyum-senyum ,,, * hmmmmm kenapa ya ( dalam hati ) gw sama suami gw cengo ( baca : bahasa depok kesonoan yang artinya bengong ) sampai akhirnya dia bilang gw hamil iya hamil ,,, hamil , apa hamil , masa si HAMIL, *sengaja di ulang-ulang biar tek makin panjang, gratisan ini.. ...
 
gw tambah cengo , melongo , bego ... heran, kaget , syok , untuk memastikan test urine aja ya bu ” kata dokternya”
 
Akhir : dari cerita di atas sebenernya ga nyambung sama pertanyaan , karena gw lupa kapan tepatnya hohohohohohoho # plaaaaak,.. ya pada intinya hari itu gw senang bukan kepalang, karena vonis dokter ternyata gw hamil.. yeee… yeee.. yeeee… 
 
5.   Bagaimana kiat anda saat hamil, apalagi di usia kandungan sudah mulai besar tapi masih harus bekerja jauh..??
 
Kalau gw pribadi sii diawali dari pikiran dulu, yang penting positif thingking Insya Allah di lindungi, sugesti nya juga ga yang aneh- aneh,  ntar takut gini takut gitu ... yang ada malah bikin was-was.. So, gw jalanin aja seperti wanita normal yang lagi ngga bawa-bawa perut gede kemana- mana.. 
 
Hamil itu butuh nutrisi,  2 kali lipat dari biasa ... jadi makanan – makanan nya harus bergizi, banyak makan buah, sayuran , vitamin , susu biar kondisi juga tetap terjaga. Ibunya sehat, bayinya senang lho? Dan Biasanya gw tunjang dengan baca- baca artikal search di mbah gugel tentang kiat – kiat menjaga nutrisi bayi dalam kandungan, dsb.. misal gw buka artikel di Nutrisi untuk bangsa, untuk menambah pengetahuan, dan jaga-jaga kemungkinan yang akan terjadi pada bayi gw biar bisa cepat di antisipasi,  tidak lupa control tiap minggunya ke dokter..
  1.  Tapi masa ngga takut ya, padahal tiap hari harus kerja, dan Sering nya ngidam apa sih saat hamil??
Hamp kurang puas apa dengan jawaban gw diatas, hah?, kalau di bilang takut ya takut, tapi ya positip thinking aja, ada Allah yang selalu jagain.. iia ga??
 
Kalau ngidam sii kayanya gw ga deh .... normal-normal aja, ya untungnya gitu kalau ngga bisa gawat secara gw tuh sehari-harinya doyan ngemil dan jajan.. ckckck bisa - bisa tekor manten dua kali lipat, secara badannya udah dua hehe…
 
7.  Inginnya anak pertama itu apa, cewe or cowo dan alasannya apa?? 
 
Kalau ada pertanyaan kaya gitu, gw biasanya butuh 2 hari buat mikir , tapi berhubung gw orangnya super sibuk dan takutnya yang punya blog ngejar- ngejar gw dengan pertanyaan- pertanyaan ini itu lagi , bawa-bawa kamera buat foto-foto gw, wawancara dan gw tau itu akan sangat - sangat menggangu privasi gw.. hehe.. ,,
Jadi sebenernya sii menurut gw para ibu itu apapun jenis kelamin yang udah dikasih pasti bakalan seneng dan bahagia , secara perjuangannya dari hamil smpe melahirkan itu bukan suatu hal yang mudah, dan sebentar ,, ga mungkin kan baru lahir anaknya langsung operasi alat kelamin karena ga sesuai dengan harapan.. hahaha…
tapi emang ada sebagian yang pengen banged punya anak dengan jenis kelamin tertentu, gw pribadi siii apa aja , yang peting bayinya sehat, melahirkannya lancar, gw nya tetap sehat, cakep, putih , imut , pintar ,dan  rajin menabung..
 
8. Situasi apa yang paling anda ga nyaman saat hamil??
 
Buat pertanyaan yang satu ini gw , langsung  punya jawaban  ,,, yang paling ga nyaman itu saat tidur, yang biasa nya gw tidur kesana dan kesini , ngalor dan ngidul ,, jungkir balik  ngelilingin tempat tidur .... dan sekarang ** oh noooooooooooooooooooooo .... harus diem di satu posisi , bayangkan !!!!!! cepet bayangkan!!!!...
 
Mau miring dikit aja , dede nya udah gerak-gerak , tending-tendang . yang menurut gw si itu artinya dia ga nyaman , miring aja ga bisa apa lagi tengkurebbbbbb * pake b , sekarang mah boro- boro ..  # wahai inget tuh para suami… kekekekekek…
 
9. Dukungan keluarga inginnya seperti apa??
 
Dukungan keluarga yang paling diiinginkan adalah , harta yang berlimpah ,,, agar sebagai ibu gw bisa memanjakan diri dengan belanja dan kesalon ,,,, hooooo engga deng ,,, pastinya dukungan berupa do’a dan support akan menjadi sangad indah dibanding apapun ,terutama suami tercinta yang selalu memberikan perhatian lebih dan kasih sayang. cuppppppppppppp…, So, doain gw ya teman-teman biar sukses jadi Ibu yang baik… ^.^ be a super women and great a mommy. Amiiin…
 
10. Terakhir ada pesan-pesan apa yang ingin anda sampaikan untuk calon  ibu-ibu baru??

Kesannya, gw tua banget disini ya, But, daripada yang punya blog makin nanya yang aneh-aneh mending gw jawab deh, biar cepet berees, hehe..

 
Buat para calon ibu – ibu muda , atau pun ibu – ibu tua yang sedang hamil ,, tetap semangad aja , positif thinking , jangan mikir yang aneh- aneh ,,, tetep jaga makanan , nutrisi yang dibutuhin , jangan egois karena kita bawa dede dalam kandungan, yang paling penting banyak ber do’a , karena dari apapun yang kita lakukan semua akan berakhir pada kehendak Tuhan. #beneran berasa tua gw..
 
 

Dan buat orang-orang di sekitar bumil  ( ibu-ibu hamil ), bumil nya di support, karena dari info- info yang gw terima , gw serap , gw telaah .. bumil itu emosi nya naik turun , cepat naik lama turunnya , gampang capek, lelah ,letih, lesu …. Jadi harus terus di support , di kasih kasih sayang, cinta dan uang ** hehe tetep , dukungan dari orang terdekat akan sangat amat berarti. Dua jempool…!!Trims Syifa untuk waktunya, semoga benar-benar jadi Great mommy untuk anak-anak mu kelak…

So, masih kah kita bertingkah laku membuat sedih seorang Ibu ???

makasih juga yang udah mau nyimak.. sampai jumpa di postingan selanjutnya…

 

Tulisan ini di ikutsertakan untuk berpartisipasi dalam: 

Blog Writing Kompetition