Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Wow, 3 bulan lagi aku akan menjadi ibu!

Oleh Poppy N M 19 Feb 2014

Dear diary, bayi cantik dalam kandunganku kini sudah berusia 7 bulan. Saat ini berat badanku sudah bertambah 18 kg dari berat normalku sebelum menikah, 53 kg. Meski badan terasa berat sekali tetapi aku tetap berusaha olahraga dengan berjalan santai di sore hari. Sesekali, aku juga berbicara kepada bayi kecil yang menendang dan bergerak-gerak di dalam perutku, “Mommy loves you, my baby. We are going to be a great team.” Selesai jalan sore, aku selalu bergegas-gegas pulang supaya tidak tergoda jajan sembarangan. Cemilan yang diijinkan “masuk” untuk bayi kecilku hanyalah bubur kacang hijau, sup sari ayam, kacang-kacangan dan buah-buah segar yang dipotong kecil. Untuk putriku yang akan lahir kelak, aku hanya ingin berikan yang terbaik yang aku bisa. Apakah aku terlalu berlebihan dear diary? Kurasa semua calon ibu juga akan melakukan hal yang sama ya..
Dear diary, aku punya pertanyaan. Seperti apakah nanti wajah bayi cantik yang kulahirkan ke dunia ini ya? Bulat dengan mata sipit seperti papanya, atau wajah persegi dengan mata besar seperti aku? Ah, rasanya deg-degan menantimu kelahiranmu putri kecilku. Satu hal yang pasti, dia akan menjadi putri tercantik yang pernah ada bagiku dan papanya. #pelukbantal
Oh iya, dear diary, bahkan sebelum lahir kedunia pun, aku sudah sangat bersemangat menyambut kedatangan bayi cantikku. Kemarin suami terkasih mengajak berbelanja kebutuhan bayi! Yeay! Kami membeli banyaaaak sekali baju2 mungil, popok, sepatu, celana, lampin, kaus kaki, topi, selimut. Aku rasa kemarin aku sudah memborong semua isi toko perlengkapan bayi :D Sempat juga aku merasa kecapean dan kaki bengkak, tapi setelah duduk sebentar dan mengangkat kaki sebentar, bengkaknya mulai hilang. Orang-orang di toko itu memperhatikan aku, mereka memberikan kursi dan air mineral untukku, mungkin mereka maklum pada ibu hamil besar. Air mineral yang mereka berikan langsung aku habiskan. Aku pikir-pikir apa mungkin itu karena kemarin sebelum berbelanja aku belum minum vitamin untuk ibu hamil? Lain kali aku tidak akan tunda lagi, setiap pagi harus langsung minum vitamin selesai sarapan pagi!
Sewaktu berbelanja kemarin, aku juga bertemu dengan temanku dan teman suami di mall. Mereka mengucapkan selamat dan ada yang memberi tips untuk memilih rumah sakit dengan pelayanan pasca melahirkan terbaik. Satu orang teman suamiku juga ada yang minta doanya, supaya bisa ketularan hamil, karena mereka sudah beberapa tahun belum dikaruniai keturunan..amin, semoga mereka bisa dikaruniai juga dalam waktu dekat ini.
Dear diary, ibu mertua dan mama hampir tiap hari mengirimkan susu kedelai dan air kelapa ke rumah kami, katanya baik untuk bayi. Protein kedelai sangat bagus untuk bayi dan air kelapa banyak mengandung ion-ion yang diperlukan tubuh supaya di kehamilan tri semester ketigaku nanti tidak lemas. Mereka juga wanti2 untuk selalu manjaga kebersihan dan menjauhi unggas serta binatang seperti anjing dan kucing. Kata mama, ada virus toksoplasma dan virus flu yang dibawa sama hewan bisa pindah ke manusia kalau terkontaminasi sama kotoran atau lendirnya. Hii, ambil amannya aja ah, jauh-jauh aja sama binatang sementara waktu ini.
Dear diary, masih banyak lagi yang aku mau ceritakan, ada cerita seru tentang ibu mertua dan mamaku yang kekeuh mau belanja kebutuhan bayi juga buat bayiku, ada ketakutanku juga tentang bagaimana merawat bayi setelah melahirkan, ada deg-degan tentang bagaimana hasil kontrol di dokter dan USG yang akan datang, ooowww, banyak banget yang mau diceritakan. Besok lagi aku lanjutkan ya my sweet diary, aku sudah ngantuk banget soalnya. Mungkin bayi cantik di perutku ingin kami tidur cepat malam ini. 

Love,
Official mom in the next 3 months