Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Yuk Datang ke POSYANDU, Walaupun Kita Merasa Mampu Pergi ke Klinik

Oleh indriyan rino nugroho 15 Mar 2012

Masih segar dalam ingatan saya, ketika isteri sedang masa hamil anak pertama kami. Betapa hati-hatinya kami dalam memperlakukan janin yang ada dalam kandungan isteri. Segala sesuatu yang berhubungan dengan asupan nutrisi, baik untuk bundanya maupun si kecil yang ada dalam kandungan sangat kami perhatikan sekali. Namun kami tak lupa juga mencari informasi tentang bagaimana memberikan nutrisi kepada sang bayi ketika lahir.

Mungkin ini dikarenakan kehamilan yang pertama, kekhawatiran kami terasa begitu berlebihan. Namun syukurlah, tak jauh dari rumah ada sarana pelayanan kesehatan yang bisa dijadikan rujukan.

Kegiatan Posyandu III Ya Posyandu-lah (Pos Pelayanan Terpadu) tempat terdekat kami mencari segala informasi yang berhubungan dengan kehamilan dan asupan gizi yang diperlukan dalam masa kehamilan isteri. Walaupun tidak setiap hari pelayanan ini buka, namun bagi kami informasi yang didapat dari Posyandu ini sudah terasa cukup.

Walaupun dulu selama dalam masa kehamilan tidak ada keluhan, namun isteri masih rajin datang ke Posyandu saat pelayanan ini buka layanan. Biasanya saat itu sang bidan akan memberikan suplemen berupa vitamin atau pil penambah darah untuk menambah stamina dan kesehatan isteri. Dengan sehatnya sang bunda, maka bisa diharapkan kesehatan sang janin di dalam kandungan dapat terjamin dan diharapkan pula bisa tumbuh kembang dengan sempurna.

Petugas yang melayani adalah seorang bidan yang biasanya bertugas di Puskesmas di dekat kampung kami., dengan dibantu oleh masyarakat kampung sebagai kader yang telah dilatih dalam bidang kesehatan dan KB.

Segala informasi bisa diperoleh di Posyandu ini, mulai dari informasi asupan gizi selama masa kehamilan sampai masa kelahiran.  Serta bagaimana cara memberikan asupan gizi kepada sang bayi dengan cara yang baik. Pemberian ASI secara Eksklusif akan selalu ditekankan kepada sang bunda jika nanti sang bayi sudah lahir, yang artinya sang bunda akan ditekankan untuk memberikan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan dengan tanpa memberikan makanan tambahan, cairan ataupun makanan lainnya. Gunanya untuk memberikan perlindungan yang diperlukan sang bayi.

Untuk diketahui syarat pemberian ASI Eksklusif ini adalah :

  • Hanya memberikan ASI saja sampai enam bulan.
  • Menyusui dimulai 30 menit sejak bayi lahir.
  • Berikan kolustrum yaitu ASI yang keluar pada hari pertama yang mempunyai nilai gizi tinggi.
  • Menyusui sesuai kebutuhan bayi.
  • Tidak memberikan cairan atau makanan lain selain ASI.
  • Cairan lain yang boleh diberikan hanya vitamin dan mineral obat dalam bentuk drop atau sirup.

 

Menurut hasil penelitian, bayi yang mendapat ASI Eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar. IQ anak dengan ASI Eksklusif akan lebih tinggi 3-5 poin ketimbang bayi tidak disusui.

Begitu hebatnya ASI Eksklusif, efeknya langsung terlihat pada bayi yang baru empat minggu disusui ibu. Berdasarkan penelitian tersebut efek bayi ASI Eksklusif terlihat saat anak duduk di sekolah dasar. Anak yang waktu bayi mendapat ASI Eksklusif, lebih pintar membaca, menulis dan matematika di usia 5, 7, 11 dan 14 tahun.

Saat menimbang balitaDengan datang ke posyandu selain mendapatkan pelayanan kesehatan, dari petugas, juga sebagai sarana kita untuk bermasyarakat. Kita bisa saling tukar informasi tentang apa-apa saja yang diperlukan dalam masa kehamilan dengan sesama bunda yang datang. Sehingga perilaku kita akan kepedulian terhadap kesehatan diharapkan bisa dapat berubah.

Posyandu di kampung kami selain sebagai tempat pelayanan kesehatan balita dan ibu hamil, juga ada pelayanan untuk para lansia (lanjut usia). Sehingga dengan adanya layanan kesehatan ini, tingkat kesehatan masyarakat bisa lebih diperhatikan  mulai dari ibu hamil, usia balita hingga usia lanjut.

Ayo Dukung Bunda : Kesehatan Bunda Kesehatan Kita !!
http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/

Karena melihat pentingnya Posyandu sebagai pelayanan kesehatan yang terdekat dengan masyarakat, maka pada tahun 2007 Posyandu di daerah kami mendapat bantuan dari pemerintah daerah kami. Bantuan ini berupa alat timbang bagi balita dan suplemen-suplemen yang diperlukan.

Untuk VIDEO-nya bisa dilihat di sini.