Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Yuk, Mengenal Proses Pembuatan Susu di Taman Pintar

Oleh Nutrisi Bangsa 02 Aug 2013

Bersamaan dengan waktu berbuka puasa hari ini, Taman Pintar Yogyakarta memperkenalkan fasilitas terbaru sebagai sarana informasi dan edukasi proses pembuatan susu. Zona ini dinamakan “Sarihusada Nutrition Factory” karena merupakan sarana edukasi persembahan PT Sarihusada Generasi Mahardika.

“Wahana baru ini dirancang dengan tampilan modern menggunakan teknologi replika maupun audio visual untuk mengetahui proses pembuatan produk nutrisi Sarihusada melalui informasi mengenai tahapan-tahapan pada proses produksi, fungsi – fungsi mesin produksi, serta sekilas sejarah dan kegiatan kegiatan sosial Sarihusada,” kata Arif Mujahidin, Head of Corporate Affairs Division, Sarihusada.

Konsep sarana edukasi terbaru ini sungguh menarik. Tidak hanya menyuguhkan diorama, tetapi juga memenuhi keingintahuan pengunjung mengenai sejarah Sarihusada, proses produksi pembuatan produk nutrisi, fungsi mesin – mesin dalam proses produksi dan upaya menjaga kualitas, melalui model media interaktif yang disediakan.

Anak-anak yang datang berkunjung ke Taman Pintar ini akan diberi pengetahuan dasar mengenai betapa begitu kompleks dan higienisnya proses pengolahan susu mulai dari pemerahan, proses produksi, pengemasan hingga proses distribusi ke seluruh Indonesia.

“Cara terbaik pengenalan sesuatu kepada anak-anak, terutama anak usia dini adalah dengan metode Bermain sambil belajar, dimana materi edukasi di campur dalam materi permainan, sehingga proses edukasi terjadi secara menyenangkan. Permainan yang dimaksud lebih berupa mainan yang dapat mereka temukan sehari-hari, yang dekat dengan dunia mereka, yaitu miniatur, seperti mobil-mobilan, rumah-rumahan, boneka dan semua replika dalam bentuk mini,” jelas Arif Mujahidin.

Miniatur Plant

Pada sarana edukasi terbaru ini, terdapat Miniatur Plant, atau miniatur pabrik pengolahan susu. Sarana ini dibuat sebagai alat peraga dalam materi bentuk bangunan mini untuk memperkenalkan kepada anak usia dini melalui bentuk yang menarik supaya anak dan pengunjung lainnya mendapat penjelasan yang lebih nyata. Bentuk-bentuk mesin serta proses pengolahan tidak dibuat 100 persen menyerupai aslinya, namun dibuat sederhana namun tetap menarik supaya anak dapat dengan mudah mengerti proses yang dijalankan.

Aneka tombol interaktif yang dapat membuat anak berinteraksi dengan menekan tombol melengkapi miniatur pabrik ini.

Tujuan miniatur pabrik ini adalah supaya anak dan pengunjung lainnya dapat memperoleh informasi dan gambaran bagaimana proses produksi terjadi tanpa harus berkunjung ke pabrik Sarihusada.

Penjelasan lebih detil dari proses tersebut dapat diperoleh dalam materi interaktif dengan layar sentuh dalam ruang yang sama.

Diharapkan anak-anak dan para pengunjung dapat mengenal dan mengingat bahwa proses pembuatan susu yang mereka konsumsi membutuhkan teknologi tinggi, ketelitian serta dedikasi dari semua orang yang terlibat di Sarihusada.

Renovasi Taman Pintar

Pada kesempatan yang sama, Kepala Taman Pintar Yuniarso mengharapkan bahwa sarana edukasi Sarihusada ini bisa menambah daya tarik pengunjung Taman Pintar dengan tampilan yang lebih menarik.

Pengelola Taman Pintar Yogyakarta sangat menghargai dukungan Sarihusada dalam merenovasi beberapa arena di Taman Pintar seperti Gedung PAUD dan Taman Air Menari serta Wahana Ilmu Pengetahuan “Sarihusada Nutrition Factory “. Upaya ini menjadikan Taman Pintar semakin menarik sebagai obyek kunjungan wisata edukasi keluarga di Yogyakarta.

Sebagai salah satu perusahaan swasta yang pertama kali mendukung keberadaan Taman Pintar yang dipelopori oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, Sarihusada berkomitmen untuk turut terlibat dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, Sarihusada selalu berusaha mempersembahkan sarana edukasi guna mendukung tujuan Taman Pintar Yogyakarta sebagai salah satu obyek wisata edukasi di Indonesia.

Sebelumnya, Sarihusada juga telah merenovasi dan melengkapi alat peraga berbasis teknologi di gedung PAUD Barat dan Timur serta Taman Air menari. Fasilitas PAUD Taman Pintar berlokasi di dua bangunan bersejarah sebagai sarana untuk bermain dan belajar bagi anak-anak balita pengunjung Taman Pintar, melalui penyediaan alat permainan serta informasi yang sesuai dengan anak-anak usia 2-7 tahun untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan dan motorik anak.

Kini, PAUD Taman Pintar dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta video mapping yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Meskipun demikian, beberapa ruang untuk pengembangan motorik anak tetap dipertahankan di PAUD Timur karena bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan perkembangan fisik anak. Diharapkan upaya renovasi PAUD ini bisa memberikan pengalaman bermain dan belajar yang tak terlupakan bagi ribuan anak pengunjung Taman Pintar.