Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

kisah tragis IBU DAN BAYI kurang NUTRISI

Oleh muklisuye 11 Mar 2012

tangisan bayisebelumnya saya disini hanya menceritakan kejadian nyata yang terjadi sekitar 1 munggu yang lalu di desa saya. saya tidak ada maksud untuk mengejek ataupun menyinggung perasaan siapapun. oleh karena itu saya menyamarkan nama asli pelaku dalam peristiwa kisah tragis ini. mengapa harus judul tersebut? karena memang kejadian ini berhubungan erat dengan kekurangan nutrisi, makanya saya berani menuliskannya disini dengan judul yang agak ngeri.

kisah ini bermula ketika seorang gadis(samaran) yang usianya masih 16th harus rela mengorbankan nasibnya karena problem yang dialami kedua orangtuanya hingga berujung perceraian. seusai peristiwa perceraian itu ia memutuskan untuk hidup bersama ibunya. dalam kehidupannya ia pun harus rela membantu pekerjaan ibunya untuk menjadi penyanyi panggung. hal itu tentu sangat berat bagi gadis karena ia juga harus tetap bersekolah. akhirnya ia menjadikan sekolahnya hanya sebagia formalitas saja.

ternyata di sekolah pun penderitaannya bukannya berkurang tapi malah bertambah, sebab ia dihamili oleh seorang lelaki tak bertanggung jawab. sudah jatuh tertimpa tangga pula itulah yang dapat saya gambarkan darinya. karena hamil diluar nikah akhirnya si gadis pun dikeluarkan dari sekolah.

setelah drop out dari sekolah ia pun mencurahkan semua kehidupannya untuk membantu ibunya menyanyi berkeliling mencari event-event atau hajatan. karena saking sibuknya, si gadis tidak sempat memikirkan kehamilannya. ia tidak peduli mau makan apa, tidak peduli mau tidur jam berapa, tidak peduli kesehatan diri juga janinnya, dan yang paling parah ia tidak memperhatikan asupan nutrisi untuk janin yang dikandungnya. Saya lihat ia sering makan dengan makanan instant atau Cuma sekedar beli di warung makan, bahkan ia juga menkonsumsi minuman bersuplemen supaya tetap bisa show di malan hari. Saya sendiri sampai heran, apakah ini yang disebut sulitnya kehidupan hingga ia rela seperti itu?

lalu coba anda bayangkan bagaimana keadaan gadis tersebut? sangat menyedihkan kalau saya boleh bilang. memasuki bulan ketujuh usia kehamilannya, badannya semakin meyusut drastis, mukanya pucat dan kelihatan tak berdaya. mungkin penderitaan yang amat berat sedang ia rasakan pada dirinya.

singkat cerita si gadis pun melahirkan, tapi apa yang dia alami coba? Ternyata kelahirannya pun juga bermasalah. menurut yang saya dengar ia kesulitan dalam melahirkan bayinya. entah karena apa katanya kelahiran bayinya tidak seperti layaknya orang normal. kalau saya menduga sih mungkin karena usianya masih muda/baru kelahiran pertama,selain itu juga efek kondisi tubuhnya yang lemah sebab kekurangan nutrisi.

kondisi yang buruk ini pun juga turut dialami oleh bayi yang dilahirkanyaa. sang gadis yang hanya sebagai single parent kesulitan untuk menghidupi bayinya. ia pun sering menitipkan bayinya kepada neneknya disela-sela ia bekerja. ia juga tidak pernah sekalipun menyusui anaknya dengan ASI karena memang ia belum bisa memproduksi ASI. akhirnya makanan untuk si bayi hanya dicarikan apa adanya. dan yang membuat saya miris, si bayi selalu diberi makanan instant seperti mie instant, snack kemasan, biskuit, dan susunya pun cuma susu sachet. siapa yang tidak mengelus dada kalau sudah begini coba?

akhirnya sang bayi hidup dalam ketidakwajaran dan pertumbuhannya tidak bisa sempurna. saya juga  pernah melihat bayi tersebut diajak oleh neneknya waktu ibunya sedang pergi. kalau saya amati bayi tersebut memang sangat kasihan. tubuhnya mungil, tidak agresif, dan kelihatan lesu. saya juga belum pernah melihat bayi tersebut tertawa ataupun merengek. tapi saya pernah dengar sekali bayi tersebut menangis, dan suarannya pun sangat kecil. saya yakin kalau anda mendengar tangisannya anda pasti akan ikut menangis.

tapi allah memang maha adil, akhirnya penderitaan si bayi mungil tersebut berakhir dengan peristiwa tragis sekitar seminggu yang lalu. bayi tersebut harus mengakhiri hidupnya di usianya yang baru 1 tahun lebih sedikit. peristiwa kematian bayi ini pun menggemparkan warga di desa saya. makanya saya sampai menulisnya di blog ini. yaa kita doakan saja semoga bayi tersebut bisa mendapatkan tempat yang muia di sisi allah.

dan berdasarkan analisa saya, hikmah dari kejadian tersebut adalah menjaga asupan nutrisi memang sangat penting bagi ibu hamil. terlebih lagi untuk menjaga kondisi ibu dan janin agar tetap sehat. oleh karena itu aya ingin mengajak untuk peduli terhadap kesehatan ibu hamil dengan memperhatikan aktivitas, pola makan, serta asupan nutrisi untuk diri dan janinnya.

saya juga menyempat-nyempatkan menulis artikel ini karena saya ingin mendukung nutrisiuntukbangsa.org yang mengkampanyekan betapa pentingnya menjaga asupan nutrisi bagi ibu hamil. dan bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara memenuhi asupan nutrisi bagi ibu hamil agar bisa melahirkan bayi yang cerdas saya rekomendasikan untuk membaca artikel saya tentang tips mencetak bayi cerdas dengan nutrisi seimbang.