Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

tips mencetak bayi cerdas dengan nutrisi seimbang

Oleh muklisuye 08 Mar 2012

adalah hal yang sangat disayangkangkan ketika seseorang mempunyai bayi yang bermasalah, penyakitan, atau bahkan cacat. lalu siapakah yang mau disalahkan kalau sudah begini? pasti semua tidak ingin disalahkan, dan banyak yang bilang takdirlah yang menyebabkan semua itu.

padahal jika kita mau menengok ke belakang, sebenarnya bukan cuma takdir yang dapat membuat itu semua terjadi. okelah, masalah takdir saya tidak bisa angkat bicara,tapi mungkin ketidaktahuan turut menjadi salah satu penyebab kelahiran yang tidak normal. lalu ketidaktahuan seperti apakah yang dimaksud?

oke, sekarang saya mau tanya sama ibu-ibu yang pernah hamil.

apa yang anda fikirkan di saat-saat kehamilan?

apa saja aktivitas yang anda lakukan di saat hamil?

bagaimana pola makan anda di saat hamil?

tahukah anda apa yang dibutuhkan oleh janin anda?

apakah anda sudah punya planning untuk masa depan bayi anda?

itu mungkin baru sedikit dari banyak pertanyaan yang muncul di benak saya. lantas apakah semua itu terfikirkan oleh anda para ibu-ibu hamil?. saya yakin belum banyak yan berfikiran sampai segitu. itulah sebab saya mengatakan “ketidaktahuan”. yakni ketidaktahuan untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan saat hamil.

kalau begitu, sekarang mari kita hapus ketidaktahuan itu. dan disini saya akan mengajari anda bagaimana caranya mencetak anak yang cerdas dengan usaha-saha yang dilakukan disaat sang jabang bayi masih di dalam kandungan.

sebetulnya banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk mencetak anak yang cerdas sejak dari kandungan. tapi disini saya akan memberikan satu metode saja tapi yang paling ampuh. apakah gerangan metode tersebut?? tunggu jawabannya beso pagi.

nutrisi, adalah formulasi yang paling ampuh untuk mencetak anak yang cerdas sejak dalam kandungan. menurut saya nutrisi ini sangat erat kaitannya dengan kecerdasan dan kesehatan janin. lho kok bisa begitu? yaa percaya nggak percaya, coba deh anda bandingkan sendiri bayi yang  nutrisinya tercukupi dengan bayi yang kekurangan nutrisi. perbedannay pasti bisa kita lihat langsung dari berbagai segi. misalnya, kesehatnnya, kemampuannya, berat badannya, dsb.

nah kali ini, saya punya metode baru dalam mencetak anak yang cerdas sejak dalam kandungan. caranya yaitu dengan memberikan nutrisi yang cukup bagi ibu yang sedang hamil sehingga pertumbuhan sel-sel otak dan organ tubuh sang janin bisa optimal, dan diharapkan hasil akhirnya nanti sang anak bisa menjadi anak yang cerdas sekaligus sehat.

lalu apa yang harus dilakukan oleh ibu-ibu hamil?

mudah sekali kok, dan yang pasti nggak akan bikin saing ibu jadi terbebani. yang harus dilakukan yaa cuma menambah porsi nutrisi dalam makanan, dan yang perlu diketahui nutrisi itu enak lho. jadi saya jamin ibu-ibu bakalan suka dengan cara ini.

lalu makanan seperti apa yang dapat memenuhi nutrisi untuk ibu dan janin?

makanan tersebut tentu harus memenuhi beberapa aspek. seperti nilai gizi yang memenuhi sayarat, dapat menyuplay protein, dapat mecukupi kebutuhan karbohidrat. dan yang tak kalah penting juga harus memenuhi kebutuhan mineral.

nah jika anda kesulitan menemukan makanan yang memenuhi kriteria diatas, berikut saya sajikan beberapa menu yang pas untuk memenuhi nutrisi ibu dan bayi:

1. asam folat

                ternyata asam folat ini berfungsi untuk proses pembentukan sel otak. jadi kalau ingin bayi anda nanti punya otak yang brilliant, maka asam folat-nya harus tercukupi. dan kalau sampai kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan gagalnya pembentukan sel otak yang sempurna, sehingga dikhawatirkan menimbulkan cacat bawaanpada susunan saraf pusat dan otak calon bayi.

2. protein

                protein diperlukan untuk pembangunan sel-sel baru janin dan utntuk pembentukan semua bahan pengatur hormon. protein juga menjadi struktur dasar bagi pembentukan organ-organ dalam tubuh. oleh karena itu, untuk pemenuhan nutrisi protein, saya anjurkan bagi ibu-ibu hamil untuk mengkonsumsi 2 butir telur setiap hari.

3. kalsium

                kalau yang satu ini dampaknya bila tidak terpenuhi akan berbahaya bagi ibu yang hamil. pasalnya di masa pertumbuhan, janin akan membutuhkan suplay kalsium yang cukup banyak. sehingga apabila sang ibu tidak bisa memenuhi, konsekuensinya janin akan mengambil persediaan kalsium yang ada dalam tulang ibu. dan kalau sudah begini, ibu-ibu harus siap-siap kalau terkena osteoporosis.

4. zat besi

                perlu diketahui bahwa volume darah seorang ibu yang sedang hamil bisa meningkat sampai 30%. jadi kalau nutrisi zat besi yang dikonsumsi tidak seimbang maka bisa-bisa sang ibu bisa menderita anemia, dan proses melahirkan pun bisa terganggu.

5. karbohidrat

                ibu hamil perlu lebih banyak tenaga untuk beraktifitas seperti biasanya. karbohidrat sangat berguna untuk menghasilkan energi. jadi karbohidrat dapat membantu ibu hamil untuk tetap bisa beraktifitas di saat hamil tanpa harus kecapekan.

itulah tips yang bisa anda gunakan bila anda ingin mencetak anak yang cerdas sejak dari usia kandungan. semoga info yang sedikit ini bisa memberikan arti yang besar bagi anda ibu-ibu yang sedang memperjuangkan nasib sang bayi. dari saya sekian dulu, saya doakan bayi anda nanti bisa lahir dengan sehat, dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

artikel ini dipersembahkan untuk http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/