Makanan Yang Baik Dikonsumsi Pada Trimester Pertama

Oleh Nutrisi Bangsa 18 Mar 2015

oat

Sahabat nutrisi,

Masa awal kehamilan, atau trimester pertama kehamilan, seringkali diikuti dengan perasaan tidak enak seperti mual dan muntah, atau yang dikenal dengan morning sickness.

Meski demikian, ibu tetap perlu menjaga asupan makanan yang harus dikonsumsi. Ibu hamil, khususnya pada trimester pertama ini, membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk mendukung perkembangan janin yang dikandung, terutama perkembangan sel saraf.

Harus diakui perubahan hormonal yang dialami dalam tiga bulan pertama kehamilan mempengaruhi stamina. Oleh karena itu, ibu harus selektif dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi.

Makanan yang banyak mengandung asam folat, protein, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk menjalani masa kehamilan.

Berikut beberapa jenis bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil, khususnya pada trimester pertama:


Sayuran, terutama sayuran hijau sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa mual atau morning sicknes yang dialami di awal kehamilan. Selain itu, sayuran hijau seperti bayam banyak mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Menu sayur bening bayam dengan jagung manis dapat menjadi pilihan yang sehat dan segar.

Buah. Selain sayuran, ibu hamil juga perlu mengonsumsi buah. Buah apel atau pisang bisa jadi pilihan camilan yang tepat. Pisang merupakan buah yang kaya akan asam folat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel otak bayi. Penyajian buah dapat divariasikan agar ibu tidak bosan dengan penampilan yang itu-itu saja, misalnya dengan mengolah buah menjadi salad atau jus buah.

Seafood. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam beberapa jenis makanan laut atau seafood membantu pembentukan otak janin yang memang sudah dimulai sejak awal kehamilan.

Susu dan/atau produk olahannya. Ibu hamil membutuhkan asupan protein yang tinggi, terutama di awal kehamilan. Susu, merupakan salah satu sumber protein yang dapat dikonsumsi inu hamil. Begitu juga berbagai produk olahan susu, seperti yoghurt, keju maupun puding. Protein sangat penting untuk pertumbuhan jaringan sel dan memperbaiki jaringan sel yang rusak. Bahkan keju sebagai salah satu produk olahan susu mengandung kalsium, yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Sereal. Sangat baik dikonsumsi setiap hari, karena mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat dan kalsium yang baik untuk mendukung aktivitas ibu dan janin. Roti gandum juga dapat menjadi pilihan, lho.

Kacang-kacangan. Bahan pangan ini juga sangat baik dikonsumi ibu hamil. Kandungan protein yang terdapat didalamnya dapat bermanfaat sebagai energi. Selain itu kandungan asam folat dan vitamin B yang terdapat dalam kedelai, kacang merah, serta kacang hijau sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Sumber: Fimela