Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tanya Sekarang

Member of the month (September 2013)

Nama Lengkap
:

Sahabat nutrisi,

Ingat tidak, salah satu artikel pemenang lomba penulisan blog Jelajah Gizi 2 mengangkat cacing sebagai salah satu kekayaan kuliner kita?

Cacing yang dimaksud adalah sejenis cacing yang hidup di dasar laut, di antara batu-batu karang. Di kalangan masyarakat Lombok dikenal dengan sebutan Nyale. Bahkan setiap tahun diadakan Festival Bau Nyale, atau menangkap nyale yang memang hanya muncul setahun sekali.

Nyale dianggap sebagai pertanda. Jika banyak nyale yang keluar, maka menandakan pertanian penduduk akan subur dan berhasil.

Nah, kita berkenalan dengan penulis artikel “Cacing Kaya Gizi Yang Muncul Setahun Sekali”, mbak Defi Laila Fazr, yuk.

Hai, mbak Defi. Apa kabar?

Kita ingin berkenalan dengan mbak Defi, nih. Boleh diceritakan sedikit mengenai diri mbak Defi?

Wah, surprise banget bisa kepilih jadi member of the monthnya NUB, secara udah lama banget gak nulis di webnya.

Hhehe.. Oke, namaku Defi Laila Fazr. Mahasiswi yang doyan banget jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Suka banget baca dan menulis cerita perjalanan.

Belakangan aku lebih sering ada di kosan, nyelesaiin thesis yang semoga bisa kelar awal tahun depan.

Bagaimana perkenalan Mbak Defi dengan Nutrisi Untuk Bangsa?

Pertama kali tau tentang NUB, waktu ada lomba blog Jelajah Gizi 2. Kebetulan tema yang dilombakan berhubungan sama genre blogku yang travel blog.

Hadiahnya jalan-jalan gratis pula. Otomatis ikutan dong yaa. Walaupun taunya di detik-detik terakhir deadline, Alhamdulillah kepilih jadi salah satu pemenangnya.

Bagaimana pendapat Mbak Defi tentang Nutrisi Untuk Bangsa? 

Websitenya informatif banget. Berasa baca ensiklopedia kesehatan. Ini juga yang jadi salah satu alasan kenapa aku mau ikutan lomba blognya. Karena sama sekali gak berbau promosi produk.

Melalui lomba blog Jelajah Gizi, secara nggak langsung NUB mengajak pesertanya untuk mengedukasi diri sendiri supaya melek gizi.

Karena artikel yang dilombakan harus dilengkapi dengan kandungan gizi, otomatis kita jadi cari tahu sana-sini. Kalau bukan karena dilombain, belum tentu, kan, kita mau repot-repot nyari tahu kandungan gizi makanan yang diulas.

Begitu artikelnya tayang di web dan dibaca member lain, jadi semakin banyak deh orang yang bisa tercerahkan a.k.a melek gizi. Salut deh sama upaya NUB dan program melek gizinya.

Bagaimana kesan-kesan Mbak Defi selama mengikuti Jelajah Gizi 2 di Kepulauan Seribu?

Seneng banget pastinya. Bisa island hopping ke enam pulau sekaligus, siapa coba yang nggak ngiri. Hhehe..

Apalagi selama disana kita nggak cuma sekedar jalan-jalan biasa menikmati alamnya aja, tapi juga bercengkerama, bertukar cerita dengan masyarakatnya. Juga diajak untuk lebih mengenal seluk-beluk komoditasnya.

Kebetulan aku doyan banget sama rumput laut dan ikan teri. Bisa dapet pencerahan tentang kandungan gizinya, terus nyicipin hasil olahan Chef Opick, plus diajarin cara ngolah dua makanan ini supaya lebih menggugah selera, itu ibarat wisata plus-plus deh.

Asyiknya lagi, bisa ketemu temen-temen baru, terutama temen-temen blogger yang kece berat. Ketemu mereka berasa ketemu temen lama, entah kenapa, gampang banget nyambungnya. Nah kan, jadi bikin kangen. Jadi kapan acara reuniannya NUB? Hhehe..

Bagaimana pendapat Mbak Defi tentang ide Jelajah Gizi ini?

Idenya sederhana. Tapi belum tentu semua perusahaan mau repot-repot bikin CSR seperti ini. Bukan cuma sekedar menunaikan tanggung jawab sosial. Tapi benar-benar menunjukkan kepedulian. Nggak heranlah kalau NUB menerima banyak penghargaan.

Bisakah diceritakan darimana mbak Defi mendapat ide tulisan “Cacing Kaya Gizi Yang Muncul Setahun Sekali’?

Waktu lagi nyusun itinerary ke Lombok, nemu artikel Festival Bau Nyale. Menarik sekali latar belakang legenda dan tradisinya. Pas NUB ngadain lomba blog, langsung kepikiran buat nulis tentang nyale deh.

Apakah dan kapan Mbak Defi akan menyumbangkan tulisan lagi di website NuB?

Pengennya sih bisa sering-sering. Tapi, kan, nulis di website NUB itu nggak bisa sembarangan. Harus informatif, akurat, dan terpercaya sumbernya. Jadi berhubung sekarang belum ada bahan, nunggu undangan NUB aja lah yaa. ;)

Oooo baiklah, nanti ikut lomba blog lagi ya mbak.. Kali ini temanya tentang mempersiapkan anak menjadi pemimpin lho.. Satu lagi nih, adakah pesan yang ingin disampaikan untuk Nutrisi Untuk Bangsa?

Bukan pesan sih. Tapi harapan. Semoga program jelajah gizi bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Dan semoga aku bisa terus dilibatkan dalam program melek gizinya NUB. *Kode supaya kepilih lagi jadi petualang jelajah gizi 3. Hhihi..

Apakah ada account twitter dan FB? Boleh dishare?

@TraveLafazr. Intip juga blogku di defilailafazr.wordpress.com yaa.

Terima kasih NUB. Sukses selalu

Terima kasih, mbak Defi.. Semoga sukses dengan thesisnya :)

Periode lainnya