Persiapan dan Tanda Bahaya Persalinan

Oleh Nitya Harinda Putri 05 Mar 2012

Persiapan persalinan

Menentukan persiapan persalinan diantaranya penolong persalinan ( dokter/ bidan, dukun ), biaya persalinan, donor darah, transportasi, pilihan tempat rujukan, pendamping persalinan, perlengkapan / pakaian ibu dan bayi

Tanda-tanda Persalinan:

1. Lendir bercampur darah keluar dari jalan lahir
Pengeluaran lendir bercampur darah, terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir yang berwarna kemerahan karena bercsampur darah
Apa yang harus dilakukan?
Pengeluaran darah dan lendir dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai anda mendapat kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah, sebelum anda pergi ke rumah sakit. Anda harus menghubungi nakes bila terjadi perdarahan hebat

2. Air ketuban pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehionggga air ketuban keluar (normal air ketuban adakah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau0.
Apa yang harus dilakukan?
Hubungi nakes dan segera ke fasilitas kesehatan, wapaupun anda belum merasakan kontraksi, karena ini menjadi resiko infeksi. Sementara diperjalan gunakan pembalut wanita agar dapat mnyerap cairan ketuban yang keluar.

3. Kontraksi yang teratur
Tidak seperti kontraksi braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas delkat saluran telur ke seluruh rahimm, dan nyeri tidak hilang/ berkurang dengan istirahat atau elusan.
Apa yang harus dilakukan?
Ketika kontraksi teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Catatlah lamanya waktu antara satu kontraksi dengan kontraksi berikut, dan lamanya kontraksi berlangsung. Persalinan hanya terjadi bile kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu di rumah atau beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit. Jangan lupa membawa tas yang sudah anda siapkan

Hal-hal yang harus dilakukan ibu bersalin
1. Proses persalina berlangsung 12 jam sejak terasa mulas. Jadi ibu masih bisa makan, minum, BAK, dan jalan-jalan
2. Jika mulas-mulas bertambah, terik nafas panjang melalui hidung dan mengeluarkan melalui mulut
3. Jika ibu merasa ingin BAB berarti bayi akan lahir segera beri tahu nakes
4. Ikuti anjuran nakes kapan ibu harus mengejan waktu bayi akan lahir.

Tanda-tanda bahaya ibu bersalin
1. Ketuban pecah dini
Normalnya ketuban pecah beberapa saat sebelum melahirkan. Jikqa sebelum tanggal perkiraan persalinan ibu talah merasa keluarnyacairan dalm jumlah banyak dari kemaluan (pecahnya ketuban), Segeralah ke Nakes, karena ketuban pecah dini meningkatkan resiko terjadinya infeksi.
2. Perdarahan
Perdarahan pada kehamilan lanjut ( Ususia kehamilan > 20 minggu) meskipun sangat sedikit dapat merupakan ancaman bagi ibu dan janin. Ibu perlu segera mendapatkan pertolongan di Nakes.
3. Pergerakan janin berkurang
Berkurang atau hilangnya pergerakan janin dapat merupakan suatu tanda gawat janin yang dapat berakhir denagn kematian janin. Karena itu sebaiknya ibu mengerti cara menghitung pergerakan janin dalam satu hari, dan segera ke Nakes jika menduga pergerakan janin berkurang. Pemnantauan pergerakan janin harus sudah duimual;ai sejak awal, yakni sejak ibu merasa pergerakan janinnya, karena ibu sendirilah yang paling tahu dan mungkin mendeteksei kesehatan janinnya, bisanya memperhatikan gerakan janin setiap hari, dianjurkan untuk memperhatikannya pada malaam hari, saat itu janin sedang ’bangun’. Caranya : ibu berbaring ( malam hari dan menghitung gerakan janin selama 20 menit. Januin yang sehat akan bergerak labih dari 5 kali dalam 20 menit. Apabila ini terjadi, janin ibu akan baik selama 24 jam berikutnya sehingga dengan memantau gerakan janin ibu dapat memprediksi kesehatan janin setidaknya 24 jam ke depan. Apabila janin bergerak kurang dari 5 kali dalam 20 menit segera hubungi nakes untuk mndapatkan pemantauan yang lebih akurat dengan cara NST (Non Stress Test)
4. Tekanan darah meningkatTekanan darah meningkat tanpa pemeriksaan tensi darah sulit diketahui, tetapi apabila ibu merasa bengkak pada kaki yang tidak hilang setelah diistirahatkan, bengkat pada punggung tangan, bengkak pada kelopak mata atau bagian tubuh lainnya segera hubungi nakes karena kemungkinan ibu terancam pre-eklampsi (keracunan kehamilan).