Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips Sehat dan Bugar di Hari Raya

Oleh Nutrisi Bangsa 18 Aug 2012

Sahabat nutrisi, Hari Kemenangan selalu disambut meriah dan suka cita. Saling bersilaturahim dan bermaaf-maafan. Berkunjung ke rumah kerabat dan sahabat.

Aneka penganan yang lezat-lezat turut memeriahkan Hari Raya. Untuk kita di Indonesia, sajian ketupat dengan gulai, opor, rendang dan sebagainya masih merupakan menu favorit. Ditambah dengan aneka kue yang ditata cantik di ruang tamu. Tentulah sangat menggugah selera.

Akan tetapi, sahabat nutrisi, di balik segala kelezatan itu umumnya terkandung lemak dan kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kita perlu bijak sebelum menyantap aneka hidangan itu, tidak perlu kalap dan lapar mata dalam menikmatinya. Sayang ‘kan kalau tubuh dan pencernaan kita yang sudah beristirahat selama sebulan, tiba-tiba dibebani aneka makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan kita, bukan?

Nah, tips berikut ini dapat dicoba agar tubuh kita tetap sehat dan bugar selama dan sesudah Hari Raya:

  1. Kurangi makanan yang terlalu berlemak, seperti yang bersantan, goreng-gorengan dan yang serba manis. Tentu saja kita boleh mencicipi, tetapi ambillah dengan porsi kecil. Untuk hidangan utama, sebisa mungkin hindari kuahnya, nikmatilah ketupat dengan opor, rendang atau gulai tanpa kuahnya, ayam tanpa kulitnya dan daging tanpa lemaknya. Jika memungkinkan, pilihlah makanan yang tidak digoreng, melainkan dipanggang, di-steam, dikukus, direbus atau dipepes.
  2. Tambahkan aneka menu sehat pada hidangan Lebaran anda, sahabat nutrisi. Seperti sup sayuran bening, pepes ikan, lalapan, asinan betawi, rujak dan sebagainya.
  3. Hidangkan dan konsumsilah buah segar.
  4. Hindari minuman manis, seperti soft drink, punch maupun sirup. Perbanyak minum air putih.

Nah, setelah Hari Raya, kita kembali ke pola makan yang biasa, sahabat nutrisi. Jangan lupa pola makanan sehat dan seimbang ya, dilengkapi dengan olah raga yang teratur. Niscaya kita akan tetap sehat dan bugar.

Selamat menikmati Hari Raya!