Tips Agar Nyaman Saat Melahirkan

Oleh Nutrisi Bangsa 14 Jan 2015

bld164571

Sahabat nutrisi,

Melahirkan merupakan pengalaman yang luar biasa bagi setiap ibu. Hanya saja, terutama bagi beberapa ibu yang baru pertama kali melahirkan, seringkali dilanda rasa takut kesakitan. Hal ini membuat perasaan tidak nyaman dalam menghadapi saat melahirkan.

Padahal, proses melahirkan merupakan proses alamiah, yang mestinya dapat dinikmati oleh setiap ibu dan bayi. Oleh karena itu, rangkaian persiapan melahirkan hendaknya berpusat pada ibu dan bayi, sementara dokter, bidan maupun tenaga medis lainnya hanyanya sebagai pembantu.

Yessie Aprilia, seorang bidan dan pemilik Klinik Bidan Kita di daerah Klaten, Jawa Tengah, memberikan tips menjalani persalinan dengan nyaman, atau yang dikenal dengan sebutan Gentle Birth:

Menerima diri sendiri. Perempuan yang mengalami kehamilan hendaknya sadar betul bahwa ada manusia baru di dalam tubuhnya, sehingga dengan begitu dapat menerima berbagai perubahan tubuhnya dengan wajar dan mudah menyesuaikan diri.

Mengatur nafas. Pernafasan adalah teknik yang utama dalam melahirkan. Latihan pernafasan ini sangat penting untuk mengolah udara dalam tubuh agar mampu meredam rasa sakit dan mengubahnya menjadi perasaan bahagia. Lama latihan pernafasan ini berkisar antara 20 sampai 37 minggu.

Mempersiapkan fisik. Dengan menyadari bahwa tubuh akan menanggung tambahan beban, maka dibutuhkan energi dan kekuatan ekstra. Oleh karena itu, persiapan fisik menjadi sangat penting. Bidan Yessie merekomendasikan agar semua ibu hamil melakukan olahraga, terutama olahraga kombinasi antara gerakan, pernafasan an kesadaran, seperti yoga, renang, dan taichi.

Relaksasi, yang bertujuan untuk menenangkan pikiran. Rasa rileks yang dialami ibu hamil akan membuat proses melahirkan menjadi lebih mulus dan lancar.

Menyembuhkan trauma. Jika ibu sudah pernah melahirkan dan masih belum bisa melupakan rasa sakit yang dialaminya saat melahirkan, maka ia harus menyembuhkan traumanya terlebih dulu. Ibu dapat meminta tolong dokter ahli untuk mengatasi trauma melahirkan. Melahirkan, kata bidan Yessie, seharusnya menyenangkan, karena pada saat melahirkan hormon yang dikeluarkan adalah hormon oksitosin, yang membuat perasaan menjadi gembira.

Sumber: Tempo