Tips Jelang Persalinan oleh Bunda Dewi Rahmayanti

Oleh Nutrisi Bangsa 21 May 2014

Sahabat nutrisi

Beberapa hari yang lalu @Nutrisi_Bangsa sempat melakukan tanya jawab seru dengan salah satu Sahabat Nutrisi melalui akun Twitternya, mengenai pengalamannya seputar menjelang persalinan.

Seperti apa cerita dan tips #JelangPersalinan yang diperoleh dari Bunda Dewi K. Rahmayanti ini? (https://twitter.com/dewikr)

Yuk kita baca ulang di rangkuman berikut ini.
1978665_10152309828918491_1012749300_n

NUB: Mumpung sedang membahas tips #JelangPersalinan, NUB hari ini mau tanya-tanya pada salah satu sahabat nutrisi. Halo Bunda Dewi, kenalan yuk dengan Sahabat Nutrisi di sini, lalu boleh dong kita ngobrol dengan hashtag #JelangPersalinan.

Dewi: Hai-hai, apa kabar Tim NUB? Deg-degan nih mau share pengalaman #JelangPersalinan , krn jadi teringat masa-masa itu. Hai, sahabat nutrisi, saya Dewi, ibu 1 anak yang ingin share pengalaman #JelangPersalinan . Kalau diceritakan semua, panjang! Mau tau apa nih? :D
NUB: Sering sekali lihat Bunda di acara-acara NUB, jadi ingin ngobrol sedikit soal masa #JelangPersalinan. Itu sudah berapa tahun lalu tuh?

Dewi: Cerita #JelangPersalinan Ghandar (nama anak saya) itu 4 tahun lalu, tapi setiap momentnya masih teringat jelas banget!
NUB: Berarti anak pertama ya? Lalu, deg-degan gak sih? Persiapannya apa saja untuk #JelangPersalinan. Misalnya dari segi psikologis? :)

Dewi: Deg-degan banget pas #JelangPersalinan. Tapi melahirkan kan proses alamiah, kalau orang lain bisa, saya pikir saya juga akan bisa. Persiapan #JelangPersalinan? Saya perbanyak membaca, membaca dan membaca. Membekali dengan pengetahuan, mumpung masih sempat :)
NUB: Ternyata persiapan #JelangPersalinan Bunda Dewi banyak baca, sahabat nutrisi. Selain bisa dilakukan untuk me-time, juga menambah wawasan. Lalu sempat ikut kelas hamil?

Dewi: Selama hamil saya pindah-pindah, dari Bali, Jakarta lalu Bengkulu. Jadi ngga ikut kelas-kelas hamil / hypnobirthing. :\ #JelangPersalinan
NUB: Wah, selama hamil banyak traveling? Apakah tidak riskan? Lalu tidak ikut kelas-kelas hamil, #JelangPersalinan tetap lancarkah?

Dewi: Pada saat trimester pertama, dokter sempat melarang traveling karena keluar flek, takutnya kandungan belum kuat. Tapi ketika sudah tidak keluar flek lagi, dan tidak ada masalah dengan kandungan, dokter memperbolehkan traveling. Oiya, pada saat hamil itu saya sempat jalan2 ke Singapore, Bandung, Kediri juga untuk liburan. :D
NUB: Berarti dokter melarang traveling di trimester pertama ya. Lalu sudah boleh jalan-jalan lagi itu saat trimester berapa?

Dewi: Saya mulai travelling dari trimester 1 setelah flek berhenti sampai dengan kehamilan usia 32 minggu. Eh, 34 minggu ding! Tapi itu ngga rekomen ya, karena regulasi airline batas maksimal terbang adalah 28 minggu.
NUB: Jadi sebelum Ghandar lahir sudah jalan-jalan duluan ya? Kalau tadi kan tips karena dirimu pindah-pindah, lalu ada tips #JelangPersalinan lainnya?

Dewi: kalau share tips #JelangPersalinan ada banyakkk banget, gapapa ya di-share panjang lebar? :D

Pertama: perbanyak pengetahuan. Baca buku, majalah, gabung forum, tanya-tanya yang sudah pernah melahirkan. #JelangPersalinan

Kedua : perbanyak olahraga. Jangan malas ya :D Renang, ikut senam hamil, yoga atau hynobirthing. Olahraga ini membantu sekali fisik kita pada saat #JelangPersalinan , tapi pastikan memilih olahraga yang aman dengan kondisi kandungan

Ketiga : persiapan perlengkapan dan baju bayi sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, karena saat #JelangPersalinan kita udah kelelahan:D

Kemudian baiknya rencanakan juga mau melahirkan di mana, jangan memutuskan pada saat #JelangPersalinan sudah dekat , biar tidak panik dan lebih tenang.

Terakhir, tidak perlu terlalu khawatir. Melahirkan itu proses alami, semua orang mampu melakukannya. Apalagi dengan teknologi kedokteran yang sudah canggih seperti sekarang, selalu ada back up treatment. :) #JelangPersalinan

NUB: Waw, tips dan trik #JelangPersalinan ala Bunda Dewi ini sangat informatif ya. Semoga membantu sahabat nutrisi yg sdg siap2 melahirkan jg. :)

Nah, sahabat nutrisi, sekian Q & A dengan Bunda Dewi seputar #JelangPersalinan. Terima kasih Bunda, salam untuk si buah hati. :)

Ingin jadi Followers of The Week seperti Bunda Dewi?

Follow Twitter @Nutrisi_Bangsa dan jangan ragu untuk mention kami ya! :)