Manfaat Keterlibatan Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Oleh Nutrisi Bangsa 17 Sep 2014

ptg02949526

Sahabat nutrisi,

Bukan hanya ibu lho yang berdebar-debar menantikan kelahiran si kecil, ayah juga mengalami perasaan yang sama. Kendati seringkali perasaan itu tidak diperlihatkan, sesungguhnya para ayah sangat mendambakan untuk segera membesarkan, mengasuh dan mendidik si kecil.

Peran ayah tak kalah pentingnya dengan peran ibu dalam tumbuh kembang anak. Selain pemenuhan kebutuhan materi, ayah juga berperan penting dalam pengembangan kepribadian dan psikologi anak. Bahkan tak jarang ada saat-saat di mana si kecil lebih mencari ayahnya daripada ibu.

Perbedaan karakteristik antara ayah dan ibu menjadi alasan mengapa ayah harus menjalin hubungan yang erat dengan anak.

Yuk, kita simak apa saja peran ayah bagi tumbuh kembang anak.

1. Problem solver, atau penyelesai masalah. Si kecil dapat belajar dari contoh yang ditunjukkan ayah bagaimana mengambil keputusan, dan menghadapi konsekuensinya. Si kecil akan terbiasa mengambil keputusan dengan tepat setelah mempertimbangkan baik buruknya. Sehingga anak dapat terhindar dari tindakan yang agresif.

2. Teman bermain, biasanya kegiatan bersama ayah merupakan kegiatan fisik yang menguras tenaga, misalnya olahraga. Anak tidak hanya dapat melatih otot dan koordinasi, akan tetapi juga belajar mengenai aturan-aturan permainan dalam olahraga tersebut, serta saling berbagi giliran.

3. Pembimbing atau pemandu, ayah dapat mencontohkan perilaku yang baik, membantu si kecil membedakan benar-salah, membiarkan si kecil mengalami akibat dari perbuatan mereka. Ayah dapat berperan sebagai pemberi kritik dan koreksi jika si kecil melakukan perbuatan yang tidak baik, juga sebagai pemberi pujian jika si kecil berbuat baik.

Ayah juga bertanggungjawab dalam pengasuhan anak, juga harus terlibat dalam mempersiapkan anak menghadapi dunia luar dan masa depan.

Ayah yang meluangkan waktunya untuk terlibat dalam pengasuhan anak memberikan pesan langsung pada si kecil bahwa dirinya penting. Hal ini akan berdampak positif bagi rasa percaya diri dan harga diri anak.

Ayah yang baik akan membina hubungan yang dekat dengan anaknya sejak dini. Jadilah Ayah yang turut aktif dalam pengasuhan anak sehingga anak menyadari keberadaan dan peran Ayah dalam kehidupannya

Sumber: AyahBunda