Tips Memilih Popok

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 21 Apr 2015

Sahabat nutrisi,

Dewasa ini banyak sekali merek popok, terutama popok sekali pakai, yang beredar di pasaran. Hal ini tentunya sering kali membingungkan kita dalam memilih popok yang bagus dan cocok untuk si kecil.

Akan tetapi, ternyata popok sekali pakai dianggap tidak baik jika terlalu sering digunakan, karena kita tinggal di negara tropis dan lembab. Hal ini akan menyebabkan pemakaian popok sekali pakai ini akan membuat tidak nyaman, merasa gerah dan lembab. Juga berpotensi menyebabkan iritasi kulit dan tumbuh jamur pada kulit si kecil. Untuk itulah disarankan bahwa popok sekali pakai digunakan saat bepergian.

Gunakan celana atau popok berbahan katun untuk pemakaian sehari-hari agar kulit bayi dapat leluasa bernafas. Gunakan alas berbahan karet atau perlak agar kotoran tidak mengotori maupun membasahi tempat tidurnya. Kemudian kenalkan konsep toilet training secara bertahap begitu ia memasuki usia 12 - 18 bulan.

Namun begitu, popok sekali pakai tetap dibutuhkan, terutama jika hendak bepergian. Berikut beberapa tips memilih popok sekali pakai untuk si kecil:

Pilih popok yang banyak menyerap pipis si kecil, terutama jika melakukan perjalanan jauh.

Pas dengan ukuran tubuh si kecil agar tidak kesempitan atau kebesaran yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Mudah ditemukan di toko-toko, agar kita tidak kesulitan mencarinya.

Tidak sulit kan? Yang terpenting adalah kita rajin mengecek apakah si kecil sudah harus mengganti popoknya agar terhindar dari ketidaknyamanan akibat kotoran, yang dapat menyebabkan sakit.