Berenang Yuk, Nak

Oleh Nutrisi Bangsa 20 Aug 2014

bld200620

Sahabat nutrisi,

Hampir setiap anak menyukai air. Memang bermain air merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Coba ingat-ingat, berapa sering anda mengingatkan si kecil agar tidak main air, bahkan pada saat mandi.

Berenang dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga di akhir pekan. Memperkenalkan dan membiasakan anak berenang sejak dini merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini akan membuat anak tidak ketakutan dan panik jika terjatuh ke dalam air. Dengan latihan yang tepat anak-anak akan paham bagaimana cara mencegah dan menyelamatkan diri dari kecelakaan, seperti tenggelam.

Namun, orangtua tetap harus menjaga mereka supaya selamat, dan tidak lengah ketika berada di kolam renang.

Berikut beberapa tips keamanan ketika berenang dengan si kecil:

1. Selalu awasi anak-anak, selama mereka berada di sekitar air atau kolam. Jika anda harus ke kamar kecil atau keperluan penting lain, bawalah si kecil bersama anda.

2. Perhatikan alat keselamatan yang terdapat di kolam renang untuk berjaga-jaga jika terjadi hal darurat. Pastikan juga kolam renang tersebut memiliki lifeguard yang handal.

3. Persiapkan obat-obatan pribadi, terutama jika si kecil memang memiliki penyakit bawaan seperti asma. Pastikan juga anda telah menyimpan nomor-nomor darurat.

4. Perhatikan alat permainan yang terdapat di kolam renang. Pastikan alat-alat itu aman untuk anak.

5. Jangan berenang selama satu jam setelah makan untuk menghindari kejang otot dan kram, yang dapat beresiko tenggelam

6. Oleskan tabir surya agar kulit si kecil tidak terbakar matahari.

7. Lakukan pemanasan sebelum mulai berenang. Anda dapat mengajak si kecil melakukan senam ringan atau lari di tempat.

8. Jika anda mengajak berenang di pantai, hindari pantai yang berombak tinggi dan arus yang kuat. Patuhi aturan yang terdapat di setiap pantai.

Nah, selamat berenang dan bersenang-senang ya..

Sumber: Kompas