Orangtua melek teknologi

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 02 Aug 2016

Sahabat nutrisi,

Di masa sekarang ini, pemahaman yang luas tentang teknologi sangat dibutuhkan orangtua agar dapat mendampingi anak-anak yang sejak lahir pun sudah bersentuhan dengan teknologi.

Hal ini menjadi penting karena kemajuan teknologi dan kemudahan berkomunikasi, serta mengakses segala informasi jika tidak dibarengi oleh kedewasaan berpikir dapat menjadi masalah, terutama untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, orangtua yang melek teknologi dapat membantu mengurangi jarak atau kesenjangan antara orangtua dan anak.

Beberapa masalah karena kemajuan teknologi untuk anak misalnya cyberbullying, pornografi, radikalisasi, dan sebagainya.

Apa saja sih yang harus dilakukan orangtua untuk menjadi melek teknologi sekaligus melindungi anak-anak dari penyalahgunaan teknologi?

Yuk simak beberapa kiat ini:

  • Ikut belajar, merupakan satu-satunya cara agar orangtua tidak ketinggalan informasi mengenai teknologi. Bahkan orangtua dan anak dapat bersama-sama mempelajari berbagai hal terkait teknologi, termasuk berbagai aplikasi-aplikasi terbaru, atau tren digital.
  • Orangtua haruslah terus mengusahakan keseimbangan, sekalipun banyak hal positif yang dapat diperoleh dari teknologi, namun pastikan seluruh anggota keluarga juga memiliki kegiatan lain, terutama fisik. Keseimbangan ini sangat penting untuk mendukung kesehatan, keselamatan dan kebahaggiaan.
  • Orangtua harus menjadi teladan bagi anak-anak. Tidak dapat dipungkiri, dalam banyak hal, anak-anak masih melihat orangtua sebagai role model. Jadi, bagaimana orangtua menggunakan teknologi, bagaimana bersikap di dunia maya, serta bagaimana membagi waktu akan diikuti oleh anak-anak. Jadilah model yang baik, ya pak, bu.