Indahnya mawar, wanginya melati, eksotiknya anggrek namun lebih indah, lebih wangi dan lebih eksotik menjadi seorang ibu

Oleh Desi Hartanto 14 Mar 2012

Memasuki gerbang pernikahan sudah merupakan bagian yang terindah dalam kehidupan seorang wanita, lalu gerbang selanjutnya  menjadi wanita sesungguhnya dengan bersedia menjadi seorang ibu  merupakan kelengkapan keindahan dalam kehidupan dan gerbang gerbang kecil yang melingkupinya sebagai proses dari kehidupan di dunia ini , semakin meluas, rumit  namun  harus dilalui , karena itulah warna kehidupan ini.

Gerbang kecil berikutnya mulai dimasuki, detik demi detik dirasakan menjelang menstruasi sudah tidak datang lagi, perubahan setiap hari tercatat dalam sanubari, apa ya yang akan dirasakan besok? Setiap kali bangun pagi seakan ada yang terus berubah, menjadi was-was setiap kali melakukan tindakan, khawatir mengganggu janin yang ada didalam. Banyak bertanya dengan mama, saudara, teman-teman mengenai kehamilan sampai melahirkan dan mengurus bayi.

Berbagai litaratur mulai dikumpulkan, dan majalah ayah bunda merupakan bacaan wajib sejak mengetahui hamil. Setiap kali majalah itu datang, lembar demi lembar dibuka dan dibaca hingga tuntas, khawatir ada bagian yang terlewat, ada satu rubrik yang bisa dijadikan acuan yaitu rubrik yang mengulas perkembangan janin dari minggu pertama hingga minggu terakhir keberadaan janin dalam kandungan ibunya sebelum kelahiran.

Saat itu belum banyak majalah yang sejenis dan belum adanya media sosial   untuk mendapatkan informasi kesehatan ibu dan anak seperti sekarang. Sebagai calon ibu mencari informasi yang benar adalah salah satu yang sebaiknya di lakukan untuk membuka wawasan  supaya  ibu dan bayi menjadi sehat tidak hanya cukup makan saja, ada banyak faktor penunjangnya.

Gerbang kecil berikutnya yang harus dibuka adalah  mencari dokter ahli  kandungan yang akan dijadikan tempat   konsultasi  hingga janin lahir kelak. Setiap bulan menjadi kegiatan rutin menghampiri dokter untuk mengetahui kondisi janin, rasanya sangat takjub dengan perkembangan demi perkembangan janin yang ada didalam rahim, tidak pernah terbayangkan sebelumnya ada mahluk yang  hidup didalam tubuh kita,  bisa merasakan detak jantungnya saat dokter menggunakan alat untuk mendeteksi kesehatan janin, lalu dengan alat tersebut dihubungkan dengan komputer  bisa terekam gerakan janin. Semakin lama semakin takjub melihat gerakan demi gerakan, hingga satu saat  dapat mengetahui jenis kelamin janin. Bagi seorang ibu, apapun jenis kelaminnya tidak ada masalah sama sekali, yang terpenting saat itu  adalah bagaimana menjaga supaya janin ini dapat tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya, dan faktor utama   tnetu saja  asupan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Saat itu sebagai calon ibu yang bekerja di sebuah Bank, sedikit sulit bisa mendapatkan asupan makanan dan minuman yang sangat baik, umumnya yang tersedia di sekitar lingkungan kantor masakan cepat sajii ,  tapi tetap berusaha  semaksimal mungkin memilih jenis makanan dan minuman yang nilai gizinya cukup baik, bahkan sering membawa makanan dari rumah . Subuh sudah harus berangkat kerja , sarapan yang sering aku konsumsi adalah omelet sayur dan susu untuk ibu hamil, komposisi kedua menu itu cukup mewakili hingga makan siang nanti.

sumber

Namun saat sampai di kantor rasa lapar mulai terasa dan tujuan berikutnya setelah menaruh tas adalah kantin. Teman teman merupakan  kontrol utama saat aku hendak membeli camilan, mereka yang sudah pengalaman hamil  memberi banyak saran, sebaiknya makan buah saja jika lapar, hindari karbohidrat menjelang makan siang . Pilihan jatuh ke jus alpukat, ehmmm jus yang satu ini selain mengenyangkan juga menyehatkan. Kandungan lemak didalamnya baik untuk kesehatan jantung  karena bukan lemak jenuh.

Pada saat hamil anak yang pertama ,  aku suka sekali  masakan cap cay,  makan siang dengan cap cay makan malam  ingin cap cay lagi dan tidak pernah merasa  bosan dengan satu jenis masakan ini. Setiap kali lapar datang yang terbayang cap cay, terbayang  aneka sayuran ditambah aneka sea food dan potongan daging ayam dengan asap mengepul, aroma minyak ikan, merica dan wijen rasanya nikmat sekali. Suami terkadang bingung setiap kali pulang kantor menjemput dia dan mengajak ke resto dekat kantornya untuk makan cap cay.

Bayi yang aku lahirkan kemudian  sangat suka dengan aneka sayuran yang ada dalam cap cay bahkan brokoli yang biasanya anak-anak kurang suka bisa dia lahap dengan cepatnya saat dicampurkan dalam cap cay. Sampai saat ini aku tidak mengerti apakah ada kaitannya kegemaran suatu menu saat ibu hamil dengan kegemeran anaknya kelak.

Saat itu yang terpikirkan cap cay adalah salah satu menu yang sudah cukup kandungan gizinya , karena terdiri dari vitamin, protein nabati dan hewani. Mitos yang berkembang ngidamnya seorang ibu hamil adalah permintaan calon bayinya, makanan –makanan yang tadinya sang ibu tidak suka tiba- tiba menjadi suka juga karena permintaan bayinya.  Walapun itu hanya mitos tapi paling tidak aku bersyukur permintaan bayi cukup bagus.

Dan yang menjadi pelengkap asupan ibu hamil berikutnya susu khusus untuk ibu hamil. Komposisi yang terdapat didalam susu itu sangat baik untuk menjadi pelengkap,  berbagai jenis vitamin yang tidak didapatkan atau kurang takarannya dalam asupan makanan sehari- hari dapat di penuhi oleh susu ini, terutama zat besi yang terkandung didalamnya cukup tinggi,  untuk mencukupi kebutuhan zat besi selama ibu hamil karena umumnya ibu hamil cenderung anemia.

Saat aku mengandung anak pertama tahun 1998,  susu untuk ibu hamil sedikit sekali pilihannya dan harganya cukup tinggi, alhamdulillah saat ini sudah banyak sekali perusahaan produk susu yang memproduksi  susu untuk ibu hamil , salah satunyadari  Sari Husada, dengan komposisi yang cukup untuk asupan ibu hamil juga harga yang terjangkau. Terkadang ibu hamil tidak mau minum susu, dengan alasan mual, tidak suka baunya, tidak suka rasanya dan banyak alas an lainnya terutama di awal masa kehamilan, saat mual menyerang, yang ingin dikonsumsi teh panas, bahkan sesekali ingin kopi panas berharap rasa mual berkurang.

defidiwebid

Minum susu!!! kata kata ini kadang memang membuat berbagai kepala menggeleng, baik anak-anak, dewasa maupun lansia, yang terbayang satu gelas susu yang kental dengan aroma yang khas susu, gurih, wangi dan manis. Bagaimana jika sedikit kita ubah, susu sangat baik untuk asupan tubuh kita, mari kita konsumsi susu. Konsumsi susu secara luas  artinya susu masuk kedalam tubuh kita, tidak hanya dalam bentuk minuman kan ya? Bagaimana jika kita buat olahan susu?? Aku suka buat es krim susu dengan aneka buah dan puding susu untuk anak-anak, buatnya juga sangat mudah kan, buat minuman susu sesuai takaran yang disarankan,  lalu sesuaikan dengan takaran satu bungkus agar-agar, bisa diberi tambahan buah yang dipotong kecil-kecil atau jus buah dan masukkan dalam cetakan lucu khas anak. Puding ini juga bisa dibuat dengan susu khusus ibu hamil, umumnya ibu hamil suka ngemil, puding bisa menjadi pengganti camilan yang sehat.

defidiwordpresscom

Tidak hanya puding saja, bisa dibuat cake susu, soes isi vla susu, makaroni panggang , brownies susu dan masih sangat bayak jenis makanan yang bisa dimasukkan susu sebagai tambahan bahannya. Dengan sedikit kreasi asupan susu masih tetap bisa di  konsumsi.

defidiwordpresscom

Saat aku mengikuti salah satu program kegiatan Sari Husada ada yang sangat menarik perhatian aku, yaitu mereka mempunyai program warung sehat, dimana warung itu menjual produk makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi oleh anggota keluarga. Dan bisa saja di jual aneka kreasi makanan dan minuman hasil olahan produk Sari Husada, baik olahan susu untuk anak-anak maupun ibu hamil. Aku salah satu penggemar cake buah, salah satunya cake pisang , selain rasanya yang khas ternyata pisang juga sangat bak dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah didalam cake tersebut dapat ditambahkan susu, selain lebih sehat juga menambah cita rasa gurih pada cake tersebut.

dapur-jinggablogspotcom

aku coba kutipkan dari sumber detik.com jika pisang salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Anemia akibat kekurangan zat besi merupakan penyebab utama kematian ibu saat melahirkan. Untuk mencegah kejadian buruk ini, ibu hamil disarankan untuk banyak memakan pisang.(sumber detik.com)

“Saat hamil, tubuh ibu membutuhkan banyak energi. Pisang adalah makanan terbaik karena mengandung vitamin yang diperlukan. Dua buah pisang cukup memenuhi asupan zat besi pasien anemia. Pisang juga mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim,” kata Kathleen Zelman, MPH, RD, direktur Nutrisi dan Klinik Penurunan Berat Badan WebMD seperti dilansir WebMD.

Asam folat atau vitamin B9 adalah jenis vitamin B yang larut dalam air. Asam folat terkandung secara alami dalam makanan. Pada manusia, asam folat diperlukan untuk membuat asam nukleat dan hemoglobin dalam sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan sel darah merah muda dan menyebabkan anemia.

Asam folat penting untuk perkembangan selubung saraf selama kehamilan yang membentuk otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat pada wanita hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah atau mengalami cacat pada selubung sarafnya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari sebelum pembuahan dan awal kehamilan dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat tabung saraf hingga 70%. Namun, jangan makan pisang berlebihan sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

“Mual di pagi hari saat hamil merupakan tanda pertama kehamilan dan sering berlangsung hingga trimester pertama. Tetapi rasa sakit bisa terjadi setiap saat bukan hanya di pagi hari. Pisang yang juga diperkaya vitamin B6 dapat menenangkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan,” imbuh dr Zelman.

Satu buah pisang juga mengandung sekitar 467 mg kalium, dan ibu hamil perlu 2000 mg kalium setiap harinya. Diyakini bahwa kram kaki, salah satu gejala yang paling tidak menyenangkan selama kehamilan, dapat diredakan dengan meningkatkan asupan kalium.

“Anemia akibat kekurangan zat besi adalah masalah utama ibu hamil, terutama saat melahirkan anak, dan merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu saat melahirkan. Pisang yang kaya zat besi bisa berdampak besar pada pemecahan masalah anemia karena kekurangan zat besi,” kata Profesor James Dale, direktur Pusat Tanaman Tropis dan Biocommodities di Queensland University of Technology.

Gerbang kecil berikutnya , menjaga kestabilan jiwa ibu, dulu saat belum mengetahui hal ini rasanya hal itu tidak masuk nominasi untuk menjadi perhatian ibu hamil, yang terlihat seorang wanita  akan selalu bahagia saat hamil.  Kemudian  setelah  menjalaninya dan melihat ke belakang, ternyata gerbang ini  sangat penting.

sumber

Perubahan hormon  dalam tubuh ibu dapat memicu ketidak stabilan jiwa ibu, perubahan- perubahan yang terjadi membuat tidak nyaman bagi sebagian besar calon ibu, rasa tidak nyaman itu membuat emosi  tidak terjaga, masalah kecil yang selama ini diabaikan menjadi masalah yang cukup besar, lebih cepat merasa sedih, lebih cepat tersinggung. Nah  saat inilah peran suami sangat diharapan oleh istri, ketakutan- ketakutan yang muncul  sebenernya tidak perlu, akhirnya  menjadi bumerang sendiri, belum lagi cerita- cerita berantai dari berbagai pihak membuat semakin tidak nyaman saja. Saat -saat inilah kedekatan dengan Pemilik Kehidupan perlu ditingkatkan, memasrahakan diri kepada-Nya, memohon semua kebaikan untuk ibu dan bayi yang dikandung, dan menyukuri semua nikmat yang telah diberikan .

sumber

Gerbang berikutnya yang tidak kalah penting adalah persiapan dana selama masa kehamilan, masa melahirkan dan masa setelah melahirkan. Terkadang kita tidak memperhitungkan sebelumnya, benar adanya setiap anak yang dilahirkan membawa rezeki masing-masing, tapi anak belum dapat mengatur rezeki untuk dia, jadi tetaplah orangtua sebagai jembatan untuk menerima dan mneyalurkan rezeki itu kan.

Masa melahirkan saat yang harus sangat diwaspadai, berbagai perkiraan bisa saja tidak tepat, kesehatan yang selama ini terjaga bisa saja tiba-tiba melemah, kemudian ada gangguan dan prediksi melahirkan dengan cara normal dengan perhitungan biaya sekian menjadi belipat ganda saat dokter memutuskan untuk operasi demi keselamatan ibu dan anak.

Lalu masa anak setelah dilahirkan, banyak masalah yang  terjadi   diluar perkiraan kita, anak yang masih sangat rentan , daya tahan tubuh cepat sekali menurun jika sakit, saat inilah asupan gizi ibu menyusui juga sangat diperlukan, karena bayi bergantung hidup pada air susu ibu, untuk ibu yang tidak dapat menyusi bayinya perlu pemilihan jenis susu pengganti asi yang baik. Dan berteman dengan dokter anak kali ini menjadi pengganti dokter kandungan.

Saat setelah melahirkan peran ayah dituntut semakin besar, banyak ibu muda yang depresi karena harus mengurus bayi sendirian, menangani hal- hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, pola tidur bayi  yang sering berubah membuat  ibu menjadi sangat lelah terutama ibu bekerja, saat ibu ingin istirahat bayi  terbangun atau sebaliknya, dengan kondisi yang sangat lelah ibu membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan perhatian penuh dari seorang suami, mengasuh bayi bersama- sama akan sangat menyenangkan bagi seorang ibu, hal paling sederhana saja, saat ibu terlelap disamping bayi karena sangat lelah, kemudian bayi menangis karena popoknya basah kemudian ayah menggantinya, rasanya seorang ibu akan sangat berterima kasih sekali dan kelak kepedulian seorang ayah dengan bayi saat kecil berpengaruh dengan kedekatan anak secara emosional. Dan itu sangat aku rasakan saat ini dampaknya untuk anak.

Sebagai ibu baru untuk pola makan bayi sebaiknya didiskusikan dengan dokter anak atau  membaca banyak literatur bagaimana memberikan makanan kepada bayi. Banyak ibu yang mengikuti pola asuh orang tuanya, ini baik juga namun semakin berkembang zaman, semakin banyak penelitian yang telah dilakukan untuk tumbuh kembang bayi, ada baiknya kita dapat memilah mana yang sesuai dengan kebutuhan bayi kita, karena setiap bayi tentu tidak sama kan.

di

Masa- masa itu sudah berlalu, jika direnungkan kembali rasanya kehidupan ibu hamil, melahirkan, menyusuai adalah proses yang  benar-benar sangat menakjubkan, sekarang bayi - bayi lucu itu sudah besar. Alhamdulillah mereka jarang sekali sakit, namun kegemaran mereka minum susu sampai sekarang  tidak  pernah berhenti dan aku rasakan sekali manfaat susu untuk membantu menjaga daya tahan tubuh mereka. Ini juga menjadi tanggung jawab seorang ibu untuk selalu memantau asupan gizi mereka, keterbatasan terkadang sangat baik untuk menggiring mereka menjalani pola hidup sehat, umumnya anak-anak mengkonsumsi apa yang disediakan oleh ibunya, sengaja aneka minuman dingin yang aku sediakan lebih sering susu dibandingkan aneka soft drink .

defidi.wordpress.com

Dan  tentu saja aku sering membuat aneka camilan dari berbagai olahan susu, bahkan aku sering  membuatkan biskuit saat mereka bayi, karena mereka bosan dengan produk biskuit yang seringkali aku beli. Tidak ada yang sulit sebenarnya untuk membuatkan aneka makanan dan camilan untuk anak-anak, apalagi zaman sudah sangat berkembang seperti sekarang ini, banyak kemudahan untuk seorang ibu dalam berkreasi dalam membuatkan anggota keluarga makanan dan minuman   sehat dari olahan produk susu.

 Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

*Tulisan diikutsertakan dalam Blog Writing Competition dari NutrisiUntukBangsa.org