Pentingnya Olahraga Bagi Anak

Oleh Nutrisi Bangsa 24 May 2012

Tidak dapat dipungkiri, olahraga penting bagi tubuh manusia. Tidak hanya bagi orang dewasa, olahraga atau aktifitas fisik bagi anak-anak memegang peranan sangat penting bagi pertumbuhan yang optimal.

Anak-anak dengan kondisi tubuh yang bugar, cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatasi tantangan fisik dan emosi. Anak yang berolahraga secara teratur diyakini akan lebih sehat, gembira, mudah menyesuaikan diri sehingga mudah berteman. Selain itu, juga dapat mencegah obesitas pada anak.

Olahraga, sebaiknya dilakukan di luar ruangan, pada saat pagi atau sore. Olahraga pagi membuat anak-anak dapat menyerap vitamin D dari matahari, yang sangat bagus untuk pembentukan tulang.

Orangtua sebaiknya membantu anak untuk melakukan olahraga secara teratur, mengingatkan anak agar melakukan pemanasan dan pendinginan, serta mengawasi jangan sampai anak terkena dehidrasi karena terlalu asyik berolahraga.

Ada bermacam-macam jenis olahraga, akan tetapi alangkah baiknya jika anak memilih sendiri olahraga yang disukainya. Bahkan ada jenis olahraga yang dapat dilakukan bersama-sama anggota keluarga, seperti bersepeda atau berenang.

Dalam melakukan olahraga, anak perlu diberi pengertian bahwa tujuan utama berolahraga adalah menambah tingkat ketrampilan, bukan soal menang atau kalah.

Berikut manfaat olahraga bagi anak:

- Memaksimalkan kemampuan motorik dasar. 

- Tumbuh kembang yang optimal

- Mencegah obesitas