Persiapan Mudik Bersama Si Kecil

Oleh Nutrisi Bangsa 15 Aug 2012

Bunda,

Lebaran adalah saat yang tepat untuk mengajak si kecil belajar mengenal keluarga besar dan bersilaturahim dengan kerabat di kampung halaman.

Agar perjalanan bersama si kecil menyenangkan dan nyaman, perhatikan hal-hal yang harus bunda perhatikan sebelum berangkat:

1. Cek kesehatan si kecil, pastikan dia dalam keadaan sehat. Jangan melakukan perjalanan jika kesehatan si kecil sedang terganggu. Lebih baik menunda perjalanan sampai kondisi kesehatan si kecil normal.

2. Buatlah daftar keperluan si kecil seperti pakaian, mainan, obat-obatan, vitamin, makanan dan minuman kesukaan si kecil. Pisahkan barang-barang yang akan sering digunakan di perjalanan dengan barang-barang yang baru akan digunakan di tempat tujuan.

3. Jika menggunakan kendaraan pribadi, periksalah kendaraan agar aman dan nyaman, lengkapi dengan peralatan mobil dan P3K. Sebaiknya kendaraan dilengkapi dengan peralatan hiburan seperti tape atau DVD agar anak tidak bosan selama perjalanan. Aturlah kendaraan agar anak nyaman. Jika si kecil masih berusia di bawah 12 tahun sebaiknya menggunakan car seat. Ingat, keselamatan lebih utama ya Bun.:)

4. Persiapkan peta jalur mudik yang juga dilengkapi dengan jalur alternatif. Catat nomor-nomor penting seperti kantor polisi, hotel dan rumah sakit di kota-kota yang akan dilewati. Cari tahu letak bank dan ATM di kota-kota tersebut.

5. Jika menggunakan alat transportasi umum, upayakan mempersiapkan tiket jauh-jauh hari, simpanlah segala dokumen dalam satu tempat yang mudah dijangkau.

6. Perhitungkan waktu keberangkatan terutama jika menggunakan kendaraan pribadi. Usahakan berangkat lebih awal agar terhindar dari kemacetan.

Pada saat keberangkatan, inilah yang dapat Bunda persiapkan untuk si kecil:

1. Persiapkan keperluan utama, seperti pakaian, obat-obatan, perlengkapan mandi, bantal, tisu basah dan kering, popok, dan sebagainya. Sebaiknya semua itu ditaruh di dalam tas tersendiri yang mudah dijangkau.

2. Sediakan makanan dan minuman kesukaan si kecil. Buah-buahan dan makanan buatan sendiri selalu lebih baik ya Bun :)

3. Sediakan mainan, buku-buku, film dan kaset atau CD kesukaan si kecil agar ia tidak bosan selama di perjalanan. Akan tetapi yang terpenting tetaplah perhatian Bunda. Berceritalah pada si kecil. Ajak dia bernyanyi dan sebagainya.

4. Persiapkan kantong untuk menampung muntah jika si kecil mengalami mabuk perjalanan.

5. Sering-seringlah menanyakan apa yang dirasakan si kecil, apakah ia lapar atau haus, apakah ia ingin buang air dan sebagainya. Jangan lupa untuk memeriksa popok si kecil yang belum bisa bicara.

6. Usahakan sering berhenti dan turun dari mobil untuk melakukan gerak badan ringan, seperti berjalan-jalan untuk melancarkan peredaran darah.

Nah sudah siap semua kan? Selamat mudik, hati-hati di jalan ya.. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen si kecil di kampung halaman.