Piknik Asyik Bersama Keluarga

Oleh Nutrisi Bangsa 25 Mar 2013

Sahabat nutrisi,

Bagi masyarakat kota besar yang padat kemacetan lalu lintas merupakan hal yang sehari-hari harus dialami. Hal ini menjadi salah satu penyebab berkurangnya waktu bersama keluarga, misalnya tidak dapat melakukan makan bersama.

Kita dapat menciptakan kegiatan bersama keluarga, untuk mengganti waktu yang hilang karena kemacetan. Misalnya dengan mengadakan piknik di akhir pekan. Selain unsur rekreasi, dengan piknik kita juga dapat melakukan tradisi makan bersama keluarga.

Piknik, bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Libatkan mereka dalam mempersiapkan kebutuhan dan bekal piknik.

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan untuk piknik:

1. Tentukan waktu piknik. Piknik pada dasarnya dapat dilakukan pagi, siang atau sore. Akan tetapi, sebaiknya keluarga dengan balita mengadakan piknik di pagi hari, ketika cuaca belum terlalu panas dan udara masih sejuk.

2. Tentukan tempat piknik. Ada banyak tempat yang dapat dimanfaatkan untuk piknik, kita dapat memilih salah satunya. Misalnya taman kota. Atau ke tempat wisata seperti pantai, danau, pegunungan. Bahkan kita dapat melakukan piknik di halaman rumah sendiri.

3. Perhatikan cuaca. Mengetahui cuaca pada saat kita piknik merupakan hal penting. Akan sangat mengganggu jika di tengah piknik tiba-tiba turun hujan.

4. Pilihlah pakaian yang nyaman. Pakaian berbahan katun tentunya merupakan pilihan yang tepat untuk kegiatan luar ruang, karena mudah menyerap keringat. Jangan lupa membawa baju ganti.

5. Persiapkan perlengkapan piknik seperti tikar atau kain untuk alas duduk, payung besar atau tenda, piring dan perlengkapan makan lainnya.

6. Pilihlah menu makanan yang praktis dan sudah dipersiapkan terlebih dulu dari rumah, tentunya dengan tetap memperhatikan nutrisi seimbang. Jangan lupa membawa buah-buahan, dan air minum yang banyak.

7. Persiapkan permainan yang dapat dimainkan bersama-sama. Jika kita piknik di tempat terbuka, kita dapat bermain bersama sebelum menikmati bekal piknik. Misalnya bermain bola, sepeda, bulu tangkis dan sebagainya

8. Persiapkan obat-obatan untuk pertolongan pertama.

Piknik merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan. Rekreasi murah meriah, termasuk melakukan aktivitas makan bersama keluarga.

Menarik kan?