Yuk, Latih Anak Hidup Sehat

Oleh Nutrisi Bangsa 10 Mar 2013

Sahabat nutrisi,

Herbal Diabetes | Kita semua setuju hidup sehat harus diajarkan dan dibiasakan sejak kecil. Tidak perlu menggunakan metode yang rumit. Ada banyak hal sederhana yang dapat dilakukan sejak dini agar menjadi kebiasaan baik dan sehat.

Di antaranya adalah:

1. Sarapan
Biasakan anak untuk selalu sarapan agar kondisi tubuh tetap fit. Sarapanlah dengan menu yang seimbang dan bervariasi. Cobalah roti lapis isi telur dan tomat, cereal, susu dan potongan buah, bahkan nasi goreng sosis pun bisa jadi pilihan.

2. Perbanyak cairan
Tubuh kita sangat membutuhkan cairan agar tetap prima. Oleh karena itu berikanlah si kecil minimal 5 gelas carian dalam sehari. Terlebih dalam cuaca panas, minum sangat dibutuhkan agar terhindar dari kekurangan cairan. Cairan dapat berupa air mineral, susu, jus dan sebagainya.

3. Rawatlah giginya
Ajarkan untuk rajin merawat gigi. Minimal 2 kali sehari menggosok gigi, terutama jika dia suka mengonsumsi makanan yang serba manis.

4. Kurangi cemilan berlemak
Makanan kemasan, makanan yang diawetkan, makanan yang terlalu manis atau asin, haruslah dikurangi pemberiannya. Jika anak tetap ingin mengonsumsinya, berikan dalam porsi sedikit dan imbangi dengan makanan rendah lemak, seperti buah-buahan. Selain tidak sehat, cemilan semacam itu membuat nafsu makan anak berkurang pada saat makan, sehingga anak sulit makan.

5. Olahraga
Tentunya olahraga tidak boleh ditinggalkan. Anak membutuhkan gerak badan agar pertumbuhannya optimal. Selain itu, obesitas dapat memperkecil resiko obesitas.

Mudah dan sederhana kan? Jangan lupa juga untuk memvariasikan menu makanan, sekaligus menjaga asupan nutrisi yang berimbang, ya… 

Sumber: Detik