Sejarah Sarihusada

Menjelang pertengahan dekade 50’an, Pemerintah Indonesia dan Perserikatan Bangsa Bangsa berinisiatif mengembangkan program khusus guna menunjang kecukupan protein nasional. Hal tersebut direalisasikan tahun 1954 dengan pendirian NV Saridele, yang dalam perjalanannya kelak menjadi Sarihusada. Sesuai fungsinya, NV Saridele lantas memelopori pengembangan produk-produk nutrisi dan kaya protein bagi rakyat Indonesia. Pada tahun 1965 menjadi milestone dengan dikeluarkannya merek legendaris SGM. Saat ini merek itu berkembang menjadi SGM Bunda, SGM Eksplor, SGM Aktif dan SGM Progres yang hingga saat ini masih populer dan diterima oleh masyarakat luas. 

Pada 1968 NV Saridele dimiliki perusahaan milik negara, PT Kimia Farma. Lantas pada 1972, NV Saridele bersalin nama menjadi Sarihusada sebagai hasil joint venture PT Kimia Farma dan PT Tiga Raksa. Pada tahun 1983, Sarihusada melakukan IPO di lantai Bursa Efek Jakarta. Sebagai sebuah perusahaan listing posisi kepemilikan saham mengalami sejumlah perubahan signifikan. Tahun 1992, PT Tiga Raksa menjadi pemegang saham mayoritas. 

Dengan pertumbuhan bisnis yang kian meningkat, Sarihusada memperkuat posisinya di level internasional dengan beraliansi dengan Nutricia Internasional BV (Royal Numico NV) pada tahun 1998. Pada 2007, Sarihusada secara resmi keluar dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) maupun Surabaya (BES) dan menjadi perusahaan tertutup. Danone Group kemudian mengakuisisi Royal Numico pada tahun 2008, sehingga menjadikannya sebagai pemegang saham mayoritas di Sarihusada. 

Seiring waktu, Sarihusada terus mengembangkan lini produknya yang menghasilkan keragaman produk dengan kualitas yang tetap terjaga. Kehadiran berbagai produk Sarihusada di masyarakat semakin melengkapi ketersediaan gizi bagi masyarakat, terutama ibu dan anak. Dari pabriknya di kawasan Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah serta didukung oleh lebih dari 400 peneliti dari Danone Research Center yang tersebar di Belanda, Singapura dan Indonesia, Sarihusada hingga detik ini masih setia seperti enam puluh tahun silam; menghasilkan beragam produk nutrisi berstandar internasional dengan harga terjangkau. 

Prinsip Dalam Bekerja

Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan status gizi ibu dan anak di seluruh Indonesia.

Selengkapnya

Kualitas Produk

Sarihusada selalu menetapkan standar kualitas produksi dengan program Focus on Quality (FOQUAL)

Selengkapnya

1000 Hari Pertama Kehidupan

Gizi di awal kehidupan (Early Life Nutrition) sangat penting untuk tumbuh kembang dan berpengaruh pada kesehatan sepanjang usia.

Selengkapnya

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sarihusada selalu menetapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi untuk seluruh karyawannya.

Selengkapnya