Tentang Sarihusada

PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional. Sarihusada telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1954 sebagai wujud nyata Program Kecukupan Protein Nasional yang diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Bersama Ibu-Ibu Indonesia Menyongsong Kehidupan Baru Melalui Nutrisi dan Pendidikan yang Terdepan dan Terjangkau 

Sesuai visi, kami memberikan produk bernutrisi, layanan dan edukasi kepada seluruh ibu dan anak di Indonesia setiap hari. Kami percaya bahwa pemberian nutrisi yang tepat di awal kehidupan manusia – dimulai dari kehamilan hingga berusia usia anak-anak akan memberikan efek positif di masa sekarang dan masa mendatang.

Nilai-Nilai Perusahaan

Sarihusada menerapkan Nilai-Nilai Grup Danone yang merupakan prinsip-prinsip dasar yang memberi jalan tentang bagaimana kami bertindak setiap hari. Nilai-nilai ini kami terapkan pada cara bekerja, cara kami berhubungan dengan mitra, membeli & menjual produk, dan merekrut karyawan.

Ada empat nilai inti yang terwujud dalam tingkah laku dasar yang memungkinkan kami mewujudkannya dalam pekerjaan, yaitu :

Kemanusiaan

Berbagi

Jujur terhadap diri kita sendiri dan orang lain menciptakan dialog,
keterbukaan dan kerjasama tim.

Tanggung Jawab

Kami memperhatikan keselamatan manusia dan produk dengan
seksama,seperti juga kepada alam dan masyarakat.

Penghargaan terhadap Orang Lain

Kami peka terhadap perbedaan budaya, memperlakukan setiap orang
dengan penghargaan yang sama, dan membantu pengembangan para
mitra bisnis kami

Keterbukaan

Rasa Ingin Tahu

Kesadaran akan apa yang dikerjakan sekarang dan secara proaktif merencanakan masa depan. Dengan menolak cara-cara kerja lama, kami membuka pikiran kami bagi ide-ide baru dengan penuh imajinasi

Kelincahan

Melambangkan sifat kami yang penuh semangat dan energi, dengan cepat bereaksi terhadap beragam situasi dengan sikap fleksibel dan beradaptasi

Dialog

Gaya manajemen kami adalah informal, mendorong sikap mendengar secara aktif dan diskusi terbuka. Kami mendorong perdebatan dan menerima beragam pandangan yang berbeda 

Kedekatan

Kemudahan Akses

Gaya manajemen kami adalah mudah ditemui dan terus terang

Kredibilitas 

Jujur kepada diri sendiri dan mengambil tanggung jawab atas beragam tindakan kami

Empati

Berhubungan dengan para pemasok, para mitra dan para pelanggan dengan cara yang tulus

Antusiasme

Keberanian

Bebas untuk berpikir dan bertindak secara mandiri, kami mengambil risiko secara
cerdas dan mencari jalur-jalur baru yang berbeda. Kami dengan
percaya diri dapat mengatasi kegagalan.

Semangat

Kami bekerja dan memimpin dengan penuh keyakinan. Bekerja adalah suatu                               kesenangan saat kami bisa melampaui apa yang diharapkan dan mencapai                                   keunggulan

Hasrat menerima tantangan

Dengan sikap yang optimis dan penuh semangat, kami bersemangat untuk                                         tumbuh dan memimpin

Panduan Etika

Konsisten dalam menerapkan nilai-nilai budaya perseroan di setiap tingkat operasional merupakan wujud nyata komitmen Sarihusada terhadap prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

Sarihusada mengembangkan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengelolaan perseroan secara lebih profesional dan bertanggung-jawab, dengan berpedoman sepenuhnya terhadap ketentuan hukum dan etika kerja yang berlaku.

Sarihusada memegang teguh tiga kode etik berikut ini: 

1. Kode Etik Perilaku Sarihusada

Sarihusada memiliki komitmen tinggi terhadap kepercayaan, transparansi, kerjasama, tata kelola penyelenggaraan usaha, ketaatan dengan peraturan perundang-undangan, keterlibatan para stakeholders, keamanan makanan dan kepentingan konsumen, informasi produk dan pemasaran, bioteknologi, perlindungan lingkungan, ketenagakerjaan, hak asasi manusia, kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan, integritas usaha, kebijaksanaan pelaksanaan usaha, keterlibatan politik, persaingan secara jujur, dan rantai pasokan. 

Sarihusada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha, para kontraktor, para pemasok, dan para klien. 

 

2. Kebijakan Kewaspadaan Karyawan

Sarihusada memotivasi para karyawan untuk menjaga dan melestarikan etika kerja, dengan melaporkan hal-hal berikut kepada manajemen: 

  • Pelanggaraan atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan, yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana; 

  • Pelanggaraan kode etik;

  • Ancaman terhadap kesehatan umum, keselamatan kerja dan lingkungan; 

  • Pemberian keterangan palsu;

  • Menahan, memusnahkan atau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran, pembukuan, pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan 

 

3. Kebijakan Penyelenggaraan Usaha

Kebijakan ini menjelaskan prinsip-prinsip Sarihusada dalam menjalankan usaha, terkait dengan bantuan kepentingan, suap dan pembayaran yang tidak lazim, serta undang-undang mengenai fiskal, perdagangan dan anti pencucian uang.  

Dalam melakukan usaha, Sarihusada mengedepankan Prinsip Transparansi, menerapkan Pedoman Tata Kelola Penyelenggaraan Usaha, taat terhadap Peraturan Perundang-undangan, serta mempraktikan Persaingan Secara Jujur. 

 

 

Penghargaan

Sarihusada selalu berkomitmen meningkatkan kualitas produk serta berkontrIbusi  meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Ini merupakan sebuah proses yang terus menerus yang akhirnya berkembang menjadi semangat perusahaan. Penghargaan atas proses tersebut dipersembahkan Sarihusada bagi seluruh ibu dan anak di Indonesia.

2009
  • Sarihusada menerima Best Brand Gold untuk produk susu pertumbuhan SGM dari SWA dan MARS serta Indonesia Sustainability Reporting Award dari NCSR, INA & IAMI.
2010
  • Sarihusada menerima Social Entrepreneurship Achievement sebagai perusahaan yang telah aktif menciptakan, mendampingi, dan membimbing wirausahawan dan kewirausahaan dari SWA dan MARS, Best Brand Gold untuk produk susu pertumbuhan SGM dari SWA dan MARS serta Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award sebagai perusahaan yang mendukung pencapaian MDGs untuk kategori peningkatan kesehatan Ibu hamil dan Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat & CFCD.
2011
  • Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award  sebagai perusahaan yang mendukung pencapaian MDG’s untuk kategori MDG's Tujuan-4, Program Pelayanan Kesehatan Anak Balita dengan program "Ayo Melek Gizi" Provinsi Jawa Barat dari Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat & CFCD
  • Indonesia CSR Award Platinum Bidang Lingkungan untuk Program Nature : Inisiatif Go Green” di Pabrik Sari Husada Kemudo Klaten, Jawa Tengah .
  • Indonesia CSR Award Gold Bidang Sosial atas Program Srikandi Award “Upaya Pemberdayaan Bidan Sebagai Agen Perubahan di Bidang Kesehatan untuk Mendorong Pencapaian Target MDS's”.
  • Indonesia CSR Award Platinum bidang Konsumen atas Program Gizikita dan Program Ayo Melek Gizi “Penyediaan Produk Mikro Nutrien dengan Harga Terjangkau yang Disertai dengan Program Edukasi Gizi bagi Ibu untuk Membantu Mengurangi Kekurangan Gizi Mikro pada Anak"
  • Penghargaan Tiga CEO Terbaik All Category Sectors dari 41 perusahaan peserta Indonesian CSR Awards 2011
  • Pengelolaan Lingkungan Hidup Proper Peringkat Hijau diberikan kepada pabrik Sarihusada di Klaten atas kinerja lingkungan yang baik untuk periode Tahun 2010 – 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup
  • Charta Peduli Indonesia sebagai Top CSR in Health Education Program  dari Dompet Dhuafa
2012
  • Best Brand Indeks untuk Produk susu pertumbuhan SGM dari Solo Pos dan Harian Yogya
  • Penghargaan Best of The Best Public Relations Program of The Year 2012 untuk kategori Corporate Social Responsibility (CSR)  untuk program Srikandi Award dan Internal PR untuk program Ayo Melek Gizi: Learning For All dari Majalah MIX
  • Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award Gold sebagai perusahaan yang mendukung pencapaian MDG’s untuk kategori MDG's Tujuan-1, dengan program "Warung Anak Sehat” dari Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat & CFCD
  • Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award Platinum sebagai perusahaan yang mendukung pencapaian MDG’s untuk kategori MDG's Tujuan-5, dengan program "Rumah Srikandi Badran" Provinsi dari Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat & CFCD
  • Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award sebagai perusahaan yang mendukung pencapaian MDG’s kategori mitra perusahaan dengan program "Sumur Bor dari Bidan Liestiyani Ritawati" dari Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat & CFCD
  • Anugerah sebagai pelopor penerapan prinsip dan kriteria perusahaan layak Anak dari Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI)
  • Indonesia Sustainability Report Award (ISRA) untuk kategori ‘The Most Creative Sustainability Report’ dari NCSR
  • Pengelolaan Lingkungan Hidup Proper Peringkat Hijau diberikan kepada pabrik Sarihusada di Klaten atas kinerja lingkungan yang baik untuk periode Tahun 2011 – 2012 dari Kementerian Lingkungan Hidup
  • Charta Peduli Indonesia 2012 dari Dompet Dhuafa
2013
  • Anugerah PELANGI dari Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) sebagai perusahaan yang dinilai mengedepankan dan peduli kepada Anak di lingkungan kerja, produk dan pemasaran serta kegiatan sosial.
  • The Best Indonesia Contact Center Award 2013 Gold untuk kategori ‘The Best Contact Center Operations’ dari Indonesia Contact Center Association
  • Peduli Gizi 2013 Awards  kepada  akun twitter@Nutrisi_Bangsa sebagai akun twitter terbaik dalam memberikan pendidikan gizi kepada masyarakat serta program ‘Ayo Melek Gizi’ dari PERGIZI PANGAN
  • Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award Platinum sebagai perusahaan yang mendukung pencapaian MDG’s untuk kategori MDG's Tujuan-4, dengan program "Ayo Melek Gizi Connect” dari Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat & CFCD
  • Public Relations Program of The Year 2013  untuk program ‘AMG Goes to PAUD’ dalam kategori Corporate PR dan program ‘Jelajah Gizi’ dalam kategori Social Campaign dari Majalah MIX.
2014
  • Penghargaan Best of The Best Public Relations Program of The Year 2014 untuk kategori Corporate Social Responsibility (CSR) untuk program PAUD 1000 Anak Bangsa, Internal PR untuk program Ayo Melek Gizi Goes to Community Center, Social Campaign untuk program Jelajah Gizi dan Inhouse Magazine untuk majalah SHINE dari Majalah MIX
  • 6 Penghargaan Indonesian CSR Awards 2014 untuk CEO Terbaik, Program AMG Connect, Program Rumah Srikandi, Program Air Bersih, Program WISE dan Program Careline
  • Penghargaan Proper Awards 2014 untuk pabrik Sarihusada Klaten (hijau) dan pabrik Sarihusada Yogyakarta (biru)
  • Penghargaan Padmamitra
  • Penghargaan Charta Peduli Indonesia dari Dompet Dhuafa
  • Commendation for 1st Sustainability report dengan GRI G4 dari NCSR

Sejarah Sarihusada

Sarihusada berdiri di tahun 50an sebagai bagian dari program kecukukan protein nasional yang di tahun 1965 merilis merk susu nasional SGM.

Selengkapnya

Prinsip Dalam Bekerja

Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan status gizi ibu dan anak di seluruh Indonesia.

Selengkapnya

Kualitas Produk

Sarihusada selalu menetapkan standar kualitas produksi dengan program Focus on Quality (FOQUAL)

Selengkapnya

1000 Hari Pertama Kehidupan

Gizi di awal kehidupan (Early Life Nutrition) sangat penting untuk tumbuh kembang dan berpengaruh pada kesehatan sepanjang usia.

Selengkapnya

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sarihusada selalu menetapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi untuk seluruh karyawannya.

Selengkapnya