Tips Mempersiapkan Pendidikan Si Kecil

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 02 May 2020

Bunda tentu tahu bahwa 2 Mei merupakan hari lahir Ki Hajar Dewantara yang ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Beliau merupakan tokoh penting dalam dunia pendidikan di Indonesia, yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak.

Pendidikan menjadi faktor penting dalam menentukan nasib bangsa melalui kualitas pendidikan generasi penerus. Sebab di tangan mereka, nasib bangsa ditentukan. Untuk itulah, sebagai orangtua, Bunda perlu memastikan Si Kecil mendapatkan pendidikan yang baik.

Nah, menjelang tahun ajaran baru, apakah Bunda sudah mulai mempersiapkan dan memilih sekolah untuk Si Kecil? Memilih sekolah untuk buah hati bisa ‘gampang gampang susah’ karena banyak hal yang harus diperttimbangkan. Nah, kami membantu para orangtua untuk memperhatikan sejumlah poin penting dalam menentukan sekolah untuk Si Kecil, di antaranya:

1.Jarak dan lingkungan sekitar sekolah

Jarak dari rumah menuju ke sekolah harus diperhatikan demi efisiensi waktu dan energi Si Kecil untuk berangkat dan pulang dari sekolah. Jarak sekolah yang terlalu jauh mungkin akan membuat lelah Si Kecil, belum lagi kemacetan yang membuatnya harus berangkat pagi-pagi agar tidak terlambat sampai ke sekolah.

2. Jenis kurikulum pendidikan

Kurikulum yang tepat dan sesuai dengan potensi Si Kecil dapat menunjang talenta yang dimiliki anak. Bunda bisa memilih sekolah dengan kurikulum nasional seperti K-13, atau kurikulum internasional seperti Cambridge, dan International Baccalaureate.

3. Fasilitas sarana pendidikan

Hal ini dapat dinilai dari bangunan sekolah, hingga kelas kelas tambahan seperti laboratorium, fasilitas olahraga, area dan fasilitas bermain yang dapat menunjang belajar Si Kecil.

4. Biaya dan kebutuhan pendidikan

Kenali betul setiap informasi mengenai komponen biaya pada sekolah tersebut agar menjadi bahan pertimbangan apakah biaya sesuai dengan kemampuan keuangan. Jangan sampai memaksakan diri ya Bun jika ternyata dana tidak cukup, apalagi jika memiliki beberapa anak yang membutuhkan biaya pendidikan yang tidak sedikit.

Nah, selamat menemukan sekolah yang pas untuk buah hati. Pastikan untuk minta pendapat dari teman atau orang lain yang anaknya sudah bersekolah di sekolah yang dituju. Hal ini bisa menjadi tambahan referensi yang menarik untuk membuat keputusan.

Referensi

https://www.unicef.org/publications/files/Child_Friendly_Schools_Manual_EN_040809.pdf

https://www.kpai.go.id/berita/artikel/pemenuhan-hak-pendidikan-anak-sejak-usia-dini

https://id.theasianparent.com/sekolah-ideal-untuk-anak