Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Dukungan Sarihusada Dalam Olimpiade Taman Bacaan Anak 2013

Oleh Nutrisi Bangsa 25 Jun 2013

Olimpiade Taman Bacaan Anak (OTBA) kelima yang berlangsung pada Minggu 23 Juni 2013 di Bumi Perkemahan Ragunan berjalan dengan meriah.

Diikuti oleh 350 anak dari 35 taman bacaan anak non profit se-Jabodetabek, OTBA ini juga didukung oleh 200 relawan dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, hingga pekerja kantoran.

Tahun ini, OTBA yang mengusung tema “Berpetualang Untuk Masa Depan” mengawali kegiatannya dengan Workshop tentang Taman Bacaan dan Workshop Relawan.

Ketua Yayasan 1001 Buku, Dwi Andayani, menjelaskan bahwa OTBA diadakan untuk meningkatkan minat baca dengan berbagai cara, di antaranya mengadakan kegiatan yang sifatnya berpetualang dan kreatif yang akan membuat anak ingin tahu lebih banyak dari buku bacaan.

“Yang berbeda pada tahun ini,” tambah Dwi Andayani, “adalah pengalaman berpetualang. Anak-anak akan melakukan kompetisi dari pos ke pos. Pengetahuan mereka tentang Indonesia, gizi dan pengetahuan umum akan diuji, tujuan akhirnya adalah harta karun yang tak lain adalah buku yang bisa mereka bawa pulang.”

Sementara itu, Ketua pelaksana OTBA 2013 Zaliansyah Fitriadi menambahkan, hal yang berbeda dari OTBA kali ini adalah kehadiran masyarakat umum, termasuk 12 komunitas yang meramaikan acara diantaranya WWF, Indonesia menyala, Aspera Community, Goodreads Indonesia, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, dan sebagainya.

“Kami mengundang masyarakat untuk berbagi dengan berdonasi buku untuk anak-anak taman bacaan. Kami juga bertekad menyuburkan budaya baca dengan berjejaring bersama komunitas-komunitas yang sevisi dengan 1001 buku,” lanjut Zaliansyah Fitriadi.


Dukungan Sarihusada

PT Sarihusada Generasi Mahardika juga kembali memberikan dukungan pada kegiatan ini. Seperti yang disampaikan oleh Arif Mujahidin, Head of Corporate Affairs Sarihusada bahwa tahun ini merupakan tahun kedua keikutsertaan Sarihusada sebagai pendukung acara OTBA.

“Pada kegiatan ini, kami juga memasukan edukasi ‘Ayo Melek Gizi’ pada permainan yang digelar dengan harapan kegiataan ini bisa memberikan pengalaman petualangan cerdas serta meningkatkan pengetahuan mengenai gizi dengan cara yang menyenangkan kepada anak-anak,” tambah Arif Mujahidin.

Sarihusada memberikan dukungan pada OTBA ini untuk tiga jenis lomba yang dipertandingkan, yaitu Maraton Menemukan Harta Karun, Merakit Mainan Dari Bahan Kertas dan Drama, berupa paket dari Sarihusada.

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi pada anak, Sarihusada pun turut mendonasikan buku ‘Ayo Melek Gizi’ yang materinya berupa pengenalan gizi seimbang kepada TBA se-Jabodetabek dan mengajak pengurus TBA mendapatkan edukasi gizi bersama ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada program AMG Connect (Ayo Melek Gizi-Community and Nutrition) di Bogor.

“Kami berharap dengan dukungan yang kami berikan bisa menyemangati anak-anak serta pengurus TBA untuk terus mengembangkan taman bacaan sebagai pusat pembelajaran alternatif termasuk didalamnya edukasi mengenai gizi untuk anak-anak,” pungkas Arif Mujahidin.