Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kupang Kraton: Makanan Khas Pesisir Pasuruan yang Kaya Akan Berbagai Nutrisi

Oleh muktiali 22 May 2013

Kupang adalah makanan sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis , lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih mak nyus dimakan dengan Sate Kerang . Untuk minumannya bisa Es Degan Hijau, disamping segar es degan bisa meminimalisir alergi kupang & kerang. Makanan Khas Pasuruan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan Ir. Juanda dan Pasar Kraton.Di Pasuruan, ada Kupang Kraton yang terkenal. Di kota Malang juga, Kupang khas Sidoarjo, khas Pasuruan (bedanya ada di ukuran kupang) banyak dijual di antaranya di Jalan Dr.Cipto No.12 dekat Hotel Gajah Mada, di dekat Pasar Sukun, daan…di tempat langganan saya, di Pasar Bululawang. Bahkan duluu…waktu saya masih SD (sekitar taun 1998-2002an), ada juga lho penjual kupang lengkap dengan lento dan satenya. Si ibu penjual ini dari Sidoarjo, jualan kupang dengan cara berkeliling, wakul besar tempat dagangannya disunggi di atas kepala. Si ibu hampir selalu ada di SD saya setiap jam istirahat sekolah. Jaman dulu, dengan Rp 500,00 saya sudah bisa makan kupang.

TINJAUAN GIZI KUPANG
Kupang segar mengandung gizi yang cukup banyak, terutama protein. Komponen gizi yang terkandung dalam daging kupang meliputi kadar air 75,70%, kadar abu 3,09%, kadar protein 10,85%, kadar lemak 2,68%, dan kadar karbohidrat 1,02%.Kupang juga memiliki sumber asam amino esensial yang baik. Kupang putih maupun kupang merah memiliki 17 asam amino, sedangkan dari 17 asam amino tersebut terkandung 10 macam asam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh, antara lain: treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan sehari-hari.

Kandungan mikronutrien kupang yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia. Kupang merah mengandung 8,97 LA (asam linoleat), 2,77% EPA (eikosapentanoat), 3,65% DHA (asam dokosaheksanoat). Sedangkan kupang putih mengandung 12,31% LNA (asam linolenat), 6,52% EPA, dan 6,61% DHA. Asam lemak esensial omega-3 membentuk komponen yang melancarkan transportasi oksigen dan nutrisi makro (protein, lemak, dan karbohidrat) ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat membantu pembuangan produk sisa metabolisme seperti karbondioksida dari sel, sedangkan EPA sangat efektif mengurangi kerusakan otot.