Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Malaikat pun Harus Dijaga Kesehatannya

Oleh azumi 23 Feb 2012

Duarrrr.. Gelegar petir membahana di angkasa, gelapnya malam menjadi latar belakang yang kontras dari kilatan cahaya bertegangan tinggi itu…

Tik tik tik..

Tetes tetes air hujan mulai jatuh satu-satu.. Crassssh.. Lalu hujan pun turun dengan derasnya..

“Wah, hujan besar nih..” yang berbicara ini adalah Ibuku, wanita yang tak lagi muda tetapi tetap sehat, segar,

 dan cantik.

“Iya ma, memang sedang musimnya” jawabku,

“Syukurlah, anak mama sudah di rumah semua, ya?” sahut Ibuku dengan senyum kelegaannya.


Itulah sepenggal percakapan yang menunjukan betapa besarnya kepedulian seorang ibu kepada anaknya. Seorang ibu tidak akan tenang jikalau hujan turun tetapi anak-anaknya masih berada di luar rumah, entah itu karena sedang sekolah, bekerja, ataupun bermain. Itu hanya salah satu contoh dari betapa besarnya kepedulian ibu terhadap kesehatan anak-anaknya.

Tidaklah berlebihan jika seseorang yang berhati emas seperti itu disebut malaikat. Malaikat ini sama seperti halnya manusia biasa, yang bisa lapar, haus, sakit dan sebagainya. Oleh karenanya, malaikat ini perlu dibantu dalam menjaga kesehatannya sendiri.

Seringkali karena terlalu memperhatikan keluarganya, seorang ibu lupa tubuhnya pun bisa sakit. Mengingatkan adalah langkah termudah untuk kita dalam menjaga kesehatan ibu. Kesehatan ibu sesungguhnya jauh lebih penting daripada kesehatan anggota keluarga lainnya, karena jika ibu sakit tentu tenaga perawat di rumah otomatis hilang.

Ibu yang sedang mengandung sangatlah perlu diperhatikan kesehatannya, karena kesehatan janin sangat ditentukan oleh kesehatan ibu. Asupan makanan sangat perlu diperhatikan, ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi seperti di bawah ini:

1. Protein, sangat penting dalam memproduksi sel-sel darah.

2. Karbohidrat, dibutuhkan untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

3. Kalsium, penting untuk membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan.

4. Zat Besi, penting dalam membantu produksi sel darah merah, terutama untuk mencegah anemia.

5. Asam Folat, wanita hamil yang kekurangan asam folat selama masa kehamilan beresiko besar mengalami keguguran atau  gangguan pada janin.

6. Lemak, bagi wanita hamil lemak penting untuk cadangan energi tubuh, agar tubuh tidak cepat lelah.

Selain zat-zat gizi di atas, ibu hamil pun memerlukan asupan mineral dan vitamin yang lengkap. Makanan sehari-hari sebenarnya cukup memenuhi kebutuhan tersebut, tapi jika kurang kita bisa mengkonsumsi suplemen untuk ibu hamil. Lebih baik lagi jika Anda rutin kontrol kehamilan Anda kepada dokter yang kompeten di bidangnya. Untuk ibu menyusui, keperluan nutrisi tidaklah jauh berbeda dengan ibu hamil, kesehatan tetap harus dijaga agar perkembangan buah hati dapat optimal.

Setelah makanan sehat terpenuhi, ibu hamil haruslah menghindari mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat, seperti makanan-makanan yang mengandung pengawet, pewarna buatan, penyedap rasa, dan zat tambhana lainnya yang dapat merusak perkembangan janin. Selain makanan tidak sehat, obat-obatan yang dikonsumsi ibu hamil dan menyusui haruslah diperhatikan, karena obat-obat yang tidak tepat dapat mengganggu perkembangan otak dan perkembangan organ-organ janin maupun bayi yang belum terbentuk sempurna.

Jika ibu sakit, berkonsultasilah ke dokter keluarga Anda, agar dapat dilakukan pengobatan tepat. Hindari meminum obat warung atau obat-obat yang dibeli sendiri di apotek tanpa resep dokter. Jika terpaksa, mintalah apoteker yang ada di apotek untuk memilihkan obat yang aman bagi ibu hamil dan menyusui dan mintalah penjelasan cara pemakaiannya.

Makanan tidak sehat dan obat-obatan yang tidak tepat dapat menimbulkan kerusakan pada perkembangan janin dalam kandungan, yang dapat mengakibatkan bayi lahir prematur bahkan cacat fisik maupun mental. Kita semua dapat berperan dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi. Ingatkanlah ibu untuk selalu mejaga kesehatannya, bukan hanya kesehatan fisik tetapi juga mental. Jauhkan ibu dari pikiran-pikiran yang dapat membuat stress dan berpikir terlalu berat. keadaan mental ibu pun berpengaruh terhadap janin dan bayi yang masih menyusu.

Sayangilah ibu Anda, beliaulah malaikat penjaga kita di dunia ini, jagalah beliau agar selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.

Salam untuk semua ibu di Indonesia. Indonesia Bisa Sehat!

Demikian, semoga bermanfaat ^_^

*tulisan ini saya dedikasikan untuk malaikat saya, mama tercinta.. Love you ma :*

“Lomba Blog NuB”

ini dia link nya..

http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/

1 Komentar

Nutrisi Bangsa

26 Feb 2012 09:54

Terima kasih artikelnya ya.. Kami menanti kiriman data2 anda di admin@nutrisiuntukbangsa.org