Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Manfaat Air Bagi Kesehatan

Oleh Nutrisi Bangsa 01 Jul 2013

inmagine.com

 Sahabat nutrisi

Pelangsing Alami | Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama air putih. Apalagi 80 persen bagian tubuh kita adalah air, sehingga asupan air sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya sekedar pelepas dahaga.

Mengonsumsi air yang cukup sangat dibutuhkan agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Apa saja ya manfaat air bagi kesehatan tubuh? Yuk kita simak poin-poin di bawah ini:

  1. Memberi Energi, nutrisi yang kita konsumsi setiap hari didistribusikan oleh air ke seluruh tubuh. Itu sebabnya, dengan menjaga asupan air yang cukup dalam tubuh adalah cara terbaik agar tetap sehat dan tetap energik.
  2. Mengeluarkan racun dalam tubuh. Setiap saat tubuh kita menyerap racun yang berada di sekeliling kita, baik dari makanan, polusi, dan sebagainya. Akan tetapi dengan mengonsumsi air yang cukup setiap harinya, racun-racun tersebut akan terbuang bersama dengan kotoran tubuh lainnya.
  3. Mengatur suhu tubuh. Air sangat membantu menurunkan panas pada saat kita demam. Jika kita tidak mengonsumsi cukup air, suhu tubuh kita dapat mencapai tingkat yang berbahaya.
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme tubuh dapat berjalan dapat berlangsung dengan lancar jika kita mendapatkan asupan air yang cukup. Hal ini sangat penting agar stamina tubuh tetap terjaga sepanjang hari.
  5. Merawat kulit. Jerawat adalah masalah yang kita anggap umum, dan dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, tahukah anda, jerawat adalah akumulasi kotoran dan minyak dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk menghilangkan dan mencegah jerawat, minum saja air putih secukupnya untuk membuang racun dari tubuh dan kulit.
  6. Menjaga otak. Otak kita terdiri dari 90 persen air. Jika kita kekurangan air, maka kemungkinan besar kita akan mengalami sakit kepala. Bahkan jika tubuh kekurangan 3 persen air akan mengurangi kadar konsentrasi sampai 25 persen. Menurut dr Saptawati Bardosono dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, sakit kepala atau migrain bisa hilang dalam waktu 30 menit setelah minum air 200-1500 ml.

Betapa pentingnya air bagi tubuh kita, ya. Oleh karena itu, konsumsilah air minimal 8 gelas setiap harinya.

Jangan lupa juga untuk langsung minum segelas air setiap bangun tidur, karena selama tidur pun tubuh kita kekurangan cairan.

Sumber: Okezone