Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Mengenal Aneka Makanan Pokok Indonesia

Oleh Nutrisi Bangsa 26 Mar 2014

fdc949890

Sahabat nutrisi,

Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner, termasuk bahan makanan pokok. Selama ini, umumnya beras atau nasi lah yang dikenal sebagai makanan pokok, dan sumber karbohidrat.

Padahal ada beberapa bahan makanan pokok lain yang dapat dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat, di antaranya adalah:

1. Beras, merupakan bahan mentah dari nasi, diolah dengan cara ditanak atau dikukus. Sebagian besar penduduk Asia juga mengonsumsi beras sebagai makanan utama. Setelah menjadi nasi, beras dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi aneka pengangan, seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, nasi kebuli, serta arem-arem. Adapun dalam setiap 100 gr beras terkandung 78,3 gr karbohidrat, 7,6 gr protein, 1,1 gr lemak, dan vitamin B1.

2. Jagung. Kendati belakangan lebih banyak digunakan sebagai sayur, lauk maupun camilan, jagung sebenarnya telah digunakan sebagai makanan pokok, terutama oleh masyarakat Indonesia di masa lalu, atau yang tinggal di pedalamanan. Nilai gizi yang dikandungnya pun tidak kalah dengan nasi. Dalam 100 gram jagung terdapat 355 kalori, 9,2 gram protein, dan 73,7 karbohidrat,

3. Sagu, merupakan bahan pangan yang setara dengan beras, jagung, singkong, kentang serta tepung terigu. Dalam setiap 100 gram sagu terkandung 84,6 gram karbohidrat dan 0,7 gram protein. Karena sedikitnya kandungan protein sagu, sebaiknya sagu dikonsumsi dengan bahan makanan lain yang mengandung nutrisi lebih. Umumnya sagu dikonsumsi oleh masyarakat tradisional Maluku atau Papua, dan dinikmati bersama ikan dan sayuran lain.

4. Singkong, di beberapa daerah di Indonesia, masih memanfaatkan singkong sebagai makanan pokok. Singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong. Kandungan gizi dalam setiap 100 gram singkong di antaranya adalah 34 gram karbohidrat, 33 gram kalsium, serta 1,2 gram protein.

Sumber: Kompas Female