Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Pengganti Nasi Untuk Si Kecil dan Kandungannya

Oleh Nutrisi Bangsa 20 Apr 2014

spl039901

Sahabat nutrisi,

Bagi mayoritas orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok. Bahkan ada beberapa gelintir orang yang berpendapat jika belum makan nasi, artinya belum makan.

Hal ini lah yang meresahkan para orangtua tatkala si kecil tidak mau nasi, yang kemudian diartikan sebagai tidak mau makan.

Padahal, nasi atau beras hanyalah salah satu sumber karbohidrat. Ada banyak sumber karbohidrat yang dapat diberikan pada si kecil, terutama ketika ia menolak makan nasi.

Di antaranya adalah:

1. Bihun, terbuat dari olahan tepung beras. Biasanya bihun diolah menjadi bihun goreng atau bihun rebus, dan dapat dicampur dengan sayuran serta aneka daging atau seafood. Dalam 100 gram bihun terkandung energi sebesar 348 Kkal, 4,7 gram protein, 0,1 gram lemak dan 82,1 gram karbohidrat.

2. Mie kering, terbuat dari campuran tepung terigu, bumbu, air dan telur. Sebelum diolah menjadi mie goreng atau mie rebus, mie kering biasanya direbus atau disiram air panas terlebih dahulu. Di dalam 100 gram mie kering terkandung energi sebesar 339 Kkal, 10 gram protein, 1,7 gram lemak dan 6,3 gram karbohidrat,

3. Roti putih, terbuat dari tepung terigu yang beri ragi. Biasanya roti dimanfaatkan sebagai menu sarapan karena praktis, maupun diolah bersama bahan makanan lain menjadi sandwich atau roti tumpuk. Dalam 100 gr roti putih mengandung energi sebesar 248 kkal, 8 gram protein, 1,2 gram lemak dan 50 gram karbohidrat.

4. Makaroni, terbuat dari tepung terigu. Makaroni dapat diolah bersama bahan makanan lain menjadi macaroni schotel, campuran sup sayur maupun dihidangkan bersama saus pasta seperti saus bolognaise atau carbonara. Di dalam 100 gram makaroni terkandung 353 kkal energi, 8,7 gram protein, 0,4 gram lemak dan 78,7 gram karbohidrat

5. Spaghetti, jenis makanan yang bentuknya hampir mirip dengan mie ini dapat disajikan dengan bermacam saus, maupun diolah seperti halnya makaroni. Dalam 100 gram spaghetti mengandung energi 139 kkal, 7,4 gram protein, 2,1 gram lemak, dan 22,6 gram karbohidrat.

6. Kentang, biasanya anak-anak menyukai french fries atau kentang goreng. Padahal akan lebih baik jika kentang diolah dengan cara dikukus, dipanggang atau dijadikan mashed potato. Dalam 100 gram kentang mengandung energi sebesar 62 kkal, 2,1 gram protein, 0,2 gram lemak dan 13,5 gram karbohidrat.

Nah, jangan bingung lagi ya kalau si kecil menolak nasi.