Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Peran Bunda Menjaga Kesehatan Keluarga

Oleh fatmawati 29 Feb 2012

PERAN BUNDA MENJAGA KESEHATAN KELUARGA

Peran Bunda Menjaga Kesehatan Keluarga
Ilustrasi

“Jangan lupa minum air putih.” Itu adalah kata-kata BUNDA yang sering saya dengar di setiap harinya. Kalimat sederhana itu menggambarkan bahwa seorang BUNDA memiliki peran tersendiri dalam sebuah keluarga. Selain sebagai koki, akuntan, guru, dan juga kepala pengurus rumah tangga, BUNDA juga berperan sebagai seorang dokter dalam sebuah keluarga. Melalui masakannya, BUNDA selalu menghadirkan menu-menu sehat dan lezat setiap hari. Lewat ketelatenannya, BUNDA juga yang selalu memberikan pengetahuan-pengetahuan sederhana tentang menjaga kesehatan anggota keluarganya. Seringkali seorang BUNDA memberikan tips-tips sederhana untuk menjaga kesehatan seperti banyak minum air putih, memanfaatkan tanaman herbal di sekitar rumah, dan lain sebagainya.

Kesehatan merupakan hal terpenting dalam kehidupan keluarga, sebab kesehatan anggota keluarga adalah kunci kebahagian sebuah keluarga. Mubarok (dalam Ahmad Kholid) memaparkan bahwa peran keluarga adalah mampu mengenal masalah kesehatan, mampu membuat keputusan tindakan, mampu melakukan perawatan pada anggota keluarga yang sakit, mampu memodifikasi lingkungan rumah, dan mampu memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada. Dari paparan tersebut, anggota keluarga yang aktif menjalankan peran-peran di atas adalah seorang BUNDA.

1.  Mengenal Masalah Kesehatan

Kata sehat berarti baik seluruh badan serta bagian-bagiannya atau bebas dari penyakit (KBBI). Kesehatan adalah keadaan dimana seseorang berada dalam keadaan baik dan bebas dari penyakit. Seorang BUNDA perlu mengetahui bagaimana dan apa saja masalah kesehatan. Setidaknya, seorang BUNDA perlu mengenal gejala-gejala penyakit umum yang sering menyerang seseorang.

2.  Membuat Keputusan Tindakan

Ketika seorang anggota keluarga dihinggapi sebuah penyakit, maka BUNDA juga lah yang memberikan pertolongan pertama. Pengetahuan tentang masalah kesehatan yang dimilikinya akan langsung membuatnya bertindak sesuai dengan yang diperlukan.

3.  Perawatan Anggota Keluarga yang Sakit

Saat kesehatan terganggu dan membuat salah satu anggota keluarga perlu perawatan, maka sang dokter rumah tangga akan memberikan perawatan sekaligus pengobatan yang dibutuhkan. BUNDA akan menjaga makanan si sakit dan mengingatkan waktu minum obat.

4.  Memodifikasi Lingkungan Rumah

Memodifikasi lingkungan rumah adalah hal yang paling sering dilakukan oleh seorang BUNDA. Kebersihan rumah merupakan prestasi yang paling membanggakan BUNDA rumah tangga. Kebersihan rumah akan mencerminkan si pemilik rumah dan bagaimana kontrol kesehatan anggota keluarga dalam rumah tersebut.

5.  Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan yangAda

Sebuah keluarga akan memerlukan pelayanan kesehatan yang ada di lingkungannya ketika penyakit yang datang bisa dikategorikan sebagai penyakit berat.

Untuk dapat merealisasikan peran keluarga dalam kesehatan di atas, seorang BUNDA haruslah dalam keadaan sehat. Sebab dalam prakteknya, BUNDA lah yang berperan sebagai dokter sekaligus perawat dalam sebuah rumah tangga. Selain kesehatan BUNDA yang sangat penting dalam mewujudkan kesehatan keluarga, dukungan dari anggota keluarga juga penting. Dukungan tersebut bisa berupa hal-hal sederhana seperti menjaga dan merawat sang bunda. BUNDA selalu menjaga dan merawat anggota keluarganya, tetapi siapa yang merawat dan menjaga sang bunda jika bukan kita, anggota keluarganya? Maka dari itu, jika memang Anda semua peduli dengan peranan sang BUNDA, “Ayo Dukung Bunda : Kesehatan Bunda Kesehatan Kita”.