Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Quiz Berhadiah (10). Mari Jawab!

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 18 Oct 2010

Sahabat peduli nutrisi, kali ini quiz kita terkait dengan pemberian ASI yang sangat penting bagi bayi.

Apa saja yang perlu dilakukan seorang Ayah demi mendukung kesuksesan pemberian ASI bagi bayinya?

Langsung tuliskan jawabannya di kolom ‘komentar’ di bawah posting ini   ya! Kalau ada lebih dari satu jawaban yang benar, nanti akan diundi   pemenangnya. Oya, hadiahnya sebuahback pack keren.

Peserta yang nantinya kita umumkan sebagai pemenang quiz, mohon   kirimkan data diri (Nama, alamat lengkap dengan kode pos, nomor telefon,   dan tempat tanggal lahir) ke pengelola@nutrisiuntukbangsa.org Selamat   menjawab!

17 Komentar

Juni Kartika Permatasari

26 Oct 2010 19:27

@Pengelola NUB aku udah kirim data, kok hadiah aku belum sampe\'2 ya? :(

Juni Kartika Permatasari

19 Oct 2010 21:11

okeee :D aku kirim data yaa :D

Nutrisi Untuk Bangsa

19 Oct 2010 02:32

Selamat buat Juni Kartika Permatasari, pemenang back pack kali ini. Masih ada quiz berhadiah lain untuk Anda...

Juni Kartika Permatasari

18 Oct 2010 19:39

Cara2 yang dapat dilakukan ayah (breastfeeding father) adalah: * Pastikan ibu merasa nyaman & rileks saat sedang menyusui * Memeriksa posisi bayi & latch on-nya * Memastikan ibu memiliki waktu tidur & istirahat yang cukup * Membantu pekerjaan rumah tangga * Menjaga & bermain bersama anak yang lebih tua * Menyemangati dan memijati ibu * Membantu ibu saat mengalami kesulitan dalam menyusui * Ciptakan jalinan komunikasi yang baik Semuanya dilakukan agar ibu dapat maksimal menyusui bayi....

dwilita aprilin

18 Oct 2010 17:25

Hanya dengan menggendong bayi setiap kali akan disusui dan memberikannya pada ibunya. Sentuhan dan hangatnya pelukan Anda akan membuat bayi nyaman. Anda juga bisa menggendong bayi saat rileks sembari mendendangkan sebuah lagu, sehingga bayi merasa Anda juga membantunya dalam memperoleh ASI. Di sisi lain, istri Anda akan senang. Akhirnya terjalinlah keterikatan emosional antara Anda, istri Anda, dan bayi Anda.

Retno Rahayyu

18 Oct 2010 16:15

- Menghadiri kelas pendidikan/kursus kesehatan bersama isteri - Menemani isteri di ruang bersalin untuk memberi sokongan/dukungan - Membantu isteri mendapat posisi menyusui yang nyaman - Membantu isteri merasa rileks dan tenang - Suami perlu mengetahui pentingnya pemberian ASI - Membantu didalam urusan menyediakan makanan keluarga dan pekerjaan rumah untuk membantu isteri - Menunjukkan kasih sayang dan simpati - Menciptakan suasana positif.

Euis Sofiah

18 Oct 2010 14:41

yang perlu dilakukan seorang Ayah demi mendukung kesuksesan pemberian ASI bagi bayinya adalah sebagaimana disampaikan Menteri Kesehatan dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH pada acara “Pekan ASI Sedunia 2010” di Silang Monas Jakarta, Minggu 8 Agustus 2010, yaitu: 1. Memberikan penjelasan kepada ibu hamil tentang manfaat menyusui dan talaksananya dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi lahir, sampai umur 2 tahun. 2. Membantu ibu mulai menyusui bayinya dalam 60 menit setelah melahirkan di ruang bersalin. 3. Membantu ibu untuk memahami cara menyusui yang benar dan cara mempertahankan menyusui meski ibu dipisah dari bayi atas indikasi medis. 4. Tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir. 5. Melaksanakan rawat gabung dengan mengupayakan ibu bersama bayi 24 jam sehari. 6. Membantu ibu menyusui semau bayi semau ibu, tanpa pembatasan terhadap lama dan frekuensi menyusui 7. Tidak memberikan dot atau kempeng kepada bayi yang diberi ASI. 8. Mengupayakan terbentuknya Kelompok Pendukung ASI di masyarakat dan merujuk ibu kepada kelompok tersebut ketika pulang dari Rumah Sakit/Rumah Bersalin/Sarana Pelayanan Kesehatan.

rudy

18 Oct 2010 14:37

Breastfeeding Father sebenarnya juga sangat penting, maksud Breastfeeding Father adalah bapak yang ikut andil mendukung istri menyusui bayinya. Mengapa harus didukung? Karena bayi tidak bisa membuat sistem kekebalan tubuh sendiri. Kolostrum, cairan bening kekuningan yang keluar pada hari-hari pertama menyusui, mengandung zat kekebalan tubuh (imunoglobulin). Selain itu, ASI juga memiliki manfaat dapat meningkatkan kecerdasan anak. dan memberikan zat kekebalan tubuh. Selain itu, ASI juga memiliki manfaat dapat meningkatkan kecerdasan anak. Ayah memiliki peranan besar dalam proses menyusui. Bahkan, kesuksesan menyusui sangat ditentukan oleh peran serta ayah sebagai partner ibu. Beberapa cara yang dapat dilakukan breastfeeding father untuk ibu seperti: * Pastikan ibu merasa nyaman & rileks saat sedang menyusui * Periksa posisi bayi & latch on-nya * Pastikan ibu memiliki waktu tidur & istirahat yang cukup * Membantu pekerjaan rumah tangga * Menjaga & bermain bersama anak yang lebih tua * Menyemangati dan memijati ibu * Membantu ibu saat mengalami kesulitan dalam menyusui * Ciptakan jalinan komunikasi yang baik Menggendong bayi ke ibu saat bayi ingin disusui, menyendawakan bayi, mengganti popok, memandikan dan menggendong bayi, memijat bayi, mengajak bayi berbicara, bermain, bernyanyi. “Lebih dari 90% keberhasilan ASI eksklusif dikarenakan peran bapak. Dan memang, umumnya, kegagalan ASI eksklusif merupakan suatu kondisi yang avoidable. Umumnya kegagalan ASI eksklusif disebabkan karena kurangnya support dari lingkungan dan kurangnya penguasaan ilmu ASI dan Menyusui,” Sebaiknya Ibu mempersiapkan diri akan ilmu dasar tentang ASI & menyusui kemudian transfer ke lingkungan terdekat ibu yaitu suami dan keluarga sehingga dengan banyaknya dukungan, pemberian ASI akan sukses. Dalam persiapan menjelang kelahiran, rumah sakit dengan fasilitas rawat gabung dimana ibu dan bayi berada dalam satu kamar menjadi penting. Hal ini disebabkan bayi terjamin hanya mendapatkan ASI saja dan ibu dapat meyusui bayi kapanpun bayi memintanya. Perlu diingat bahwa tidak ada alasan untuk memisahkan ibu dari bayinya, kecuali ada masalah medis. Saat setelah melahirkan, sebaiknya susui bayi segera setelah lahir, dengan selambat-lambatnya 30-60 menit setelah lahir atau disebut dengan proses early latch on (proses masuknya areola ibu ke mulut bayi dengan posisi mengunci yang tepat hingga bayi dapat menyusu dengan baik). Berdasarkan penelitian terakhir, bayi yang mendapatkan ASI sesaat setelah lahir & belum dibersihkan akan memiliki kemampuan (refleks) menyusu yang baik pada ibunya. Prinsip dasar menyusui dengan teknik yang tepat dan tips agar ASI eksklusif lancar bagi ibu bekerja. Bekerja bukan hambatan untuk ibu memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Saat ini banyak sekali ibu bekerja yang sukses memberikan ASI eksklusif. Yang berbeda hanya trik dan teknik pemberian ASI selama ibu bekerja.

Reh Atemalem Susanti

18 Oct 2010 14:24

*Pastikan ibu merasa nyaman & rileks saat sedang menyusui * * * *Periksa posisi bayi & latch on-nya *Pastikan ibu memiliki waktu tidur & istirahat yang cukup *Membantu pekerjaan rumah tangga *Menjaga & bermain bersama anak yang lebih tua *Menyemangati dan memijati ibu *Membantu ibu saat mengalami kesulitan dalam menyusui *Ciptakan jalinan komunikasi yang baik *Menggendong bayi ke ibu saat bayi ingin disusui, menyendawakan bayi, mengganti popok, memandikan dan menggendong bayi, memijat bayi, mengajak bayi berbicara, bermain, bernyanyi Intinya, si ayah mesti punya rasa memiliki, kalau punya rasa memiliki, segala tambahan pekerjaan yang sebelumnya tidak ada itu, tidak jadi beban, tapi tanggung jawab bersama. :D

june hertaty

18 Oct 2010 14:08

Yang perlu dilakukan seorang Ayah demi mendukung kesuksesan pemberian ASI bagi bayinya adalah 1.Memberikan perasaan tenang, senang, dan aman pada ibu, karena perasaan tenang, senang, dan aman itu akan meningkatkan pengaliran ASI 2.Saat ibu cemas dan kelelahan, ayah dapat berperan mengulurkan dukungan dengan memberikan pujian dan dorongan. 3.Ayah juga dapat memberi dukungan buat ibu dengan membantu ibu merawat si kecil, a.l : a.menggendong si kecil saat dia terbangun dan baru menyerahkannya kepada ibu saat dia menangis karena lapar. b.Setelah si kecil selesai menyusu, ayah bisa membantu menggendong bayi hingga bisa bersendawa. c.Ayah lalu mengganti baju si kecil dan membantu menidurkannya kembali. Hal-hal tersebut merupakan bentuk dukungan yang luar biasa untuk si ibu