Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Quiz Berhadiah (18). Ikut Yuk?

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 09 Nov 2010

Sahabat peduli nutrisi, kali ini quiz kita masih terkait dengan hidup sehat dan nutrisi yang tepat dalam kondisi darurat. Kita tahu ratusan ribu saudara kita, korban letusan gunung Merapi saat ini masih tinggal di pengungsian. Nah, dalam kondisi darurat semacam ini para ibu dengan bayi sangat dianjurkan untuk terus menyusui bayinya. Mengapa?

Langsung tuliskan jawabannya di kolom ‘komentar’ di bawah posting ini    ya! Kalau ada lebih dari satu jawaban yang benar, nanti akan diundi    pemenangnya. Oya, hadiahnya sebuahback pack keren.

Silakan kunjungi lagi halaman ini. Peserta yang nantinya kita umumkan sebagai pemenang quiz, mohon    kirimkan data diri (Nama, alamat lengkap dengan kode pos, nomor telefon,     dan tempat tanggal lahir) ke pengelola@nutrisiuntukbangsa.org   Selamat   menjawab!

14 Komentar

Nutrisi Untuk Bangsa

11 Nov 2010 17:31

Selamat bagi Indriyan Rino Nugroho pemenang back pack keren dari Nutrisi Untuk Bangsa! Yuuuuk mari kunjungi website ini & ikuti kuis-kuis berikutnya.

putri indah

11 Nov 2010 11:37

karena bayi membutuhkan perlindungan tubuh dari dalam yang bisa di dapat dari ASI (Air Susu Ibu) . kandungan ASI dapat memperkecil kemungkinan bayi terkena infeksi dalam tubuh.

rudy

10 Nov 2010 18:34

1.Menyusui justru meredakan stress pada ibu dan sang bayi. Menyusui akan merangsang hormon prolaktin yang bisa menenangkan ibu dan bayi. Pelukan dan sentuhan sayang sang ibu bisa memberikan rasa aman pada sang bayi. 2.ASI melindungi bayi dari infeksi. Permasalahan yang sering muncul di daerah bencana adalah ketersediaan air bersih, memberikan susu formula perlu air bersih untuk membuat susu formula dan membersihkan botol. Bila tetap memaksa memberikan susu formula justru memperbesar resiko anak terkena infeksi.

dwilita aprilin

10 Nov 2010 15:27

Karena menyusui dapat meredakan stress pada ibu dan sang bayi. Menyusui akan merangsang hormon prolaktin yang bisa menenangkan ibu dan bayi. Pelukan dan sentuhan sayang sang ibu bisa memberikan rasa aman pada sang bayi. ASI melindungi bayi dari infeksi. Permasalahan yang sering muncul di daerah bencana adalah ketersediaan air bersih, sementara bila Anda memberikan bayi susu formula Anda perlu air bersih untuk membuat susu formula dan membersihkan botol susu. Bila memberikan dia susu formula Anda jutru memperbesar risiko anak terinfeksi.

muhammad rosidi

10 Nov 2010 15:04

Karena ASI mengandung Immunoglobulin G dan IgA sekretori (sIgA) yang sangat baik untuk imunitas bayi sehingga bayi tidak mudah terserang infeksi mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit, selain itu mengandung makronutrient (KH,Lemak,Protein) yang berguna sebagai sumber energi agar bayi tidak mudah lemah dan sakit,dan vitamin dan mineral. Maka ASI sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi dalam kondisi darurat seperti itu.

melani dewi fatihah

10 Nov 2010 14:41

ASI adalah obat paling mujarab untuk si buah hati. Belum ada tandingan susu lain yang menyamai kandungan gizi ASI jadi Dalam keadaan daruratpun ASI wajib diberikan kepada buah hati agar Buah hati kita lebih kebal terhadap serangan wabah penyakit. Selain itu dengan meneteki maka Bayi akan terlindungi dan merasa aman dari gangguan, secara psikologi bahwa pelukan dan sentuhan sayang bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi. Selain itu ASI dapat melindungi bayi dari berbagai virus dan penyakit. Sehingga bayi kita tetap sehat.

resty kusumawati

10 Nov 2010 14:32

karena : - menyusui justru meredakan stress pada ibu dan sang bayi. menyusui akan merangsang hormon prolaktin yang bisa menenangkan ibu dan bayi. Pelukan dan sentuhan sayang sang ibu bisa memberikan rasa aman pada sang bayi. - ASI melindungi bayi dari infeksi. Permasalahan yang sering muncul di daerah bencana adalah ketersediaan air bersih, sementara bila anda memberikan bayi susu formula anda perlu air bersih untuk membuat susu formula dan membersihkan botol susu. Bila memberikan dia susu formula anda justru memperbesar risiko anak terinfeksi.

Reh Atemalem Susanti

10 Nov 2010 14:25

Menyusui justru meredakan stress pada ibu dan sang bayi. Menyusui akan merangsang hormon prolaktin yang bisa menenangkan ibu dan bayi. Pelukan dan sentuhan sayang sang ibu bisa memberikan rasa aman pada sang bayi. ASI juga melindungi bayi dari infeksi. Permasalahan yang sering muncul di daerah bencana adalah ketersediaan air bersih, sementara bila Anda memberikan bayi susu formula Anda perlu air bersih untuk membuat susu formula dan membersihkan botol susu. Bila memberikan dia susu formula Anda jutru memperbesar risiko anak terinfeksi.

Qonita Rachmah

10 Nov 2010 00:37

Saat dalam keadaan darurat, ASI harus tetap diberikan pada bayi khususnya bagi bayi yang berusia 1-6 bulan dimana pada masa itu merupakan masa pemberian ASI eksklusif pada bayi karena ASI sangatlah efisien dari segi gizi dan dapat dengan mudah diberikan oleh ibu kepada bayinya. Dalam keadaan tsb, bayi sangat rentan terkena beberapa penyakit infeksi yang bisa muncul kapan saja misalnya penyakit diare, penyakit kulit, dsb sedangkan asupan makanan yang bergizi sangat kurang, padahal nantinya zat gizi tersebut berfungsi untuk membentuk antibodi dalam tubuh. Oleh karena itu, ASI lah yg harus selalu diberikan kepada Bayi karena didalam ASI mengandung banyak zat gizi yang berguna bagi tubuh bayi, diantaranya: kandungan makronutrient (KH,Lemak,Protein) yang berguna sebagai sumber energi agar bayi tidak mudah lemah dan sakit, Immunoglobulin G dan IgA sekretori (sIgA) yang sangat baik untuk imunitas bayi sehingga bayi tidak mudah terserang infeksi mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit, selain itu didalam ASI juga sangat banyak kandungan vitamin dan mineral yang dapat dengan mudah dicerna oleh Bayi karena pada usia awal (1-6 bulan), pencernaan bayi belum sempurna jika digunakan untuk mencerna makanan selain ASI. jadi ASI sangat dibutuhkan untuk mekanisme pertahanan tubuh bayi. Disamping itu, bayi juga sangat rentan terhadap keadaan yang kurang nyaman ketika berada di tempat yang asing baginya atau thd kondisi bising, hal tsb identik dengan tempat pengungsian, sehingga bayi butuh penenang, salah satunya didapatkan dari ASI itu sendiri yang didalamnya mengandung hormon prolaktin (jg sbg hormon yang merangsang pengeluaran ASI lewat puting susu ibu). Bahkan ketika bayi sedang disusui oleh ibunya dan berada di dekapan hangat ibunya, bayi akan selalu merasa aman dan tenang sehingga tidak mudah trauma atau tidak nyaman. terima kasih :)

sifa fauzia

09 Nov 2010 16:52

dalam kondisi gawat darurat bencana, sangat dianjurkan agar Ibu memberi ASI kepada bayinya karena ASI memiliki semua kandungan vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi sehingga dapat memulihkan kondisi bayi yang turun akibat berada di pengungsian yang lingkungannya tidak senyaman di rumah sendiri. selain mengandung vitamin dan gizi yang sangat lengkap bagi bayi, ASI juga dapat mencegah bayi mengalami infeksi pada saluran pencernaannya karena jika memberi susu formula pada bayi, akan sangat sulit mendapat akses air bersih untuk membuat susu formula di tempat pengungsian dan juga untuk membersihkan botol susunya, sehingga yang paling aman adalah memberi ASI pada bayi keuntungan kedua adalah sang ibu bisa merasa lebih rileks dan menghilangkan stres pasca bencana karena hormon prolaktin yang berfungsi menenangkan psikologis ibu dan bayi akan aktif di saat ibu menyusui bayinya