Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Stay Healthy, Mom(s) & Mom(s) to be.

Oleh Jessica 10 Mar 2012

Tulisan ini dibuat dalam rangka Blog Writing Competition yang diselenggarakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa. Tema : “Ayo Dukung Bunda. Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita.”. Judul : “Stay Healthy, Mom(s) & Mom(s) to be.”. Seperti yang terlihat pada blog pribadi saya.


Being A Mom is the greatest gift from God that a woman can get. Namun, dalam prakteknya, it’s never be easy to be a mom (that’s why for me all moms are SUPER MOMS!!). Imagine, seorang wanita yang bisa kesana kemari melakukan banyak hal dengan leluasa, merelakan semua keleluasaannya itu demi menjadi seseorang yang lebih super.. seorang ibu. Membawa ‘kecintaan nya’ kesana kemari selama 9 bulan, terbatasi keleluasaannya untuk beraktifitas seperti sebelumnya, berjuang melawan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi saat melahirkan, kemudian merawat, membesarkan anak-anaknya tanpa meminta imbalan atas ‘penderitaan’ yang telah ia hadapi selama ini. 

Selama ini secara pribadi aku telah banyak melihat Mom(s) ‘berbohong’. ‘Berbohong’ demi memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya dan semua yang ia cintai. Misalnya saat ia telah lelah seharian beraktivitas, ia masih berusaha menyambut kita, anak-anak dan suaminya, dengan semangat, menyembunyikan wajah lelahnya dibalik senyuman. Kemudian, saat makan, ia mendahulukan keluarganya dengan berkata ‘makan saja duluan..’ ‘Mama ga lapar..’ ‘Mama ga suka makan itu, kamu saja yang makan..’ dan berbagai ucapan lain yang meyakinkan kita bahwa kita berhak untuk makan, namun sebenarnya mama menahan lapar atau menahan dirinya untuk makan makanan kesukaannya jika melihat kita lapar, atau sangat menginginkan makanan itu. Lalu saat kita sakit, Mom(s) setia menunggui kita, memastikan kita memakan makanan yang bergizi dan meminum obat, tanpa mengeluh sedikitpun. Jika Mom sakit? Kita bahkan terkadang tidak tahu itu. Saat Mom akhirnya terlalu sakit untuk beraktifitas seperti biasa dan kita harus melakukan semua aktifitas yang biasa Mom lakukan sehari-hari, tak berapa lama, kita mengeluh, Bayangkan Mom melakukan itu SETIAP HARI! See? Betapa pentingnya menjaga kesehatan Mom, bukan untuk kepentingan kita, tapi lebih karena Mom is our object of Love. Kadang aku bertanya-tanya:  When will it be Mom(s)‘s turn to get all the attentions just like what we always have from her?

Sudah seharusnya para Mom(s) dan Mom(s) to be untuk diperhatikan setiap saat, tidak hanya beliau yang memperhatikan kita. Berikut adalah tips dalam menjaga kesehatan from head to toe khususnya bagi para bumil(ibu hamil)/mom(s) to be, memberi perhatian sejak dini bagi para Mom(s) dan Mom(s) to be, hal-hal yang sebenarnya praktis namun sering terlupakan dan lebih sering disepelekan.

(1) Menjaga kesehatan daerah wajah dan kepala.

Sering ibu hamil bertanya boleh mengecat rambut tidak waktu hamil? Sebaiknya tunda dulu. Mengingat obat yang digunakan untuk mengecat dan mengeriting rambut bersifat zat toksin (beracun). Kadang ada juga keluhan rambut rontok dan tumbuh rambut halus di pelipis menjadi masalah bagi ibu hamil. Tak perlu cemas, itu hanya sementara sifatnya karena perubahan hormon kehamilan. Kebersihan daerah rambut dan kepala dapat dijaga dengan keramas secara teratur. Ibu hamil boleh melakukan pijatan ringan pada wajah dan kepala untuk relaksasi. Ibu hamil bila bercermin kadang melihat wajahnya ada flek. Ibu tak perlu risau dengan warna gelap atau bintik coklat pada wajah (cloasma gravidarum). Hal itu juga akibat perubahan hormon yang merangsang pigmentasi pada wajah dan leher. Tidak perlu mengolesi dengan bermacam-macam krim pemutih. Setelah hamil perubahan warna flek coklat itu tersebut akan hilang sendiri.


(2) Menghirup udara yang bersih.

Ibu hamil sebaiknya hati-hati memilih tempat jalan pagi. Jangan biarkan hidung terlalu lama menghirup polusi pinggir jalan yang padat kendaraan. Ketika ibu hamil harus membersihkan rumah, hindari penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat aerosol cat, formalin, kamfer, dan racun serangga yang berupa obat nyamuk bakar maupun semprot. Jika memang harus melakukan penyemprotan serangga, atau membersihkan porselin dengan bahan kimia, gunakanlah masker penutup hidung. Bagi ibu hamil dengan riwayat asma, sebaiknya tidak terpapar dengan zat pencetus asma misalnya bulu binatang, serbuk bunga, debu karpet, udara dingin, dan sebagainya.


(3)Kesehatan mulut.

Kesehatan mulut sangat penting bagi ibu hamil terutama adalah kebersihan gusi dan gigi. Pada saat hamil, seringkali timbul gangguan pada gusi dan gigi. hormon kehamilan membuat gusi menjadi lebih lunak dan kadang mudah berdarah. Menggosok gigi dengan lembut dan sikat gigi secara benar dan teratur setiap sehabis makan. Sesekali boleh kumur dengan larutan air garam hangat. Bila gusi mudah berdarah atau bengkak gunakan pasta gigi yang sesuai anjuran dokter atau bidan. Pada ibu hamil trisemester pertama kadang terdapat keluhan mual-mual dan muntah. Meludah terus dan menimbulkan bau mulut (halitosis). Ibu hamil sebaiknya sering membersihkan mulut setiap kali setelah muntah. Teh dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Makanan bagi ibu hamil sebaiknya mengandung gizi yang seimbang, cukup vitamin dan serat alami buah dan sayur. Sebaiknya cuci bersih buah dan sayuran yang hendak dimakan mentah untuk mengurangi residu pestisida dan menghindari tercemar virus toksoplasma gondii.

Ibu hamil perlu menghindari rokok dan asap orang yang merokok. Keguguran dan bayi prematur terjadi karena janin keracunan zat nikotin. Selain rokok juga hindari minuman beralkohol, kafein, minuman suplemen yang diiklankan di televisi, soft drink yang mengandung suplemen tenaga, jamu-jamu atau produk sejenis yang tidak terjamin kualitasnya. Jika merasa ragu tentang jenis minuman tertentu, bertanyalah pada dokter atau bidan anda mengenai seberapa besar dampak dan efek terhadap sang janin. Sebaiknya ibu hamil lebih mengkonsumsi minuman sehat, susu, jus buah, sari kedelai, air kacang hijau dan air putih.


(4) Kebersihan tubuh.

Merawat kebersihan tubuh sangatlah penting. Namun bagi ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran berulang hendaknya mengurangi stimulasi (merangsang) menarik-narik nipple saat hamil muda karena bisa merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim. Perhatikan kebersihan tubuh dengan mandi teratur sehari tiga kali. Hal ini sangat penting agar kulit sehat, peredaran darah ke seluruh tubuh lancar. Pembesaran ukuran payudara membuat ibu sedikit kurang nyaman pada awal kehamilan hingga menjelang akhir kehamilan. Gunakan Bra yang sesuai ukurannya.


(5) Kebersihan tangan.

Ibu hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan pekerjaan dan sebelum makan. Suka memelihara binatang? Hati-hati ya dengan kucing, kelinci dan unggas. Atau mungkin hobi menanam bunga? Gunakan sarung tangan agar tidak terkontaminasi dengan pupuk atau kotoran hewan. Ingat, diare kadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi bisa berbahaya untuk ibu hamil. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Bagi yang suka bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas. Hati-hati juga dengan resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui binatang dan unggas melalui kotoran hewan tersebut.


(6) Perhatikan daerah perut

Semakin hari perut semakin membesar. Ini pertanda bagus berarti pertumbuhan janin sempurna. Kalau begitu harus mulai menyiapkan baju hamil. Hindari memakai pakaian ketat. Tak perlu kuatir, banyak pakaian hamil yang modis dan nyaman dan tidak menekan perut. Semakin besar kehamilan ibu, sebaiknya biasakan tidur dengan posisi miring agar peredaran darah dari ibu ke janin lancar. Posisi telentang terlalu lama tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Pembesaran perut ini juga berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Tetap menjaga keseimbangan dengan posisi tubuh tegak saat berjalan agar tidak terpeleset atau jatuh. Bila ada benda di lantai yang akan diambil, ibu hamil sebaiknya menekuk satu lutut dengan hati-hati. Sebaiknya tidak langsung membungkukkan badan. Bisa terjatuh karena tubuh tidak seimbang.


(7) Kebersihan daerah alat kelamin.

Selama hamil, harus lebih hati-hati menjaga kebersihan alat kelamin. Kuman bisa masuk lewat alat kelamin yang terinfeksi. Maka biasakan membersihkan daerah alat kelamin dengan benar. Basuh dengan air yang bersih dari arah depan alat kelamin baru ke bagian belakang daerah dubur. Tidak perlu menggunakan antiseptik pencuci vagina karena akan membunuh kuman baik yang ada di vagina yang akan melawan serangan kuman penyakit yang mencoba masuk ke dalam rahim. Seringlah mengganti pakaian dan celana dalam. Kenakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar. Jaga agar celana dalam selalu kering dan bersih. Jangan cemas dengan keputihan karena hal ini akibat perubahan hormonal. Kecuali bila keputihan berubah bau menyengat, warna hijau atau kuning kental disertai gatal. Bila ada penyakit kelamin, suami juga harus diobati agar tidak terjadi infeksi silang atau saling menularkan saat berhubungan seksual.


(8) Latihan fisik dan olahraga.

Jika tidak ada larangan dari dokter atau bidan untuk senam hamil, penting melakukan senam hamil. Tujuannya agar memperkuat otot dasar panggul, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih pernafasan dan memperlancar peredaran darah. Jika tidak sempat senam, boleh digantikan dengan latihan jalan kaki tiap hari selama tiga puluh menit. Ada beberapa keadaan kehamilan yang berisiko keguguran sehingga tidak memperbolehkan ibu jalan kaki bahkan harus bed rest total. Ya, apa boleh buat, sebaiknya dinikmati saja. Sebagai gantinya,di atas tempat tidur anda bisa melakukan gerakan senam Kegel. Bersyukurlah pada Tuhan, bahwa anda masih bisa hamil dengan segala konsekuensinya demi keselamatan buah hati.


(9) Perhatian khusus daerah kaki.

Hindari memakai sepatu bertumit tinggi. Ibu hamil sebaiknya menggunakan sepatu yang tidak bertumit tinggi agar tidak terjadi pembendungan pembuluh darah pada daerah kaki. Pada saat tidur atau berbaring, usahakan tungkai kaki selalu dalam posisi lebih tinggi. Bila harus bekerja dengan sepatu tumit tinggi, hati-hati berjalan jangan sampai jatuh, akibatnya bisa fatal. Sesekali baik juga merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam. Suami bisa membantu memijat daerah kaki istri saat hamil dengan minyak zaitun atau losion lembut sambil duduk di kursi. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah, mencegah varises bertambah parah, mengurangi keluhan kram dan pegal di kaki.


(10) Relaksasi dan beri kesempatan tubuh untuk beristirahat.

Ibu hamil akan mengeluarkan energi ekstra untuk proses metabolisme tubuh dan penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Kapan semua itu berlangsung? Ketika kita relaks dan tidur. Berapa lama waktu yang baik untuk istirahat? Pada siang hari cukup satu atau dua jam dan malam sekitar delapan jam. Jangan heran kadang saat tidur ibu hamil sering mimpi buruk. Tak perlu mengkaitkan dengan mitos-mitos yang ada. Hal itu wajar, kadang ada rasa cemas yang terpendam dibawah sadar lalu terungkap dalam mimpi saat tidur. Oleh karena itu, saling berbagi suka dan duka sangat penting antar suami istri saat kehamilan agar mengurangi beban stress mental dan fisik.

tips dikutip dari : Bidan Romana Tari

See? Praktis dan sangat mudah dilakukan kan? Oleh sebab itu, Ayo dukung kesehatan bunda, Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita. Terima Kasih.