Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tips dan Trik Memperkenalkan Makanan Sehat pada Anak

Oleh Nutrisi Bangsa 09 Mar 2014

Sahabat nutrisi,

Anak-anak yang tumbuh sehat tentunya dambaan kita semua. Asupan makanan sehat merupakan salah satu cara untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, bukan hal yang mengherankan lagi jika orangtua merasa kesulitan mengajak anaknya mengonsumsi makanan sehat. Terlebih biasanya anak lebih senang jajan, memilih makanan dan biasanya sayur serta buah merupakan jenis makanan yang tidak disukai.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dilakukan Kementerian Kesehatan, 93 persen anak-anak di Indonesia kurang asupan sayur dan buah-buahan dalam menu makanan mereka.

Padahal menurut Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, sayur dan buah adalah komponen penting bagi pemenuhan kebutuhan gizi.

Untuk memperkenalkan dan membiasakan si kecil dengan makanan sehat, berikut beberapa tips yang berguna:

1. Ajak anak berbelanja bahan kebutuhan makanan. Arahkan pada bagian makanan sehat, seperti buah dan sayur, lalu biarkan mereka memilih sendiri sayur dan buah yang diminati. Jangan lupa untuk menjelaskan manfaat dari buah dan sayur yang mereka pilih. Anda juga bisa mengajak anak belajar dari kegiatan ini lho… Misalnya berhitung atau mengenal warna jika anak masih balita.

2. Buat daftar makanan sehat. Minta anak membuat daftar makanan sehat seperti buah dan sayur yang ingin mereka konsumsi dalam seminggu. Buatlah tabel, kemudian berikan target pada mereka, misalnya memakan 3 buah-buahan dan 4 sayuran dalam seminggu.

3. Ajak anak belajar membedakan jajanan dan camilan. Siapa sih yang tidak suka jajan atau membeli makanan? Sayangnya kebanyakan jajanan yang diminati anak-anak bukan termasuk makanan sehat. Anda dapat saja mengizinkan anak membeli jajanan di akhir pekan, akan tetapi sehari-hari mereka mengonsumsi buah-buahan atau makanan sehat lainnya sebagai camilan.

4. Ajak anak mempersiapkan makanan. Sama halnya seperti berbelanja, mengajak anak memasak atau menyiapkan makanan dapat memperkenalkan anak pada makanan sehat. Mulai dari sekedar mengambilkan bahan yang dibutuhkan, sampai pada memasaknya. Akan tetapi awasi penggunaan alat-alat yang berbahaya seperti pisau dan kompor. Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar.

5. Ajak anak bercocok tanam. Anda dapat mengajak anak membuat kebun kecil, jika tidak memiliki lahan yang cukup, Anda dapat menanam sayur dan buah di dalam pot. Atau sesekali ajak anak berjalan-jalan ke perkebunan.

6. Tetap arahkan anak memilih makanan sehat jika makan di luar. Anda juga dapat menjelaskan bahan-bahan makanan atau minuman yang mereka pilih, apakah sudah termasuk makanan sehat atau belum

7. Anak-anak merupakan peniru yang ulung. Oleh karena itu, Anda harus memberikan contoh dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah, setiap hari.

Sumber: Detik Health