Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Untuk Ibu Hamil yang Cantik

Oleh Rochmat Seti 06 Feb 2012

Saya adalah anak kedua, apabila seorang anak perempuan yang dulu dikandung ibu sebelum kakak lahir dan hidup, terhitung saya adalah anak ke tiga. Entah apa yang terjadi sehingga ibu keguguran. Pasti beliau bersedih, karena kehilangan calon buah hatinya. Ayo dukung Ibu : Kesahatan bunda, Kesehatan Kita!

Menurut Ensiklopedia Bebas Wikipedia(id.wikipedia.org/wiki/Keguguran), Gugur kandungan atau aborsi (bahasa Latin: abortus) adalah berhentinya kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu yang mengakibatkan kematian janin. Apabila janin lahir selamat/ hidup sebelum 38 minggu namun setelah 20 minggu, maka istilahnya adalah kelahiran prematur.

Berikut ini penjelasan singkat tentang “Keguguran” dari Club Nutricia(www.clubnutricia.co.id), Keguguran biasanya terjadi pada periode kehamilan 24 minggu. Tetapi ada juga ibu yang mengalami keguguran pada 13 minggu pertama  kehamilannya atau di atas 24 minggu.

# Penyebab Keguguran # 

  1. Pada awal kehamilan, keguguran sering terjadi karena kondisi janin yang tidak normal.
  2. Pada kehamilan tua, keguguran bisa terjadi karena berbagai kondisi,misalnya infeksi, plasenta dan rahim yang tidak normal, atau serviks (mulut rahim) yang lemah.
  3. Ada 2 test yang digunakan untuk mendeteksi kondisi  janin, yaitu amniosintesis dan Chorionic Villus Sampling (CVS). Jika Ibu harus menjalani test ini, minta dokter untuk menjelaskan proses  dan resiko-resikonya.

# Tanda-tanda Keguguran #

  1. Pada kehamilan awal, keluar darah seperti menstruasi tapi jumlahnya banyak dan menggumpal. Biasanya disertai nyeri perut.
  2. Pada kehamilan lanjut, keguguran bisa diketahui saat denyut jantung bayi tidak ditemukan dalam pemeriksaan USG.

# Menghindari Keguguran #

Bila tidak ingin keguguran, turunkan resikonya dengan berhenti merokok, makan makanan sehat bergizi seimbang, hindari Kafein, karena resiko keguguran lebih tinggi bila Ibu menderita diabetes, penyakit ginjal, penyakit tiroid, lupus, atau punya riwayat keguguran, sebaiknya Ibu berkonsultasi pada dokter pada kehamilan berikutnya, serta kalau Ibu punya riwayat keguguran, hati-hati saat berhubungan seks dan lebih waspada selama kehamilan trimester awal. 

# Cari Dukungan Emosional! #

Ikatan batin Ibu dan bayi sebenarnya sudah terjalin sejak Ibu mengetahui diri Ibu hamil. Jangan ragu untuk meminta orang-orang tercinta di sekitar Ibu untuk membantu mengatasinya. Seorang ibu yang baik pasti senantiasa bersemangat berjuang sampai melahirkan. Ayo dukung Ibu : Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita!

  • Jangan sungkan untuk curhat

Kehamilan memang hal yang harus disiapkan. Kehadiran bayi akan mempengaruhi kehidupan sosial dan kesehatan Ibu. Tapi ingat, Ibu tidak sendirian. Suami, keluarga, dan teman-teman siap membantu Ibu mengatasi perubahan yang Ibu alami. Terlebih lagi suami, ia bisa jadi teman curhat 24 jam. Jadi, jangan simpan sendiri kecemasan Ibu.

  • Depresi sebelum melahirkan

Mungkin ada di antara kita, yang saat hamil tidak dapat mengatasi suasana hatinya. Bahkan terus merasakan kesedihan serius selama hamil (pregnancy blues). Akhirnya Ibu jadi depresi sebelum melahirkan (antenatal depression). Walaupun depresi ini terjadi hanya sementara, jangan tunda untuk memberitahu dokter. Sayang sekali kalau kehamilan tidak bisa dinikmati dengan nyaman.

Kehamilan itu, memang penuh kejutan. Ngidam, mual, perasaan sensitif. Kehamilan pasti merubah hidup kita. Keluhan kecil bisa membuat kita lelah dan emosional. Kondisi ini akhirnya merembet ke perut. Perut terasa panas atau jadi sering buang air kecil. Kalau keadaan ini tidak kita lawan, kehamilan akan terasa tidak nyaman. Jadi, kalau Ibu sedih, lakukanlah hal yang menyenangkan. Potong rambut ke salon, misalnya, ajak suami ke bioskop, atau sekedar berendam air hangat di rumah.

# Tips-Tips untuk Ibu Hamil yang Cantik #

  • Tips Pola Makan Sehat saat Hamil :
  1. Pilihlah variasi makanan dari tiap kelompok makanan yang berbeda, untuk menjamin keseimbangan nutrisi.
  2. Konsultasikan penggunaan suplemen kehamilan pada dokter bilamana Ibu merasa kurang mengkonsumsi makanan dari kelompok tertentu.
  3. Makan teratur 3 kali sehari, dan konsumsi makanan ringan sebagai selingan 2 sampai 3 kali sehari.
  4. Dapatkan serat dari buah, sayur, gandum, sereal, dan kacang-kacangan.
  5. Minumlah air  sedikitnya 8 gelas sehari. Di tambah susu rendah lemak , jus buah segar dan sup.
  6. Makan satu porsi ikan kaya minyak dan satu porsi ikan daging putih setiap minggu.
  7. Gunakan minyak sayur, seperti minyak jagung, zaitun, dan bunga matahari dalam masakan Ibu. Tetapi gunakan sedikit saja.
  8. Hindari makanan olahan berpengawet. Biasanya mereka mengandung garam dengan kadar tinggi.
  9. Hindari permen, keripik, kue, biskuit, lemak, minyak, dan gula. Walau berkalori, mereka tidak banyak nilai nutrisinya. Mengganti camilan dengan buah-buahan, pasti lebih sehat.
  • Tips Mengantisipasi Kelelahan :
  1. Istirahat cukup
  2. Asupan Makanan Bergizi
  3. Olahraga ringan (Senam Ibu Hamil)

Kata teman, yang usianya lebih tua dari saya dan sudah beristri, seorang perempuan hamil memancarkan cahaya kecantikan yang lebih. Iya, mungkin dikarenakan seorang ibu mencurahkan segala perhatiannya kepada janin dan juga kepada si ayah yang bijaksana tentunya.

Untuk semua Ibu yang cantik di seluruh dunia, walaupun hari ini bukan hari ibu, terucap terima kasih banyak atas perhatian dan perjuanganmu. Ayo dukung Ibu : Kesehatan Ibu, Kesehatan Kita!

2 Komentar

tri ikawati

19 Mar 2012 09:10

saya juga pernah mengalaminya di kehamilan yg pertama..:( dukungan dari semua anggota keluarga dan nutrisi yg seimbang salah kunci utk mendapatkan janin yang sehat..;)

Nutrisi Bangsa

09 Feb 2012 05:19

Harap kirim data diri ke admin@nutrisiuntukbangsa.org yaaaaa.... Nama, alamat, url, email dan nomor telpon. Terima kasih.